30 November 2015

by Yoga Wisesa

Via Remote Play, Game PlayStation 4 Akan Bisa Dinikmati Dari PC dan Mac

Menariknya, pengumuman tersebut dilakukan cuma beberapa hari dari penyingkapan app 'unofficial' Remote Play di PC.

Remote Play ialah fitur yang memungkinkan console PlayStation 3 dan PlayStation 4 mengirimkan output video serta audio ke device lain misalnya PS Vita, PS TV, hingga handset Xperia. Sejauh ini daftar kompatibilitas memang terbatas buat produk Sony, namun berdasarkan keterangan sang presiden Shuhei Yoshida, keeksklusifannya mungkin akan segara berakhir.

Berita dimulai dari informasi di awal minggu lalu. Developer bernama Twisted mengungkap sebuah proyek penciptaan aplikasi tak resmi yang mengizinkan kita menikmati permainan-permainan PlayStation 4 melalui komputer personal. Namun sepertinya ada alternatif lebih mudah dan menjanjikan. Sony kabarnya akan menghadirkan Remote Play di PC.

Lewat akun Twitter, Shuhei Yoshida mengonfirmasinya pada tanggal 26 November 2015, "Saya mendapatkan pertanyaan soal apakah Sony berencana membawa fungsi Remote Play ke PC. Ya, kami memang sedang mengerjakan aplikasi resminya, ditujukan untuk [platform] PC dan Mac."

Pemberitahuan keberadaan app tersebut cuma berjarak beberapa hari setelah aplikasi buatan Twisted disingkap. Belum diketahui apakah Sony memang dari awal sudah merencanakan dan sedang mengembangkannya, atau langkah ini sengaja diambil sebagai respons dari pengumuman Twisted.

Sayangnya tidak ada detail lebih jauh terkait Remote Play di PC selain tweet tersebut. Strategi ini boleh dibilang cukup mirip dengan layanan streaming konten console ke PC milik Microsoft, sehingga game Xbox One dapat dimainkan dari perangkat ber-platform Windows 10.

Untuk aplikasi unofficial-nya sendiri, Twisted sudah meluncurkannya beberapa hari silam. Software ini tidak gratis, developer membanderolnya seharga US$ 10. Menurut Twisted, hanya dengan cara inilah konsumen bisa membantu pengembangan app. Ia berencana buat fokus secara full time, membubuhkan fitur-fitur baru, memastikannya berjalan stabil, dan di waktu ke depan, Twisted ingin menyuguhkannya ke platform lain.

Terkait PlayStation 4, belum lama Sony juga sempat merilis update mengenai angka penjualan console current-gen mereka. Menurut sang produsen, PS4 terus menunjukkan jumlah pertumbuhan tinggi dalam sejarah penjualan hardware Sony. Terhitung sampai tanggal 22 November kemarin, PlayStation 4 sudah berpindah tangan sebanyak 30,2 juta unit.

Andrew House selaku CEO Sony Computer Entertainment bilang, mereka berkomitmen untuk terus menyuguhkan judul-judul permainan seru dan layanan hiburan istimewa buat semua user di seluruh dunia.

Via Escapist Magazine.