BEKRAF Game Prime 2019, Ajang Industri Game Terbesar di Indonesia Siap Digelar
DailySocial Newswire - 18 June 2019
Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) berkolaborasi dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan
INSIDEA siap menggelar BEKRAF Game Prime 2019. Event industri game terbesar di Indonesia ini akan
kembali untuk penyelenggaraan keempatnya.
Industri game di Indonesia terus berkembang dengan jumlah gamer sebanyak 43,7 juta, jumlah tersebut
semakin bertambah seiring melambungnya popularitas eSport di Indonesia. Berdasarkan data terbaru
dari Newzoo, pendapatan dari industri game di Indonesia mencapai USD879,7 juta atau senilai Rp 13
Triliun di tahun 2018. Hal itu juga menjadikan Indonesia sebagai pasar game terbesar ke-16 di dunia.
Tugas Badan Ekonomi Kreatif adalah membangun ekosistem ekonomi kreatif. Industri game adalah salah
satu subsektor ekonomi kreatif yang menjadi prioritas. Game bukan hanya sekadar entertainment,
melainkan dapat menjadi alat edukasi, periklanan bahkan bisa membantu pengembangan ekonomi
kreatif. Untuk itu BEKRAF sangat berkomitmen untuk membantu game developer dan publisher lokal
agar bisa menaikkan market share untuk game developer lokal melalui event BEKRAF Game Prime 2019.
“Event ini menjadi ajang berkumpulnya para developer, publisher, investor dan consumer game di
Indonesia. Bekraf menangani dari hulu ke hilir salah satunya untuk industri game. Saya berharap produk-
produk game lokal dapat berkembang cepat mengikuti tren dan bersaing sampai ke tingkat global,” ujar
Hari Santosa Sungkari selaku Deputi Infrastruktur Bekraf.
Tahun ini, BEKRAF Game Prime 2019 bakal digelar selama tiga hari, yaitu tanggal 12 Juli 2019 di Hotel
Ayana Midplaza, Jakarta untuk sesi Business Day dan tanggal 13 dan 14 Juli 2019 untuk sesi Public Day di
Balai Kartini, Jakarta dengan mengusung konsep eksibisi yang siap menghibur puluhan ribu gamer dari
seluruh Indonesia.
Berbagai hal-hal menarik dapat ditemui di Bekraf Game Prime 2019 seperti game-game keren dari
developer lokal yang bisa dimainkan. Lalu tersedianya Board Game dan game Virtual Reality (VR)
serta Augmented Reality (AR) yang bisa dicoba secara gratis. Dan yang tidak kalah menarik kompetisi
eSports siap meramaikan ajang BEKRAF Game Prime 2019.
Pada tahun lalu BEKRAF Game Prime sukses mencatatkan sejarah baru pada industri game di Indonesia
dengan peserta yang mencapai 16.000 pengunjung dalam waktu 3 hari penyelenggaraan. Hal ini
membuat event tersebut tidak hanya menjadi event industri game terbesar di Indonesia, melainkan juga
salah satu event game yang cukup besar di kawasan Asia Tenggara.
Mengusung tema “Game is the Future of Sport, Entertainment and Business” diharapkan BEKRAF Game
Prime 2019 dapat mengakomodasi dan memberikan informasi kepada para pelaku industri maupun
masyarakat umum mengenai masa depan industri game yang terus bergerak cepat mengikuti tren.
Selain itu Survei dari AppAnnie dan Newzoo menyatakan bahwa Augmented Reality (AR), Virtual Reality
(VR), Mixed Reality (MR), eSports dan serious games adalah masa depan industri game yang bisnisnya
tumbuh dengan cepat dan terus membesar dari tahun ke tahun. BEKRAF Game Prime 2019 diharapkan
dapat menjadi tolak ukur bagi industri game Indonesia dan Asia Tenggara, dan membantu para
pelakunya untuk berkompetisi di pasar global.
BEKRAF Game Prime 2019 juga akan menganugerahkan penghargaan kepada para developer berprestasi
selama satu tahun terakhir sebagai bentuk apresiasi atas usahanya memajukan industri game Indonesia.
Bahkan beberapa game dan developer paling berprestasi di Indonesia bisa mendapatkan kesempatan
untuk memamerkan karyanya di luar negeri.
BEKRAF Game Prime dibuka secara umum dan gratis. Tiket BEKRAF Game Prime 2019 bisa didapatkan
dengan mengunjungi link https://bit.ly/bgp2019public. Informasi lebih lanjut mengenai BEKRAF Game
Prime 2019 ini bisa dilihat di https://event.gameprime.org atau menghubungi contact@gameprime.org.
Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.