1. Startup

Titian Foundation dan Kelase Luncurkan Portal Publikasi dan Kolaborasi Guru SD

Bernama Gemati, agar guru terbiasa dan bersemangat mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran

Sebagai bentuk pemanfaatan teknologi informasi kepada para pengajar di Yogyakarta, Titian Foundation bekerja sama dengan Kelase meluncurkan media online untuk publikasi dan kolaborasi pembelajaran bernama Gugus Guru Gemati (selanjutnya disebut Gemati). Portal ini nantinya diharapkan bisa dimanfaatkan oleh para pengajar untuk memanfaatkan teknologi. Gemati adalah bagian tindak lanjut program ICT for Education yang telah dirintis oleh Titian Foundation, dengan dukungan dari Reach Out to Asia (ROTA) dan Qatar Petroleum, untuk sekolah-sekolah dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Klaten sejak September 2013.

“Istilah Gemati, selain merupakan istilah dalam bahasa jawa yang berarti sungguh baik hati dan penuh kasih sayang, juga merupakan singkatan dari Gemar Mengintegrasikan Teknologi Informasi (dan) Komunikasi. Gemati diharapkan menjadi tagline penyemangat bagi guru agar terus terbiasa dan kemudian menjadi gemar mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran,” ujar Program Manager ICT for Education Titian Foundation Khusnul Aflah.

Untuk mendukung kegiatan di sekolah, baik kegiatan pembelajaran maupun kegiatan non-pembelajaran, Para guru dapat memanfaatkan media online ini untuk berbagi berita maupun praktik-praktik yang baik (good practice) dalam memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Kegiatan peluncuran ini dilaksanakan bersamaan dengan penandatanganan kerjasama antara Titian Foundation dengan Kelase di acara ICT for Education Festival, yang merupakan acara pameran praktik yang baik dalam pemanfaatan TIK dalam pendidikan serta ajang penampilan karya seni siswa.

“Kelase berkomitmen untuk mendukung kolaborasi guru dan siswa di Indonesia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah maupun persebaran informasi praktik yang baik dari guru ke guru tentang pembelajaran inovatif. Dengan portal ini kami berharap dapat mendukung akselerasi perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia,” ungkap CEO Kelase Brimy Laksmana.

Fitur virtual serta audio/video lengkap

Salah satu fitur yang dihadirkan oleh portal Gemati adalah fitur virtual yang memungkinkan para pengajar berkomunikasi lebih mudah dengan pengajar lainnya dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Teknologi (TIK) di sekolah, dalam grup-grup sesuai dengan kelas atau tingkat pendidikan melalui fitur jejaring sosial dan obrolan audio/video.

Selain itu, para guru juga dapat berbagi atau mempublikasikan praktik yang baik dari pengajaran yang telah dilakukan di kelas.

“Praktik yang baik yang terpublikasikan tersebut dapat digunakan untuk mendukung peningkatan karir Guru, dengan adanya publikasi yang ber-ISSN (dalam proses),” ungkap Brimy.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again