Oleh
7 months ago

Detail Artikel Penghujung Tahun, Tokopedia Luncurkan Fitur Donasi

Penghujung Tahun, Tokopedia Luncurkan Fitur Donasi

Satu-satunya situs lokal dalam daftar 10 besar situs paling sering dikunjungi di Indonesia menurut SimilarWeb, Tokopedia, hari ini (21/12/2016) resmi meluncurkan layanan baru yang ditujukan untuk memudahkan penggunanya melakukan donasi. Perusahaan e-commerce yang berdiri sejak 17 Agustus 2009 ini menyediakan dua jalur sekaligus untuk berdonasi, yaitu TopDonasi100 dan TopDonasiBebas.

Vice President Tokopedia Melissa Siska Juminto menjelaskan, “TopDonasi100 memungkinkan Toppers (pengguna Tokopedia, ed.) menyumbangkan Rp 100 setiap berbelanja. Akan ada checklist box yang bisa mereka klik ketika ingin melakukan pembayaran sekaligus mendonasikan Rp 100nya. Setiap tiga bulan, donasi yang terkumpul melalui Tokopedia akan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan oleh sebuah lembaga kemanusiaan.”

Menurut Melissa, selama periode 21 Desember 2016-21 Maret 2017, hasil dari TopDonasi100 akan digunakan oleh Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU untuk merenovasi sebuah sekolah di daerah Cilincing. “Kondisi sekolah itu sungguh memprihatinkan. Siswa dan siswinya bahkan seringkali menahan buang air karena kondisi toilet yang tidak layak pakai,” terang Melissa.

Melissa kemudian menjelaskan mengenai TopDonasiBebas. “TopDonasiBebas ditujukan untuk mereka yang ingin berdonasi tanpa terlebih dahulu berbelanja,” ujarnya. Layanan ini memungkinkan siapa saja berdonasi melalui berbagai lembaga kemanusiaan yang bekerja sama dengan Tokopedia, antara lain Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Dompet Dhuafa dan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU. “Baik melalui lembaga mana maupun besaran donasi bebas ditentukan oleh si penyumbang,” tambah Melissa.

Tokopedia melalui Melissa berharap, layanan ini bisa digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk membantu sesama menciptakan peluang. “TopDonasi merupakan wujud komitmen kami berkontribusi pada negeri, sekaligus media untuk mengajak lebih banyak masyarakat Indonesia peduli pada sekitar. Menariknya, belajar dari penerapan fitur donasi secara temporer beberapa waktu lalu, animo masyarakat Indonesia untuk berdonasi ternyata sangat tinggi. Hal mulia inilah yang perlu secara konsisten difasilitasi. Jadi mari terus berbagi untuk sesama, dimulai dari Tokopedia,” tutup Melissa.

Tentang Tokopedia

Tokopedia merupakan perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia. Menurut SimilarWeb, Tokopedia merupakan satu-satunya situs lokal dalam daftar 10 besar situs paling sering dikunjungi di Indonesia. Data AppAnnie juga menunjukkan aplikasi Tokopedia merupakan aplikasi jual beli online yang paling sering dipakai di Indonesia dengan jumlah pemakai aktif dua kali lipat dibanding pilihan lainnya. Saat ini, sudah ada jutaan merchant yang menciptakan peluangnya bersama Tokopedia. Setiap bulan, mereka berhasil mengirimkan jutaan produk ke pelanggannya yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Setelah menyelesaikan masalah kepercayaan dari pembeli dan penjual yang tersebar di seluruh Indonesia, serta menciptakan peluang yang sama baik bagi pembeli untuk mendapatkan akses ke jutaan produk dengan harga yang transparan, lalu peluang bagi penjual untuk membuka dan mengembangkan bisnisnya secara online, kini Tokopedia mulai merambah menyelesaikan masalah-masalah lainya– -akses komunikasi dan informasi lewat pulsa, paket data, listrik, akses kesehatan lewat BPJS dan kali ini akses kepedulian lewat TopDonasi. Informasi selengkapnya: http://www.tokopedia.com/.

TOPDONASI DI MATA LEMBAGA KEMANUSIAAN

Program “TopDonasi” merupakan terobosan baru Tokopedia untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam berdonasi. Menurut saya, payment channel ini akan mendapatkan sambutan luar biasa dari masyarakat Indonesia, apalagi dalam penyaluran program sosialnya menggandeng lembaga terpercaya yang accountable dan profesional seperti PKPU. Kami mengucapkan terima kasih kepada Tokopedia karena sudah memfasilitasi kemudahan donasi masyarakat Indonesia. Semoga program ini menjadi solusi terbaik dalam mewujudkan kepedulian kepada seluruh lapisan masyarakat terutama yang membutuhkan. (Andjar Radite, Partnership Director PKPU)

Tentang PKPU

PKPU adalah sebuah badan hukum berbentuk yayasan yang bersifat sosial dan kemanusiaan dan menjalankan kegiatan usahanya dalam bidang pengelolaan dana CSR dan donasi-donasi tidak mengikat lainnya dan telah mendapatkan pengesahan sebagai Lembaga Kesejahteraan Sosial Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Sosial RI No. 77/HUK/2014 tanggal 11 Juli 2014. PKPU juga merupakan salah satu lembaga kemanusiaan yang mendapat registrasi dari PBB sebagai NGO in Special Consultative and Social Council of The United Nations. Informasi selengkapnya: http://www.pkpu.or.id/.

TopDonasi di mata YCAB Foundation

Akhir tahun ini merupakan momen yang baik sebagai awal kerja sama antara YCAB Foundation dan Tokopedia lewat fitur TopDonasi. Fitur TopDonasi akan membantu kami untuk memperluas jangkauan program kami menjadi 5 juta anak muda di tahun 2020 lewat program yang berfokus pada pendidikan dan pemberdayaan ekonomi. TopDonasi ini juga membantu untuk mengedukasi para pengguna e-commerce tentang berbagai isu sosial saat ini. Kami mengapresiasi Tokopedia dalam usahanya bersama menebarkan kebaikan/extension of goodness. (Moni Rejeki, Chief Development and Communication Officer YCAB Foundation)

Tentang Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB)

YCAB Foundation (Yayasan Cinta Anak Bangsa) adalah sebuah organisasi non-profit yang berfokus pada menciptakan kemandirian bagi anak muda melalui pendidikan, pemberdayaan ekonomi dan promosi gaya hidup sehat. YCAB menggunakan inklusi finansial sebagai salah satu instrumen dalam memberikan kesempatan pendidikan untuk remaja kurang mampu, secara berkelanjutan. Saat ini YCAB memiliki 77 rumah belajar bagi remaja putus sekolah dan tidak mampu di seluruh Indonesia dan 6 negara lainnya, dan membina hampir 70 ribu ribu ibu-ibu pengusaha mikro agar dapat menyekolahkan anaknya, dan membantu para lulusan untuk mendapat pekerjaan. Sejak tahun 1999, YCAB telah memberikan dampak bagi lebih dari 3 juta anak muda. Tahun 2016, YCAB mendapatkan ranking #49 dari TOP 500 NGO Dunia, dan merupakan satu-satunya NGO Indonesia yang berada di Top 50 Dunia. Informasi selengkapnya: http://www.ycabfoundation.org/en/. Call Center: 022-5835- 5000.

TopDonasi adalah inisiatif hebat Tokopedia dalam mendukung gerakan sosial, kemanusiaan dan pemberdayaan. Adalah kebahagiaan tersendiri Dompet Dhuafa dapat menjadi bagian dari aksi kolaborasi kebaikan ini. TopDonasi menjadi bukti bahwa Tokopedia tidak hanya berfokus sebagai situs jual beli online terdepan bagi jutaan UMKM Indonesia, tetapi juga terdepan dalam kepedulian terhadap mereka yang membutuhkan.

(Urip Budiarto, GM Resource Mobilization Dompet Dhuafa)

Tentang Dompet Dhuafa

DOMPET DHUAFA (DD) adalah Lembaga Nirlaba milik masyarakat, berdiri sejak tahun 1993, yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan dengan mendayagunakan dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) serta dana sosial lainnya baik dari individu, kelompok maupun perusahaan. DD saat ini telah memiliki jaringan pelayanan di 17 provinsi Indonesia dan 5 di mancanegara (Hongkong, Australia, Jepang, Amerika Serikat dan Korea Selatan). Seluruh kegiatan terlaksana dengan dukungan 80.000 orang donatur loyal yang secara ekonomi mapan, profesional dan terpelajar. Saat ini DD telah menjadi organisasi filantropi Islam yang menghimpun dana masyarakat terbesar di Indonesia. Di tahun awal, total penghimpunan sekitar 80 Juta. Kemudian melalui kepercayaan masyarakat yang semakin tumbuh dan berkembang, pada tahun 2010 Dompet Dhuafa berhasil menghimpun dana hingga 220 miliar Rupiah. Informasi selengkapnya: http://www.dompetdhuafa.org/. Call Center: 021-7416-040. Whatsapp Center: 0812-1292- 528.

Saya bangga Tokopedia menjadi pelopor bisnis online yang peduli terhadap kegiatan sosial dan bantuan untuk masyarakat. Saya berharap Tokopedia menjadi model dari kepedulian seluruh bisnis online untuk menciptakan keberdayaan masyarakat indonesia. Baznas siap mendukung inisiatif Tokopedia ini.
(Arifin Purwakananta, Direktur Amil Zakat Nasional)

Tentang Baznas

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagailembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Dalam UU tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama. Dengan demikian, BAZNAS bersama Pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan: syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas. Informasi selengkapnya: http://pusat.baznas.go.id/. Call Center: 021-3904- 555.

Contact Person PKPU

Fakhrurrazi
welcome@pkpu.or.id/0853-5907- 8474

Contact Person Tokopedia
Antonia Adega
Media Relations Specialist Tokopedia
antonia.adega@tokopedia.com/08567-266- 488

 



  
 
Home
 Business  Lifestyle

Copyright © 2008-2015 PT Digital Startup Nusantara. Powered by Cloudkilat