1. DScovery

Pamflet Adalah Inovasi Media Promosi Bergambar: Definisi, Jenis dan Cara Membuatnya

Penggunaan pamflet yang umum adalah kampanye politik, promosi acara, dan menyampaikan informasi organisasi atau bisnis

Pamflet merupakan media berupa leaflet yang dicetak dan berisi informasi berupa teks dan gambar. Pamflet umumnya digunakan untuk menyebarkan informasi tertentu seperti iklan atau pesan sosial. Nama lain yang sering digunakan untuk menyebut brosur adalah leaflet, leaflet, dan flyer.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan DailySocial.id berikut ini!

Definisi Pamflet

Pamflet, adalah buklet atau selebaran kecil yang digunakan untuk mengiklankan atau memberikan informasi tentang satu subjek. Topiknya bisa apa saja yang berhubungan dengan bisnis, tapi biasanya informasinya lebih edukatif daripada direct selling.

Penggunaan pamflet yang umum adalah kampanye politik, promosi acara, dan menyampaikan informasi organisasi atau bisnis. Selama isinya terfokus pada suatu topik, biasanya berupa selebaran.

Pamflet dapat bervariasi dalam bentuk, ukuran dan jumlah halaman. Beberapa terdiri dari selembar kertas yang dicetak di kedua sisi dan dilipat di tengah. Tata letak ini sering disebut sebagai selebaran. Pamflet lain memungkinkan banyak halaman dilipat menjadi dua dan dijepit dari lipatan menjadi buklet.

Tujuan Pamflet

Seperti yang sudah dikatakan, pamflet berisi informasi berupa teks dan gambar. Jadi tujuan utamanya adalah untuk menyampaikan informasi ini dengan cara yang efektif. Efektif dalam arti luas, menarik, ringkas dan to the point.

Jenis pamflet ini sangat mudah untuk dibagikan atau ditawarkan secara individual untuk orang-orang yang berada di keramaian. Bisa juga ditempel di wallpaper atau etalase sekolah. Disimpan di konter atau meja lobi, mungkin juga ada kesempatan untuk memberikannya secara gratis. Berikut adalah beberapa tujuan lain untuk membuat pamflet.

  • Menyebarkan dan memberikan informasi edukatif terhadap pembacanya.
  • Menyebarkan dan memberikan informasi produk atau promosi yang diberikan oleh penjual.
  • Menyebarkan dan memberikan bacaan atau komik hiburan kepada masyarakat.
  • Menyebarkan dan memberitakan isu sosial dan kemanusiaan.
  • Menyebarkan dan memberikan informasi mengenai suatu kegiatan yang akan dilaksanakan.

Ciri-Ciri Pamflet

Ciri-ciri pamflet sendiri sepertinya dapat dengan mudah dengan dirasakan ketika kita melihatnya. Namun, untuk memperjelas hal apa saja yang membuat suatu media cetak menjadi pamflet, berikut adalah penjabarannya.

  • Memberikan informasi tertentu, baik komersial maupun edukatif.
  • Menggunakan bahasa yang singkat, jelas, dan padat.
  • Dihiasi dengan gambar menarik perhatian pembaca.
  • Menggunakan gambar atau foto ilustrasi untuk memperjelas informasi yang ingin disampaikan.
  • Terdiri dari selebaran yang ringkas dan tidak menggunakan jilid seperti buku.

Jenis Pamflet

Pamflet sendiri dapat digunakan untuk menyebarkan beragam jenis informasi. Jenis informasi tersebut kemudian membagi pamflet menjadi jenis yang berbeda pula. Berikut adalah jenis-jenis pamflet.

  1. Pamflet pendidikan, berarti menyebarkan informasi yang edukatif bagi pembacanya.
  2. Pamflet komersial, tidak hanya brosur, nyatanya pamflet juga banyak digunakan untuk mempromosikan barang dan jasa. Namun, biasanya tidak dirancang untuk menjual, hanya memperkenalkan atau memberikan edukasi produk saja.
  3. Pamflet politik, pamflet yang digunakan dalam menyebarkan visi misi partai atau calon pemimpin (dalam kegiatan politik secara umumnya). Apalagi di Indonesia yang masih banyak daerah yang belum terjangkau sinyal internet, pamflet masih menjadi media alternatif terbaik untuk menjadi media politik.
  4. Pamflet kegiatan, merupakan pamflet yang digunakan untuk memberitahukan suatu kegiatan yang akan dilaksanakan. Konser musik, kegiatan sosial berbentuk pentas seni, dsb.

Cara Membuat Pamflet

Lalu bagaimana merancang atau membuat pamflet yang baik? Berikut adalah beberapa hal yang dapat diperhatikan untuk membuat pamflet.

  • Pamflet hendaknya terbaca dengan baik, tipografi adalah salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan.
  • Gunakan bahasa yang kasual namun tetap sopan, dalam kondisi tertentu gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  • Pesan harus disampaikan dengan singkat, ringan, namun mengena.
  • Gunakan sub-judul dengan ukuran yang lebih besar dari teks deskripsi.
  • Batasi panjang kolom, untuk mempersingkat gerakan mata pembaca.
  • Desain layout pamflet harus memperhatikan prinsip-prinsip seni dan desain seperti: keseimbangan, prinsip kesatuan, ritma yang jelas untuk mengatur pergerakan pembaca yang mengalir dengan mudah dan natural.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan prinsip kontras untuk menarik perhatian pembaca, misalnya dengan menggunakan warna yang mencolok di beberapa elemen kecil, tetapi bagian teks masih dapat dibaca dan tidak menimbulkan "silau".
  • Berikan gambar menarik yang dapat memancing perhatian orang untuk membacanya.
  • Gunakan gambar ilustrasi yang relevan dan sangat membantu menjelaskan informasi yang ingin kamu sampaikan. Gambar dapat membantu mengklarifikasi konteks informasi yang ingin disampaikan bila digunakan dengan benar, tetapi sebenarnya mengaburkan informasi bila tidak pantas.
  • Gunakan gambar dekorasi yang minim, harmonis dengan layout keseluruhan pamflet dan memberikan aksen yang cantik terhadap tulisan yang berderet panjang bagi pembaca.

Perbedaan Pamflet dan Brosur

Pamflet umumnya digunakan untuk tujuan nonkomersial, sedangkan brosur tertentu berisi informasi tentang penyediaan barang atau jasa. Oleh karena itu, dalam tugas sekolah, siswa diminta menyiapkan pamflet, ketika siswa diminta membuat media untuk menyebarkan informasi pendidikan.

Perbedaan lainnya adalah pamflet cenderung mengandung lebih banyak informasi daripada gambar. Pada saat yang sama, brosur cenderung menggunakan lebih banyak gambar untuk menarik perhatian pembeli.

Berikut ini adalah analisis perbandingan dan perbedaan antara brosur dan pamflet.

Pamflet

  • Sebagian besar dicetak pada satu halaman dan jarang dilipat
  • Dapat memiliki lebih dari satu halaman, tetapi sangat jarang
  • Isi informasi cenderung berfokus pada satu subjek
  • Biasanya lebih memuat informasi edukatif dan bukan promosi produk/jasa.
  • Lebih banyak digunakan untuk meningkatkan kesadaran pembaca mengenai topik tertentu

Brosur

  • Biasanya terdiri dari beberapa halaman bersambung
  • Ukuran kertas lebih bervariasi dari pamflet
  • Mencakup berbagai topik/produk
  • Biasanya menggunakan lebih banyak gambar dan grafik dengan teks yang hanya menjadi pendukung
  • Cenderung memberi tahu pembaca tentang produk atau layanan tertentu dan / atau fitur-fitur spesifik produk
  • Dirancang untuk menjual, bukan hanya untuk mendidik atau memberi informasi

{$categories[0]['slug']}