Unique Selling Proposition: Arti Cara Membuat, Fungsi dan Contohnya
Bagaimana caranya membuat unique selling proposition yang menarik? Temukan jawabannya dalam artikel ini!
Keunikan dari sebuah brand atau produk merupakan nilai jual yang bisa membuatnya menonjol di mata konsumen. Keunikan inilah yang dapat menjadi unique selling proposition (USP) yang dimiliki oleh suatu brand agar dapat bersaing dengan kompetitornya.
Lantas, apa saja kegunaan unique selling proposition dan bagaimana cara membuatnya?
Kegunaan Unique Selling Proposition
Unique selling proposition memiliki tujuan utama untuk membuat brand atau produkmu lebih menonjol di tengah persaingan yang terjadi antar kompetitor. Dengan demikian, konsumen menjadi lebih mudah dalam mengenali dan mengingat produkmu.
Berikut adalah beberapa kegunaan unique selling proposition secara lebih lanjut.
- Untuk membedakan produkmu dengan kompetitor dari segi keunikannya.
- Agar konsumen lebih mudah dalam mengenal dan mengingat produkmu.
- Untuk menarik perhatian calon konsumen.
- Agar konsumen lebih tertarik untuk membeli produkmu dibandingkan dengan produk kompetitor.
- Untuk meningkatkan penjualan, karena konsumen cenderung memilih produk yang berbeda di pasaran.
Cara Membuat Unique Selling Proposition
Unique selling proposition yang baik adalah yang mampu menarik minat konsumen. Berikut adalah beberapa cara membuat unique selling proposition yang dapat kamu terapkan.
1. Melihat dari Sudut Pandang Konsumen
Cara paling efektif dalam membuat unique selling proposition yang baik adalah dengan memposisikan dirimu sebagai konsumen. Dengan demikian, kamu dapat melihat berbagai hal dari sudut pandang konsumen mengenai apa yang mereka butuhkan dan harapkan terhadap suatu produk.
Untuk melakukan hal ini, kamu bisa membuat survei singkat untuk diisi oleh target konsumenmu untuk memberikan penilaian terhadap produkmu. Nantinya, kamu bisa mengetahui apakah produk yang kamu kembangkan sudah memiliki unique selling proposition atau belum, dan apa saja hal-hal yang kamu butuhkan untuk mengembangkannya.
2. Buatlah Daftar Keunikan Produk yang Kamu Tawarkan
Jika kamu sudah mengetahui apa yang dibutuhkan oleh calon konsumenmu, maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat daftar yang berisi keunikan dan kelebihan dari produkmu. Hasil survei tentang konsumen yang telah kamu lakukan sebelumnya bisa kamu jadikan sebagai salah satu poin penentu. Sebab, konsumen cenderung tertarik dengan produk yang dapat memenuhi kebutuhan mereka.
Tak hanya itu saja, kamu juga perlu menonjolkan keunikan produkmu untuk menarik perhatian konsumen.
3. Bandingkan Produkmu dengan Kompetitor
Tujuan utama unique selling proposition adalah agar produkmu memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Dalam hal ini, kamu perlu melakukan analisis tentang kompetitormu untuk mengetahui hal-hal yang menjadi kelemahan dan kelebihan mereka.
Apabila kamu sudah mengetahuinya, maka hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah membandingkan produkmu dengan produk mereka. Dalam hal ini, usahakan kamu membuat unique selling proposition dengan cara menambahkan value yang dimiliki produkmu tetapi tidak dimiliki oleh kompetitor.
Contoh Unique Selling Proposition pada Brand Terkenal
McDonald’s
Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan McDonald’s, bukan? Gerai fastfood asal Amerika ini sangat digemari oleh banyak orang dari seluruh penjuru dunia.
McDonald’s memiliki USP, yakni kualitas, layanan, kebersihan dan value for money. Dalam hal ini, McD memiliki fokus untuk menyediakan produk berkualitas tinggi yang disajikan secara cepat dan ramah, dengan lingkungan yang bersih dan harga yang terjangkau.
Starbucks
Selain McDonald’s, ada juga Starbucks yang merupakan kedai kopi asal Amerika yang kini telah tersebar di berbagai negara. Starbuck memiliki USP “kopi premium” dengan mutu dan kualitas terjaga. Tak hanya itu saja, konsisten dalam meningkatkan kualitas produknya juga membuat kedai kopi yang satu ini lebih menonjol dari berbagai pesaingnya.
IKEA
IKEA merupakan brand yang menyediakan berbagai furnitur dan perabot rumah asal Swedia. Belakang ini, IKEA menjadi populer karena dikenal sebagai brand yang memiliki desain yang simpel tetapi tetap menarik.
Tak hanya itu saja, IKEA juga memiliki USP yang fokus pada kualitas yang produknya yang tidak mudah rusak meski dijual dengan harga yang lebih rendah.
Spotify
Sementara dari bidang teknologi, ada Spotify yang beberapa tahun belakangan ini dikenal sebagai aplikasi streaming musik yang paling banyak digunakan di dunia. Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh USP Spotify yang menonjolkan algoritmanya yang dapat menemukan musik yang sesuai dengan pendengarnya.
Selain itu, kemudahan dalam mengakses berbagai jenis lagu kapan pun dan di mana pun juga menjadi salah satu nilai jual dari Spotify.
Nah, itulah penjelasan lengkap mengeni cara membuat unique selling proposition beserta contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat dalam menambah wawasanmu!