2,5 Triliun Rupiah, Nilai Transaksi E-Commerce Indonesia Tahun 2012
Jumlah transaksi tersebut diperoleh dari sekitar 6% dari 50 juta pengguna internet di Indonesia yang berbelanja secara online. Jumlah tersebut juga meningkat karena pada tahun 2009, hanya 3% pengguna internet yang mau berbelanja online. Demikian dikatakan oleh Direktur Ideosource, Andi S. Boediman seperti dikutip oleh IndoTelko.
Naik transaksi e-commerce di Indonesia, menurut Andi disebabkan oleh dua hal yakni tumbuhnya perekonomian Indonesia dan situs e-commerce di Indonesia sekarang sudah menyediakan media yang aman dan nyaman untuk berbelanja online. Yang dimaksud aman dan nyaman termasuk pengiriman uang dari konsumen ke pelaku e-commerce dan pengiriman barang dari pelaku e-commerce ke konsumen.
Sayangnya, meningkatnya transaksi e-commerce ini tidak disertai dengan perkembangan platform pembayaran. Andi menyebutkan sekitar 70% konsumen yang belanja lewat e-commerce membayar dengan melakukan transfer ke rekening situs e-commerce. Sisanya, mempercayakan transaksi tersebut dengan menggunakan kartu kredit. Bidang platform pembayaran ini masih bisa dikembangkan.
Andi memprediksikan pasar e-commerce Indonesia akan mencapai level matang dalam dua tahun ke depan. Namun, semua situs e-commerce di Indonesia saat ini akan mampu bertahan. Menurut Andi, hanya situs e-commerce yang cerdas dalam memilih segmen pasarnya yang akan mampu bertahan.