25 November 2015

by Bambang Winarso

Xiaomi Resmi Perkenalkan Redmi Note 3 dan Mi Pad 2

Phablet Xiaomi Redmi Note 3 mengawali era penggunaan frame metal dan pemindai sidik jari, sementara Mi Pad 2 lebih ramping dan dibekali prosesor Intel Atom

Xiaomi kembali membuat kejutan dengan memperkenalkan varian baru, Redmi Note 3 dan tablet Mi Pad 2 ke publik Tiongkok kemarin waktu setempat. Secara keseluruhan, keduanya masih mewarisi desain pendahulunya namun dengan sejumlah fitur baru yang memberi nilai tambah.

Kita bahas dulu si phablet, Redmi Note 3 yang tampil kokoh dengan frame metal yang membalut layar selebar 5,5 inci. Layar ini memiliki resolusi Full HD yang mampu menyesuaikan pencahayaan secara otomatis dengan kondisi real-time. Era baru generasi Redmi Note juga ditandai dengan hadirnya fitur pemindai sidik jari untuk pertama kalinya, di mana fitur ini diklaim bekerja ekstra cepat, hanya membutuhkan waktu 0,3 detik untuk membuka perangkat.

Daya gedor Xiaomi Redmi Note dipercayakan pada chipset MediaTek Helio X10 yang tak bekerja sendirian, ia ditopang oleh RAM 2GB dan 3GB untuk varian yang berbeda. Memorinya juga terseid dalam dua ukuran, 16GB dan 32GB. Sementara untuk mendukung performanya, Xiaomi membenamkan baterai 4.000mAh yang tentu di atas rata-rata, bertujuan memberikan waktu operasional yang lebih panjang.

Tak boleh ketinggalan adalah sektor fotografi, di mana kita akan jumpai kamera belakang dan depan masing-masing 13Mp dan 5MP. Ponsel berbobot hanya 164 gram ini dibalut dalam tiga warna berbeda, yaitu Silver, Gold dan Dark grey. Xiaomi Redmi Note 3 ditawarkan mulai $145 untuk varian 16GB dan $177 untuk model 32GB.

Sementara itu tablet Mi Pad 2 mengusung spesifikasi yang disesuaikan dengan ukuran layarnya. Jeroan Mi Pad 2 dihuni oleh prosesor Intel Atom X5-Z500 yang mempunyai catatan clock impresif di 2,24GHz. Tak sendirian, di sampingnya terdapat grafis Intel HD Graphics yang memastikan perangkat punya daya gedor optimal untuk berbagai keperluan. Berikutnya terdapat pula RAM 2GB dual channel dengan pilihan memori 16GB dan 64GB.

Di samping layar 7,9 inci dan body full metal-nya terdapat pula kamera utama dengan resolusi 8MP dan kamera tambahan 5MP di depan. Di belakang ada baterai 6.190mAh yang stand-by memasok tenaga untuk keperluan operasional perangkat.

Tablet berbasis MIUI 7 ini tersedia dalam dua balutan warna, dark grey dan champagne gold. Harganya dibanderol mulai $161 untuk varian 16GB dan $209 untuk varian 64GB.

Sumber berita Miui.