Layanan Nebeng GrabHitch Siap Beroperasi di Indonesia
Fitur baru pertama pasca perolehan pendanaan Seri F senilai 9,8 triliun Rupiah
Diperkenalkan kedatangannya saat Echelon Indonesia 2016, fitur carpooling Grab, GrabHitch, siap beroperasi di Indonesia. Jika Anda saat ini melihat ke aplikasi, logo GrabHitch sudah tertera dan menunjukkan informasi coming soon dan mengajak mitra pengemudi untuk bergabung. Penambahan fitur ini adalah yang pertama pasca perolehan pendanaan Seri F senilai 9,8 triliun Rupiah yang dipimpin oleh SoftBank Jepang.
GrabHitch sendiri tak berbeda dengan Nebengers atau pesaingnya, UberPool. Intinya adalah mengurangi jumlah kendaraan yang melaju di jalanan dengan membolehkan hingga 4 orang, yang menuju arah tujuan yang searea, menggunakan kendaraan Grab yang sama. Tarif yang diberlakukan tentu lebih murah dibanding jika Anda sendirian.
Grab sendiri sudah menunjukkan komitmennya untuk memenangkan pasar Indonesia dengan pengumuman pendanaan baru tiga hari yang lalu. Kehadiran GrabHitch melengkapi jajaran layanan di Indonesia, yang sudah mengakomodasi pemesanan taksi, kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, dan pemesanan makanan.
Berkaca pada pengalaman UberPool, sesungguhnya carpooling dengan tujuan berbeda-beda, meskipun mungkin dalam radius yang tidak terlalu jauh, tidak selalu nyaman. Hal ini berbeda dengan konsep Nebengers yang mengadopsi skema kendaraan umum, point-to-point atau setidaknya area-to-area.
Kita tunggu bagaimana implementasi GrabHitch nantinya.