1. Startup

Telkomsel Sediakan T-Wallet Sebagai Media Pengaksesan T-Cash

Konsumen tidak perlu lagi tergantung pada metode UMB *800#, saat ini diklaim sudah memiliki 30 ribu pengguna

Sebagai salah satu upaya mendukung adopsi mobile wallet T-Cash, Telkomsel menghadirkan aplikasi mobile T-Wallet yang sudah tersedia di platform Android, iOS, dan sejumlah versi lama BlackBerry (bukan BlackBerry 10). Konsumen T-Cash dapat lebih mudah memanfaatkan solusi pembayaran ini karena T-Wallet menjadi media pengaksesannya. Sebelumnya konsumen harus mengakses UMB *800#.

Kami berbincang dengan Herman Suharto dari Divisi Digital Payment and Banking Telkomsel mengenai kehadiran T-Wallet. Menurutnya, T-Wallet sendiri, layaknya dompet, memiliki potensi menampung berbagai jenis solusi pembayaran. Meski demikian, saat ini T-Wallet difokuskan sebagai media perantara yang memudahkan konsumen bertransaksi menggunakan T-Cash.

Karena metode pembayaran yang diakomodasi adalah T-Cash, maka merchant yang didukung adalah yang sudah bermitra untuk menerima T-Cash sebagai alat transaksinya. Contoh klien besar yang menerima T-Cash adalah restoran cepat  saji McDonald's, jaringan bioskop Cinema 21, dan jaringan minimarket 7-Eleven.

T-Wallet dapat dikombinasikan dengan perangkat NFC, meskipun Herman mengaku solusi ini masih dalam tahap uji coba. T-Wallet dapat dikombinasikan dengan stiker TAP yang memuat teknologi ini. Setiap transaksi dengan T-Cash, pelanggan harus memasukkan PIN, sementara penggunaan T-Wallet juga memerlukan PIN T-Wallet untuk memastikan otentikasi pengguna yang sah.

Untuk tahun ini pihak Telkomsel belum bisa menginfokan target yang ingin dicapai T-Wallet. Meskipun demikian mereka mengaku aplikasi ini sudah digunakan oleh 30 ribu pengguna. Telkomsel sendiri per bulan Juni lalu mengklaim sudah memiliki 15 juta pengguna T-Cash dan menargetkan kepemilikan 30 juta pengguna di akhir tahun.

Terkait perizinan, Herman memastikan bahwa T-Wallet sudah dilaporkan dan terdaftar di Bank Indonesia, mengikuti T-Cash yang sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again