26 November 2015

by Bambang Winarso

WhatsApp untuk Android Dapatkan Tiga Fitur Anyar

Setelah hadir lebih dulu di iOS, fitur preview tautan, star message dan Direct Share akhirnya menyambangi platform Android

Minggu lalu aplikasi pesan instan WhatsApp versi iOS memperoleh jatah update terbaru. Update tersebut menghadirkan sejumlah perbaikan termasuk fitur preview tautan yang menampilkan potongan judul dan thumbnail situs yang akan dibagikan. Sekarang, update itu juga resmi dihadirkan untuk platform Android.

WhatsApp versi 2.12.367 untuk Android ini memang tidak mengubah antarmuka WhatsApp secara keseluruhan. Dan jika Anda sudah mengunduh versi terbarunya, perubahan hanya terlihat ketika Anda menyisipkan tautan ke jendela obrolan.

Ketika tautan dibagikan, misalnya tautan video YouTube, halaman situs atau kicauan Twitter, WhatsApp akan mengubah tautan tersebut menjadi potongan gambar thumbnail lengkap dengan judulnya. Dengan begitu, penerima tautan dapat mengetahui setidaknya judul konten dari situs yang dibagikan sebelum membuka situsnya melalui peramban.

Berikutnya, fitur bintang untuk pesan. Fungsinya untuk menandai pesan teks atau berkas penting yang dikirimkan oleh teman Anda. Pemberian bintang ini bertujuan agar memudahkan pencarian ketika dibutuhkan lagi nanti.

Kemudian WhatsApp untuk Android juga memperoleh fitur bernama Direct Share namun baru bisa dicicipi oleh perangkat berbasis Android 6.0 Marshmallow. Fitur ini akan sangat membantu pengguna dalam berbagi karena nantinya kontak WhatsApp akan ditampilkan di panel pilihan. Hal ini akan memangkas cara lawas di mana sebelum dapat memilih kontak, Anda harus terlebih dahulu memilih aplikasi yang digunakan untuk berbagi.

Sumber berita AndroidPolice dan gambar header Shutterstock.