4 November 2015

by Yoga Wisesa

Untuk Tingkatkan Produktivitas, OneDrive Dapatkan Sejumlah Perubahan

Sebagai layanan cloud storage andalan Microsoft, OneDrive memungkinkan kita men-sinkronisasi file serta mengaksesnya dari web atau perangkat mobile. Anda dipersilakan saling sharing data ke publik tanpa perlu mendaftar. Kemudahan ini kadang dimanfaatkan user untuk mem-backup PC atau koleksi file, dan ternyata hal tersebut bertolak belakang dengan visi Microsoft.

Dalam blog OneDrive, tim mengungkapkan kendala yang mereka temui. Beberapa pengguna tampaknya 'mengeksploitasi' servis dengan menggunggah seluruh konten komputer, film, dan rekaman DVR. Pada skenario tertentu, pelanggan bahkan melewati batas 75TB, atau sekitar 14.000 kali dari rata-rata. Respons mereka adalah mencoba mengembalikan OneDrive ke fungsi sejatinya, dengan mengubah sejumlah plan dan kebijakan.

Ini dia daftar lengkapnya:

  • Tidak ada lagi penawaran storage unlimited pada pelanggan Office 365 Home, Personal atau University. Mulai sekarang ia menjadi penyimpanan 1TB OneDrive.
  • Opsi berbayar 100GB dan 200GB segera dihilangkan, OneDrive memberikan pilihan haru untuk pengguna, digantikan paket berlangganan 50GB seharga US$ 2 per bulan, dimulai pada awal 2016.
  • Kapasitas penyimpanan OneDrive online gratis akan dikurangi dari 15GB jadi 5GB, baik buat user lama maupun baru. Bonus storage camera roll 15GB segera ditiadakan. Perubahan juga diimplementasikan di awal 2016.

Info menarik: Extension Buat Microsoft Edge Baru Akan Hadir Tahun Depan

  • Jika Anda ialah pelanggan Office 365, dan data telah melampaui batas 1TB, Anda akan memperoleh notifikasi mengenai update ini, tetap diperkenankan menyimpannya selama kurang lebih 12 bulan.
  • Seandainya sebagai konsumen Office 365, Anda memutuskan untuk berhenti memakai layanan tersebut, uang akan dikembalikan. Buat lengkapnya, silakan baca laman FAQ.
  • Jika memakai storage gratis sebanyak lebih dari 5GB, Anda masih bisa mengaksesnya dalam jangka waktu 12 bulan, terhitung semenjak awal 2016. Buat tambahan, Anda dapat menebus paket langganan Office 365 Personal gratis selama setahun (memerlukan kartu kredit), meliputi storage OneDrive 1TB.
  • Buat sekarang, konsumen OneDrive standalone (paket 100GB dan 200GB) tidak terpengaruh dengan adanya perubahan ini.

Developer menjelaskan bahwa modifikasi tersebut dibutuhkan demi memastikan agar OneDrive selalu siap menyuguhkan layanan yang terkoneksi, pintar serta kolaboratif, dan 'memberi ruang untuk terus berinovasi serta menyajikan keleluasaan dalam aktivitas produktif'.

Untuk panduan: 5GB mampu menampung 6.000 dokumen Office atau 1.600 foto. Lalu 1TB bisa memuat satu juta dokumen Office atau 330.000 foto.

Gambar: OneDrive.Live.com.