Cara Blibli Hadirkan Kemudahan dan Pengalaman Unik Berbelanja Produk Apple
Randi Eka - 11 December 2023
Menurut data Counterpoint Research, secara berturut-turut dalam tiga kuartal di 2023 produk Apple menjadi varian ponsel pintar paling laris (bestseller) secara global. Bahkan tipe iPhone 13-14 bertanggar berurutan dari peringkat satu sampai empat.
Sementara di Indonesia menurut StatCounter, pada periode November 2022-2023 produk ponsel Apple baru menguasai 11,64% pangsa pasar, masih di bawah Oppo (17,12%), Samsung (16,5%), Xiaomi (14,86%), dan Vivo (13,44%). Namun hal ini wajar [bahkan bisa dinilai sebagai capaian signifikan], mengingat Apple hanya menyuguhkan lini produk premium yang ditargetkan untuk kelas menengah ke atas.
Produk Apple khas dengan kemampuan dahsyat dari sisi hardware dan dukungan ekosistem software yang mumpuni. Guna memudahkan para Fanboy (sebutan untuk fans produk Apple), sejak tahun 2022 Blibli resmi menjadi “Apple Authorized Marketplace”. Artinya Blibli menjadi reseller resmi produk Apple, sekaligus dapat memberikan jaminan originalitas produk Apple yang dijual di platformnya.
Sejak Agustus 2022 bahhkan Blibli juga telah membuat kebijakan menurunkan seluruh produk Apple yang tidak disediakan Apple Authorized Reseller, baik untuk iPhone, Apple Watch, iPad, hingga Mac.
Jadi yang terdepan
Bagi Fanboy, FOMO (Fear of Missing Out) menjadi hal yang wajar, terlebih saat produk baru Apple baru dirilis. Blibli pun peka melihat hal tersebut, sehingga selalu ingin berusaha menyuguhkan ragam produk terbaru kepada para konsumen. Seperti yang dilakukan pada Oktober 2023 lalu, saat iPhone 15 series masuk ke Indonesia, Blibli mengadakan acara sepesial bertajuk “Midnight Launch” di Jakarta dan Surabaya.
Program tersebut ditujukan untuk para pelanggan setia Blibli yang telah melakukan pre-order dan ingin memilih/mengambil iPhone 15 terbaru secara langsung. Para fanboy pun rela melakukan beragam pengorbanan mulai dari rela begadang pada saat pre-order, rela mengeluarkan uang, bahkan rela datang jauh-jauh ketika midnight launch, demi bisa mendapatkan iPhone 15 series idaman lebih dulu daripada yang lain.
Co-Founder & CEO Blibli Kusumo Martanto mengatakan, bahwa program ini penting untuk dilakukan perseroan sebagai bagian dari komitmen menjaga kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Hadirnya pengalaman eksklusif seperti yang disuguhkan dalam midnight launch tidak hanya sekadar hal transnasional semata, namun menyuguhkan hal baru yang akan menghadirkan pengalaman unik tersendiri bagi fanboy tersebut.
Aplikasikan konsep omnichannel
Perusahaan publik dengan kode “BELI” ini sedari awal mencoba mengangkat konsep “omnichannel” untuk menjadi proposisi nilai penting dalam bisnisnya. Melalui konsep ini, Blibli ingin memadukan antara pengalaman ritel tradisional (offline) dengan transaksi berbasis digital (online). Lantas pendekatan ini diaplikasikan ke berbagai lini yang dimiliki Blibli, baik ke layanan e-commerce hingga e-grocery miliknya.
Khusus untuk produk Apple, konsep omnichannel Blibli diejawantahkan dalam “Hello Store” (PT Mitra Care Indonesia), yang merupakan anak usaha perseroan. Di bawah Blibli Omnichannel Mobility Group (Blibli OMG), Hello Store menjadi gerai ritel offline Apple Blibli dengan toko pertamanya di kawasan Kuningan City Mall, Jakarta pada Maret 2023 lalu.
Berbagai fitur omnichannel seperti “Click & Collect” dan “Tukar Tambah” bisa dilakukan lewat Hello Store ini. Selain itu, perusahaan juga berkomitmen menyediakan layanan penjualan (sales) hingga purnajual (after sales) yang andal sesuai dengan standardisasi Apple. Serta dukungan pelanggan dengan ketersediaan suku cadang dan aksesori yang orisinal, hingga teknisi yang tersertifikasi. Menjelang akhir tahun ini, Hello sudah memiliki 9 toko yang tersebar di kawasan Jabodetabek dan Semarang.
Terbaru, Hello juga menghadirkan layanan drop-off point untuk servis perangkat Apple. Ini memungkinkan pelanggan untuk mengirim produk mereka yang akan diperbaiki ke seluruh jaringan ritel Hello yang tersebar di sembilan lokasi di Indonesia.
Pengalaman online-to-offline pada ekosistem terintegrasi Blibli ini di sisi lain memang ditujukan untuk menghadirkan tingkat kepercayaan yang lebih tinggi ke konsumen dalam mendapatkan produk orisinal berkualitas tanpa hambatan. Karena hassle-free and worry-free memang layak diberikan untuk para pelanggan produk premium seperti ini.
Dimanjakan kemudahan transaksi
Selain kemudahan transaksi lewat layanan Blibli Instore lewat Hello, konsumen juga dimudahkan dengan ragam opsi pembayaran. Seperti diketahui, Blibli saat ini juga menaungi perusahaan fintech pembayaran yang telah terintegrasi apik ke dalam aplikasi, salah satunya Blibli Tiket Paylater by Indodana, sehingga dengan sangat seamless pelanggan diberikan opsi untuk melakukan kredit pembelian produk Apple sesuai dengan kemampuannya.
Sebagai program loyalitas, berbagai transaksi di Apple Authorized Reseller milik Blibli juga akan memberikan kepada pelanggan keuntungan dari Blibli Tiket Rewards. Seperti diketahui, poin yang dikumpulkan akan sangat bermanfaat karena bisa digunakan ke seluruh ekosistem layanan Blibli, termasuk Tiket.com, Ranch & Farmers, GTN, dan GAN. Belum lagi ragam promo yang rutin diadakan, seperti yang paling baru “Blibli Histeria 12.12” yang memberikan diskon hingga 90% untuk beragam produk.
Dan bagi yang hanya ingin mengandalkan layanan online store, Blibli juga berkomitmen untuk memberikan layanan terbaiknya. Melalui inisiatif smart logistic, Blibli selalu berupaya untuk memberikan layanan pengiriman cepat dan terjangkau. Bahkan Blibli juga punya layanan “2 Jam Sampai” untuk pengguna di berbagai wilayah, sehingga memberikan nilai plus sendiri untuk pengalaman bertransaksi e-commerce.
Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.