1. Startup

Ketika Hobi Membutuhkan Jalan-Jalan, Situs Travel Flamingo Memberikan Solusinya

Beberapa waktu yang lalu situs travel Flamingo diluncurkan. Saya sempat memberikan komentar awal bahwa tampilannya sangat menarik. Lebih jauh saya terus menduga-duga, hal apa yang menjadi pembeda Flamingo dengan situs travel lainnya. Ternyata hal yang saya temukan adalah Flamingo mengawalinya dengan mempertemukan orang-orang dengan minat sejenis (special interest) dan untuk menemukan hal yang diinginkan, kita perlu melakukan perjalanan secara langsung ke lokasi yang dituju.

Dari awal memang yang dititikberatkan oleh Flamingo adalah pengalamannya saat melakukan berwisata, bukan sekedar jalan-jalan dan keriaan belaka. Penyuka makanan pempek misalnya yang sudah mencoba segala macam warung makan pempek di Jakarta, pasti bakal tergerak hatinya untuk langsung mencoba seperti apa rasanya mencoba pempek di Palembang. Selain pempek, pasti Palembang juga menyimpan keragaman makanan menarik yang patut dirasakan.

Lain lagi dengan Raja Ampat. Tempat wisata yang sudah kesohor ke mancanegara ini menyimpan keanekaragaman hayati yang terletak di lautan dan di daratan. Daya tarik utamanya memang berkaitan dengan kegiatan menyelam. Tapi tidak semua orang ingin dan mau menyelam. Nah, bisa jadi orang-orang ini malah tertarik ke Raja Ampat, bukan untuk menyelam, tapi ikut dengan ekspedisi mencari burung Cendrawasih yang dikenal langka. Pasar seperti ini yang dibidik oleh Flamingo.

Flamingo memang tidak menyiapkan tiket pesawat karena toh pembelian tiket ini sudah jauh lebih mudah sekarang ini. Mereka fokus untuk menyediakan transportasi dan tempat tinggal selama di venue. Tak ketinggalan juga makanan dan hal-hal yang berkaitan dengan fokus jalan-jalan kita, misal biaya masuk museum jika itu merupakan fokus kegiatannya.

Untuk memberikan pengalaman yang lebih optimal, Flamingo menggunakan pemandu yang berasal dari orang-orang lokal (local guide) karena seperti yang disebutkan oleh CEO Flamingo, Bernardus Sumartok, pastinya orang lokal yang paling tahu tentang budaya dan wisata yang ada di lokasi tersebut. Untuk mencapai hal yang optimal tentunya perlu biaya, oleh karena itu Flamingo tidak mengklaim bahwa mereka menyediakan paket perjalanan yang termurah.

Berkaitan dengan launching ini, Flamingo mengadakan kompetisi desain kaos bekerja sama dengan Gantibaju bertema "Pengalaman Seru si Kotamu", di mana para pemenang bisa memperoleh kesempatan jalan-jalan gratis ke Sabang, Aceh. Ini sekaligus memperkenalkan Sabang sebagai venue wisata bahari yang tidak kalah dengan daerah lainnya.