11 November 2015

by Bambang Winarso

Tumblr Hadirkan Fitur Pesan Singkat untuk Mobile dan Web

Fitur pesan singkat ini menawarkan obrolan real-time, dapat digunakan di platform Android, iOS dan Web

Bagi para penggiat dunia blogging atau biasa disapa dengan sebutan Blogger tentu mengenal Tumblr luar dan dalam. Di sana selain jadi tempat untuk menuliskan ide-ide liar, juga jadi ajang untuk saling mengenal teman baru satu profesi.

Dan ke depannya Anda tampaknya akan punya alasan yang kuat untuk mulai melupakan Facebook yang terlalu mainstream, dan Twitter yang simple tapi terkesan berdesakan. Pasalnya, Tumblr baru saja merilis fitur baru yang sudah sejak lama dinantikan, yaitu fitur pesan instan.

Itu artinya, sekarang pengguna Tumblr sudah bisa saling berkirim pesan singkat secara real-time layaknya Facebook Messenger, WhatsApp, atau BBM.

Tim Tumblr melalui situs resminya kemarin waktu setempat mengumumkan kehadiran fitur pesan singkat ini untuk pengguna Android, iOS dan juga web. Tapi, seperti kebanyakan fitur baru layanan lainnya, tidak semua orang bisa menggunakan fitur ini. Di kloter pertama, Tumblr baru memberikan kesempatan kepada 1.500 pengguna untuk mencicipinya.

Apabila sobat DS termasuk di antaranya, maka sekarang sobat seharusnya bisa mendapati sebuah ikon smiley bulat tergantung di halaman atau aplikasi Tumblr. Dan jika Anda mengirim pesan ke salah seorang teman, walaupun ia belum mendapat jatah update, ia akan otomatis memperoleh fitur pesan instan tersebut.

Tumblr mengatakan cara ini akan membuat fitur pesan instannya tersebar secara viral dan otomatis. Peluncuran globalnya sendiri dikabarkan dilakukan di sekitar bulan Desember.

Sayangnya kemampuan fitur baru ini sebatas mengirimkan pesan teks antara dua orang pengguna. Dukungan lain seperti pesan gambar, percakapan grup dan gambar gif disebutkan masih dalam pengembangan.

Sumber berita Tumblr.