XL Xmart Village 3.0 Standar Baru Membangun Desa Digital di Indonesia

XL Xmart Village 3.0 Standar Baru Membangun Desa Digital di Indonesia

Subang, 25 November 2016. PT. XL Axiata Tbk (XL) terus konsisten memberikan kontribusi langsung terhadap pengembangan ekonomi digital di Indonesia. Salah satunya adalah lewat program Xmart Village yang telah dirintis sejak tahun 2014 lalu dan kini telah memasuki tahun ke-3. XL bersama-sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali meluncurkan Program Xmart Village 3.0 di mana salah satu tujuannya adalah menciptakan standar baru pembangunan desa digital di Indonesia. Peluncuran ini dilakukan oleh Chief Digital Services XL, Joseph Lumban Gaol, bersama-sama dengan beberapa Kepala Desa di Cibeusi, Lembang, Subang, Jawa Barat, Rabu (23/11).

Joseph Lumban Gaol mengatakan, Sebagai penerus dari program Xmart Village 1.0 dan 2.0, pada Xmart Village 3.0 kami mengembangkan solusi-solusi yang lebih dekat dengan keseharian masyarakat. Kami juga menyasar lebih banyak aspek. Disamping ekonomi dan pariwisata, kami juga berupaya meningkatkan minat baca, kesehatan, budaya, hingga administrasi desa.

Joseph juga menambahkan, melalui Xmart Village 3.0, XL ingin mengajak masyarakat memanfaatkan teknologi digital secara positif. XL menghadirkan beragam inovasi digital bukan sekadar untuk mempertontonkan kecanggihan teknologi, namun lebih untuk mengangkat peran teknologi dalam memajukan kehidupan masyarakat desa. Selama ini teknologi digital sering dipandang sebagai kebutuhan masyarakat perkotaan saja, padahal di desa pun masyarakat sudah sangat siap untuk mengadopsi teknologi-teknologi baru. Tak hanya untuk berkomunikasi, tapi juga untuk membantu aktivitasnya sehari-hari.

Sejumlah aktifitas yang sudah siap dijalankan pada Xmart Village 3.0 antara lain digitalisasi taman bacaan, standarisasi smart toilet, geomapping, peningkatan standar administrasi pedesaan, penyediaan website dan layanan digital lainnya seperti instagram, pembuatan video 360, dan pelatihan digital bagi anak dan wanita.

Khusus untuk digitalisasi taman bacaan, 320 anak di desa-desa sasaran saat ini dapat menikmati buku-buku dalam format digital. Bahkan, koleksi buku tersebut bertambah. Bukan secara fisik, melainkan secara digital. Buku-buku digital terbaru sudah dapat mereka nikmati di taman bacaan tersebut. Taman bacaan ini menjadi taman bacaan digital pertama di Indonesia. Selain fasilitas buku dan fasilitas digital, taman bacaan ini juga memiliki fasilitas perangkat Virtual Reality (VR). Perangkat VR ini telah dilengkapi dengan sejumlah aplikasi yang sesuai dengan program Internet Sehat atau Melek Internet yang XL selalu dukung.

Dalam program Xmart Village 3.0, XL juga meluncurkan standarisasi smart toilet dari sudut pandang wanita. Smart toilet ini telah diujicobakan di desa Cibeusi dan framework yang disusun telah melalui tahap-tahap riset sesuai dengan arahan dari pihak ITB. Standarisasi toilet pintar ini memberikan parameter kelayakan berdasarkan ukuran, sirkulasi udara, pencahayaan, tingkat privasi, dan beberapa parameter lainnya berdasarkan kebutuhan wanita. Standarisasi ini merupakan yang pertama di dunia dan harapan utamanya adalah dapat menjadi acuan baru penyediaan sanitasi di desa-desa lainnya.

Untuk membantu pariwisata di kawasan desa-desa Cibeusi dan Batu Loceng, XL melengkapi alat bantu promosi berupa website yang berisi beragam info mengenai desa. Selain itu juga ada geomapping wilayah desa sebagai panduan lokasi wisata, video 360 yang menyajikan pengalaman berkeliling desa, hingga SMS Blast ke wilayah potensial. Yang unik dari Xmart Village 3.0 ini adalah tersedianya akun instagram serta video 360. Konten dari layanan ini dibuat, sepenuhnya oleh masyarakat setempat, termasuk penyusunan dan pengolahannya dalam format video 360. Hal ini membuktikan bahwa tingkat adopsi masyarakat terhadap teknologi digital tidak kalah dengan masyarakat kota selama mereka diberi kesempatan yang sama untuk belajar. Video tersebut dapat dilihat pada laman xmartvillage.com.

XL juga mengadakan pelatihan digital bagi anak-anak sekolah dan komunitas ibu-ibu wirausaha untuk membudayakan Internet Sehat dan mengenalkan dunia e-commerce. Melalui pelatihan ini mereka belajar bagaimana memanfaatkan teknologi secara positif. Anak-anak juga mendapat kesempatan untuk belajar menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) yang dilengkapi berbagai aplikasi dan permainan edukatif. Sementara, bagi para wanita, pelatihan ini sangat bermanfaat karena setelahnya mereka dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Pelatihan ini diharapkan dapat mengangkat peran wanita dalam kontribusinya terhadap ekonomi desa.

Dengan diluncurkannya program Xmart Village 3.0, maka setelah ini desa Cibeusi dan Batu Loceng akan masuk ke masa pendampingan di mana solusi-solusi yang dibawa akan dimonitor kembali agar dapat disesuaikan dan ditingkatkan. Masukan-masukan dari masyarakat desa mengenai solusi yang dihadirkan akan menjadi poin penting pada program Xmart Village berikutnya.

Tentang XL
PT XL AxiataTbk (XL) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL fokus menyediakan layanan digital guna memberikan kemudahan bagi aktifitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Sejak Desember 2014, XL telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE, yang dilanjutkan dengan pengembangan 4G LTE komersial skala nasional pada Bulan Juli 2015. XL merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan Celcom (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Ncell (Nepal), Idea (India), dan M1 (Singapore).

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Turina Farouk
Vice President Corporate Communication XL
Telp : 628170108000
Email : TURINAF@XL.co.id

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again