Sci – Fi Hardware Hackathon – Data For Life 2016 Menantang 35 Inovator Indonesia untuk Ciptakan Teknologi Canggih Terinspirasi Fiksi Ilmiah

DailySocial Newswire - 29 August 2016

JAKARTA, 28 Agustus 2016 ‘ Sebagai bagian dari acara Data For Life 2016 yang diselenggarakan oleh Mediatrac pada tanggal 27 hingga 31 Agustus 2016, Data For Life Sci-Fi Hackathon 2016 hari ini mengumumkan pemenang dari total 375 peserta yang tergabung setelah melalui proses penyaringan awal dari total 580 pendaftar. Kompetisi inovasi perangkat keras (hardware) kedua di Indonesia yang mengambil tema: Make your own science fiction ini merupakan kolaborasi antara Mediatrac dengan Makedonia dan Data Science Indonesia. Data For Life Sci-Fi Hackathon 2016 telah berlangsung 24 jam dari tanggal 27 Agustus 2016 di Gedung SMESCO UKM, Jalan Gatot Subroto No. 5, Pancoran, Jakarta.

Hampir semua inovasi teknologi yang kita temukan hari ini terinspirasi dari cerita fiksi ilmiah yang kita baca atau tonton, dan kedepannya fiksi ilmiah akan terus mempengaruhi para inovator dalam menciptakan teknologi baru. Tema yang sangat memicu kreativitas dan imajinasi para pembuat karya ini diharapkan dapat mendorong individu dan komunitas yang selalu mengikuti perkembangan teknologi dan ingin mewujudkan imajinasinya menjadi sebuah perangkat keras (hardware) teknologi canggih bertemakan fiksi ilmiah.

Penjurian dilakukan dengan melihat karya dari setiap aspek dan kategori yaitu konsep, teknologi dan kecerdasan buatan, serta interaksinya dengan pengguna. Hadiah uang tunai dengan total nilai 62 juta rupiah akan diberikan kepada pemenang utama dan pemenang dari tiap kategori. Juri yang berpartisipasi merupakan nama-nama yang telah lama berperan penting dalam dunia teknologi dan inovasi di Indonesia maupun global seperti Anthony Vipin Das (LV Prasad Eye Institute), Andri Yadi (Dycode), dan Ariavita Purnamasari (General Electrics Indonesia).

Data for Life Sci-Fi Hackathon 2016 juga diselingi dengan pembicaraan seputar fiksi ilmiah dalam panel-panel Sci-Fi Talks. Sci-Fi Talks yang terbuka untuk umum dihadiri banyak penonton yang antusias untuk berdiskusi mengenai berbagai aspek dari fiksi ilmiah yaitu pendidikan, desain, teknologi dan gaya hidup.

Penggunaan dan keterhubungan data, sebagai poin penting dari kompetisi ini secara spesifik maupun secara keseluruhan rangkaian acara Data for Life 2016, berbicara tentang bagaimana memanfaatkan teknologi untuk menangkap cerita tentang manusia dan dunia di sekitar yang kemudian akan membantu kita untuk lebih memahami keadaan dalam mengambil keputusan. Hardware Hackathon terbesar di Indonesia ini kami adakan untuk mengajak para inovator Indonesia mendobrak batas imajinasi, sehingga dapat menciptakan sesuatu yang bukan hanya mencari solusi masalah yang kita hadapi hari ini, namun mengantisipasi masa depan untuk Indonesia maupun dunia ujar Regi Wahyu, CEO Mediatrac, pada pembukaan Data for Life Sci-Fi Hackathon 2016.

Tentang Data for Life 2016

Pada tahun 2015, Mediatrac selaku perusahaan teknologi Big Data Analytics terdepan di Indonesia telah menggelar konferensi Big Data berskala internasional pertama di Indonesia, Big Data Week Indonesia 2015, sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai teknologi Big Data.

Tahun 2016, upaya ini kembali dilanjutkan oleh Mediatrac dengan menghadirkan Data For Life 2016, yang terdiri dari Data for Life Conference, Sci-Fi Hardware Hackathon, Student Session, SETI Symposium, Technology & Business Workshop,dan Tech-Art Exhibition. Program yang beragam ini dirancang untuk dapat mengungkap berbagai sisi dari potensi Big Data kepada target khalayak yang juga beragam.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan mengunjungi website kami di www.dataforlife.co.

Untuk keterangan lebih lanjut, harap menghubungi:
Aria Alifie Nurfikry (Communications Specialist)
aria.alifie@mediatrac.co.id / +6281910660596
Astri Riksahati (Communications Executive)
astri.riksahati@ci-mediatrac.com / +6282112930393 Generic wellbutrin sr watson labs

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.