Ericsson Prediksi Pelanggan Mobile Broadband Naik 2x Lipat Tahun 2012
Data mereka menunjukkan bahwa hingga akhir 2011 lalu angka ini berkisar 60 juta pelanggan. Faktor-faktor seperti perangkat mobile broadband yang makin murah sangat mendukung tingkat pertumbuhan konsumsi mobile broadband di Indonesia. Produsen telepon seluler low-end berperan sangat penting untuk mendistribusikan layanan ini ke seluruh penjuru Indonesia.
Tingkat konsumsi data-pun disinyalir Ericsson akan terus meningkat seiring dengan bertumbuhnya kontek online seperti situs jejaring sosial, situs berita bahkan tidak sedikit yang sudah berbisnis berbasis online. Dengan makin banyaknya konten lokal yang bisa dikonsumsi, tentu akan terus meningkatkan ekonomi internet Indonesia menjadi lebih signifikan.
Namun hal ini tidak semata-mata menyenangan untuk para penyedia jasa seluler (telco/carrier) karena mereka harus mati-matian menurunkan harga karena persaingan yang ketat. Strategi baru harus diberlakukan oleh para telco/carrier untuk mendapatkan revenue tambahan dari akses data akibat dampak dari tarif layanan suara/sms yang terus menurun.
sumber : tempo