Total Laporan Qlue RTRW Tembus Belasan Juta Laporan
DailySocial Newswire - 20 October 2016
Jakarta, 20 Oktober 2016, – Pemanfaatan aplikasi Qlue sebagai perangkat laporan RT/RW belakangan ramai diperbincangkan publik. Bagaimana sejatinya perkembangan penggunaan aplikasi ini dikalangan RT/RW? Berdasarkan data yang di rilis dari Qlue, hingga tanggal 10 Oktober 2016, total laporan Qlue RT/RW mencapai angka 15.256.552 atau mengalami kenaikan tujuh kali lipat dari total laporan di bulan Agustus 2016. Total laporan ini diperoleh dari sekitar 30.000 user aktif RT/RW di Jakarta.
Dari data ini dapat dilihat bahwa diatas 90% RT/RW di Jakarta telah mengaktifkan akun Qlue dan melaporkan lingkungannya. Jakarta Barat tercatat menjadi wilayah yang paling aktif mengirimkan laporan mengenai lingkungannya, jumlah laporan RT/RW nya mencapai angka 3.116.320. Di susul dengan Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat dengan total laporan yang tidak terlampau jauh cenderung hampir merata.
Elita Yunanda, selaku Marketing Manager Qlue Indonesia mengatakan, Data ini kami rilis sebagai apresiasi dan rasa terima kasih kepada Bapak dan Ibu RT/RW yang sudah aktif memanfaatkan Qlue untuk melaporkan keadaan lingkungannya. Kami tidak menutup mata akan pro dan kontra masyarakat mengenai keberadaan Qlue, disini kami sebagai partner pendukung program Pemprov DKI Jakarta, memandang hal tersebut sebagai salah satu bentuk penetrasi teknologi. Dimanapun sebuah perubahan akan membutuhkan proses, semoga kedepannya angka laporan RT/RW semakin meningkat, dengan demikian Jakarta boleh berbangga dengan keaktifan dan perkembangan lingkungan yang transparan melalui laporan Qlue.
Dalam beberapa bulan ini Qlue dijadikan perangkat kerja RT/RW di Jakarta. Keaktifan laporan di Qlue dari RT/RW akan berkaitan dengan dana operasional mereka, dengan kata lain sistem laporan Qlue telah menggantikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) yang selama ini disusun dalam bentuk kertas dan nota.
Terlihat sangat aktif melapor di Qlue, Bapak Kusnadi selaku ketua RW 02 di Kelurahan Karet mengatakan, Iya, di RW 02 memang saya support dan dukung terus supaya aktif. Karena namanya Rukun Warga kalau mau maju kan harus kompak. Sebenarnya menurut saya, Qlue lebih memudahkan dan jadi cepat. Tinggal masalah mau belajar memakainya, dibandingkan dengan Form LPJ yang saya suka lama mikir-mikir ngerangkai kata mau ngisinya apa. Pakai Qlue lebih cepat dan mempermudah dan langsung aja pada saat ngurusin ini-itu di laporan.
Untuk informasi lebih lanjut:
Edelweiss
Head of Marketing Communication QLUE
p. +62 812 1295 3052
e. edelweiss@qlue.id
Elita Yunanda
Manager Marketing QLUE
p. +62 857 2969 1070
e. elita@qlue.id
Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.