1. Startup

Telkomsigma Siap Dukung Implementasi Laku Pandai

Didukung platform komputasi Intel, mengklaim memiliki layanan infrastruktur Teknologi Informasi yang handal untuk mengakomodasi solusi perbankan di seluruh Indonesia

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sedang menggodok peraturan Layanan Keuangan Tanpa kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) yang saat ini bersifat rancangan regulasi. Melihat peluang ini, Telkomsigma dan Intel menyatakan kesiapannya membantu perbankan mengimplementasi hal ini.

Keunggulan yang diklaim oleh solusi Telkomsigma salah satunya yaitu mendukung penggunaan multi device agar aplikasi dapat dijalankan pada gadget atau pada perangkat mobile, sehingga mudah dioperasikan oleh agen di seluruh Indonesia. Telkomsigma membuat paket yang berisikan komponen tersebut agar bisa digunakan oleh bank-bank yang ingin meluncurkan aplikasi Laku Pandai.

“Telkomsigma siap mendukung semua bank yang ingin meluncurkan Laku Pandai dengan fasilitas atau infrastruktur terkait yang diperlukan untuk aplikasi Laku Pandai,” kata Direktur Business Solutions Telkomsigma Otto Benny Hantoro saat acara temu media hari ini (26/11).

Saat ini bank nasional yang telah menerapkan Laku Pandai di antaranya adalah BRI, BCA, BTPN, dan Bank Mandiri.

Jumlah bank yang bisa mengikuti program Laku Pandai dibatasi oleh BI dan OJK, karena persyaratan dasar program ini adalah bank terkait harus memiliki sistem Teknologi Informasi yang terpadu. Konsep Laku Pandai sendiri adalah meminimalisir penyediaan kantor cabang dan menggantikannya dengan agen-agen untuk bisa memberikan layanan kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama di pedesaan dan daerah terpencil.

“Salah satu tantangan terbesar dari Laku Pandai adalah mencari agen. Agen tidak boleh melayani lebih dari 2 bank, nantinya agen ini bisa menggantikan penyediaan infrastruktur bank,” kata Otto.

Dengan kebijakan Laku Pandai, bank berpotensi mendapatkan penambahan  nasabah yang signifikan, dengan menjangkau sekitar 80% penduduk Indonesia yang hingga kini masih belum tersentuh layanan perbankan.

Solusi mobile berbasis platform Android dan konektivitas 2G

Solusi mobile Telkomsigma dibangun dengan front end aplikasi di platform Android dan tetap bisa digunakan meskipun di jaringan Internet berkonektivitas 2G (GPRS dan EDGE), mengingat jaringan inilah yang paling luas jangkauannya di pelosok Indonesia, termasuk daerah terpencil. Nantinya mereka juga akan menggunakan fitur SMS terenkripsi untuk menjamin keamanan datanya.

“Solusi kami pada dasarnya adalah berbagai produk dan layanan milik Telkomsigma yang telah disesuaikan dan digabungkan menjadi solusi Laku Pandai yang komprehensif. Kami memiliki service data center yang menjadi salah satu komponen solusi ini yang merupakan keunggulan kami dibandingkan kompetitor lainnya,” kata Otto.

Solusi Laku Pandai didukung oleh Intel yang memiliki platform komputasi yang diklaim mengurangi konsumsi energi, biaya total kepemilikan yang lebih rendah, mendukung open standard, dan memperoleh dukungan dari platform ekosistem global dan lokal.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again