Oleh
3 months ago

Detail Artikel Jadi Pemimpin di Inovasi Chatbot, LINE Jaring Developer Lokal Berkreasi di LINE Developer Challenge 2017

Jadi Pemimpin di Inovasi Chatbot, LINE Jaring Developer Lokal Berkreasi di LINE Developer Challenge 2017

Setelah mengumumkan kompetisi LINE Developer Challenge 2017 pada 2 Februari yang lalu, LINE Indonesia berhasil menjaring 399 developer lokal di seluruh Indonesia untuk berinovasi dan berkarya dalam pengembangan BOT pada platform LINE.

LINE Developer Challenge 2017 merupakan kompetisi pengembangan BOT pertama dari LINE di Indonesia dan didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Dicoding. Pendaftaran kompetisi telah dibuka sejak 2 Februari 2017 dan ditutup pada 31 Maret 2017, sedangkan pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 13 April 2017.

LINE Developer Challenge merupakan sebuah kompetisi terbuka bagi para developer tanah air baik individu, pelajar, maupun kelompok untuk mengembangkan BOT pada platform LINE menggunakan LINE@ Messaging API (LINE ChatBot) yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat terhadap teknologi. Kompetisi ini merupakan sebuah terobosan dan solusi bisnis untuk mengembangkan sebuah produk yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Kami percaya bahwa para developer Indonesia adalah talenta kreatif yang dapat membuat dunia menjadi lebih baik melalui inovasi-inovasi mereka yang luar biasa,” ujar Ongki Kurniawan selaku Managing Director LINE Indonesia. “Akan tetapi para developer lokal ini masih menghadapi banyak tantangan. Oleh karena itu kami menginisiasikan LINE Developer Challenge pertama di Indonesia sebagai upaya kami untuk menjadi pemimpin di inovasi chatbot serta memberikan wadah bagi para developer untuk dapat menyalurkan dan mengembangkan potensi mereka.”

LINE Developer Challenge dibagi menjadi tiga kategori, Kategori Utillitas untuk bot yang membuat tugas sehari-hari lebih mudah. Kategori Game, yaitu bot yang sangat interaktif dan dapat mendekatkan antar pengguna. Serta kategori Student.

Dari 399 peserta, telah disaring 12 Bot Terbaik antara lain:

  •   Kategori Utilitas: Hello Yuu, Get Diskon, Cek Resi Bot, Makan Yuk!
  •   Kategori Game: Pablow, Love Get!, Hi Yuri, Othello
  •   Kategori Student: LibraryPedia, Leptons, Tanya Jalan, Qiwi Portal

Sejak hadir di Indonesia pada 2013, LINE telah aktif mendukung dan berkolaborasi dengan masyarakat Indonesia dalam menyediakan layanan dan konten yang relevan dengan kebutuhan lokal. LINE percaya bahwa potensi para developer Indonesia akan semakin berkembang dan LINE akan terus mendukung para developer lokal untuk berkarya dan berinovasi untuk menjawab ragam permasalahan dan memberikan solusi untuk kebutuhan masyarakat Indonesia.

Sejalannya visi dan misi LINE Indonesia dengan pemerintah untuk mengembangkan potensi para developer lokal turut didukung oleh Kementerian Komunikasi  dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo).

“Antusiasme developer lokal untuk turut serta berkreasi dan berinovasi dalam pengembangan ChatBot dari LINE menunjukkan bahwa pembangunan digital di Indonesia sedang bergerak. Dalam program prioritas Kemenkominfo, salah satu kegiatan yang kami fokuskan adalan Gerakan 1000 Start Up, dimana para developer berperan penting dalam pembangunan Start Up. Untuk itu, developer yang terlatih, penuh ide, dan mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi sangat dibutuhkan dalam menjalankan kegiatan ini. Melalui LINE Developer Challenge, LINE turut mendukung misi kami dengan memberikan kesempatan bagi para developer lokal untuk mengasah kemampuannya dan nantinya menggiring mereka untuk kemajuan dunia digital Indonesia,” ujar Samuel Abrijani Pangerapan selaku Dirjen Aplikasi Telematika Kominfo.

LINE Developer Challenge mendapat dukungan penuh dari Bekraf guna mendukung visi dan misi yang terangkum dalam 16 subsektor ekonomi kreatif, yang salah satunya pada sektor aplikasi dan pengembangan game.

Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menambahkan “Peluang bagi para developer lokal di Indonesia sangatlah besar akan tetapi masalah utama yang mereka hadapi adalah tidak tersedianya wadah untuk menampung hasil karya para developer berbakat di indonesia. Dengan adanya LINE Developer Challenge, para developer lokal dapat menyalurkan bakat, mengasah potensi-potensi sekaligus mendapatkan edukasi yang lebih mendalam mengenai penempatan aplikasi yang dikembangkan agar dapat menghasilkan nilai tambah bagi karyanya dan berkontribusi dalam pembangunan digital kreatif Indonesia.”

LINE Indonesia turut menggandeng Hari Sungkari selaku Deputi Infrastruktur Bekraf, Eri Reksoprodjo selaku Managing Partner Kejora Ventures, Narenda Wicaksono selaku CEO Dicoding, dan Ongki Kurniawan untuk menjadi juri pada kompetisi ini guna menyaring ratusan developer berbakat Indonesia yang berpartisipasi dalam LINE Developer Challenge.

Selain Bekraf dan Dicoding, LINE juga bekerja sama dengan IBM, Microsoft, Kejora, Kata.ai, Berkarya Indonesia, Ristek Fasilkom UI, HIMTI Binus University, Binus University GEEC, Inkubator-IT, Asosiasi Game Indonesia, Omah TI, Geek Hunter, Goers, dan Kampus Update untuk menyukseskan kompetisi ini.

“Dengan misi ‘Mendekatkan Jarak’, kami berharap kompetisi ini dapat membantu masyarakat dan pemerintah Indonesia dalam membangun industri digital yang merupakan salah satu fokus pemerintah. Melalui LINE Developer Challenge pula kami berharap semakin banyak talenta lokal yang dapat terus berkreasi dan turut serta dalam berkontribusi membangun ekosistem digital kreatif di Indonesia, kami turut mengucapkan selamat kepada semua peserta yang sudah berhasil mencapai titik terakhir hari ini dan berhasil memenangkan total hadiah sejumlah Rp 800,000,000! Ke depannya kami berencana merekrut talenta lokal* termasuk developer untuk membantu kami memformulasikan inovasi terkini bagi pengguna kami di Indonesia,” tutup Ongki Kurniawan.

 

 



  
 
Home
 Business  Lifestyle

Copyright © 2008-2015 PT Digital Startup Nusantara. Powered by Cloudkilat