1. Startup

Snapcart Peroleh Pendanaan Pra-Seri A Senilai 23 Miliar Rupiah

Berencana lebarkan sayap ke Asia Tenggara, mantan ahli konsumen dan riset pasar P&G Mayeth Condicion bergabung sebagai Chief Data Officer

Aplikasi mobile pemberi layanan cashbackSnapcart hari ini mengumumkan perolehan pendanaan pra-seri A senilai 1,675 juta Dollar (lebih dari 23 miliar Rupiah) dari Wavemakers Partners, SPH Media Fund, SMDV (Sinar Mas Digital Ventures), dan Ardent Capital. Dengan pendanaan ini, Snapcart berencana mulai melebarkan sayap di Asia Tenggara. Selain itu, mantan direktur riset P&G Mayeth Condicion turut bergabung sebagai Chief Data Officer dan Co-Founder.

Aplikasi mobile Snapcart didirikan oleh Reynazran Royono (Rey) dan resmi meluncur pada awal September 2015 silam. Pada dasarnya Snapcart memberikan layanan yang memudahkan penggunanya untuk mendapatkan cashback dengan mengambil foto dari struk belanja.

Pun demikian, selain traksi pertumbuhan, potensi pemanfaatan layanan Big Data untuk brand yang dimiliki Snapcart adalah salah satu alasan Snapcart berhasil mendapatkan pendanaan pra-seri A dari Wavemakers Partners, SPH Media Fund,  SMDV (Sinar Mas Digital Ventures) dan Ardent Capital yang juga merupakan investor sebelumnya dalam pendanaan awal.

Paul Santos dari Wavemaker Partners melalui keterangan yang kami terima mengatakan, “Kemampuan untuk melakukan targeted engagements, dan juga  big data potensial, menjadikan Snapcart sebagai sebuah platform B2B yang unik di Asia Tenggara. Traksi yang didapat dari brand dan pengguna sangat menunjukkan kepada kami betapa besarnya potensi lekatnya layanan ini bagi konsumen di Indonesia dan karena itu tidak ternilai harganya bagi brand offline dan retailer yang memanfaatkan teknologi mobile.”

Rencana ekspansi ke luar Indonesia pasca pendanaan

Pasca pendanaan ini, Snapcart berencana untuk melebarkan sayap ke setidaknya dua pasar lain di kawasan Asia Tenggara. Rencana ini akan dimulai dengan pasar Filipina pada awal tahun ini.  Rencana perluasan pasar tersebut akan didukung dengan bergabungnya mantan Direktur Riset Procter & Gamble (P&G) Mayeth Condicion sebagai Chief Data Officer dan Co-Founder.

“Memanfaatkan basis pengguna Snapcart yang besar dan bertumbuh tepat memberikan kami kemampuan untuk mempertemukan teknologi, ilmu data, dan pemahaman konsumer, sehingga menghasilkan wawasan orang yang berbelanja lebih baik,” ujar Mayeth.

Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun di bidang analytics dan wawasan konsumen di Asia, bergabungnya Mayeth diharapkan dapat memperkuat layanan untuk klien dan memimpin operasi di Filipina.

Pengembangan produk dan target di tahun 2016

Selain melebarkan sayap operasional, dana segar yang baru diperoleh juga direncanakan untuk merealisasikan beberapa pengembangan produk yang sebelumnya sudah pernah diungkap. Contohnya, mengembangkan fitur video engagements dan perangkat dashboard analytics. Fitur-fitur tersebut akan mengakomodasi brand untuk melihat perilaku konsumen secara real-time dan bantu merencanakan strategi pemasaran berikutnya.

CTO Snapcart Laith Abu Rakty mengatakan, “Tahap pertama pengembangan kami lebih difokuskan kepada pengumpulan data masal dan akuisisi pengguna, aktivasi, dan engagement. […] Dengan lebih dari seribu struk yang diterima setiap harinya, kami ingin menyempurnakan sistem otomatisasi dan melakukan upgrade aplikasi yang ada [terlebih dahulu].”

“Di Indonesia ada banyak format struk yang berbeda, bahkan dalam waralaba ritel yang sama, sehingga menjadikannya lebih sulit untuk diotomatisasi. Ini adalah tantangan yang ingin kami atasi di tahap berikutnya,” lanjut Laith.

Sementara itu Rey menyebutkan bahwa akuisisi pengguna yang ada dalam agenda akan dilakukan melalui kemitraan dengan perusahaan FMCG dan vertikal lain melalui kegiatan offline dan pemasaran online.

Menurut Rey saat ini Snapcart telah bermitra dengan lebih dari 35 brand, memperoleh lebih dari 150 ribu unduhan aplikasi, dan memiliki 85 ribu pengguna aktif bulanan. Targetnya, dalam kurun waktu kurang dari satu tahun Snapcart bisa mencapai 1 juta unduhan.

Aplikasi Snapcart saat ini baru tersedia untuk platformAndroid dengan sistem operasi 4.0.3 ke atas. Untuk versi iOS, direncanakan segera hadir dalam waktu dekat di awal tahun 2016 ini.