Traveloka Xperience Tandatangani Kesepakatan Kerjasama Strategis bersama Jawa Timur Park Group
DailySocial Newswire - 30 May 2019
Sebagai salah satu realisasi dari upaya untuk mendukung target
kunjungan 20 juta wisatawan asing ke Indonesia, sekaligus juga membantu pemain di industri
pariwisata di Indonesia untuk mencakup pasar regional. Traveloka, perusahaan teknologi
terkemuka penyedia jasa travel dan lifestyle dalam satu platform, hari ini (28/06)
menandatangani kerjasama strategis dengan Jatim Park, pengelola wisata edukasi keluarga
terbesar di Indonesia yang berlokasi di kota Batu, Malang Jawa Timur. Penandatanganan
kerjasama ini menandai adanya kesepakatan strategis bagi Traveloka menjadi yang pertama
membantu promosi dan pemasaran Jawa Timur Park Group secara online hingga ke
mancanegara.
Christian Suwarna, Chief Executive Officer (CEO) Traveloka Experience menjelaskan,
“Traveloka Xperience sebagai platform pemesanan beragam produk aktivitas liburan dan gaya
hidup terdepan di Asia Tenggara, mengumumkan kerjasama strategis dengan Jawa Timur Park
Group. Kami percaya dengan adanya kolaborasi strategis ini, para pengunjung akan
mendapatkan kemudahan mulai dari pencarian inspirasi dalam penentuan destinasi wisata,
aktivitas yang harus dilakukan, hingga pemesanan secara online yang aman dan nyaman,
sehingga dengan penggunaan aplikasi Traveloka pengguna dapat memperoleh beragam
pengalaman yang tak terlupakan bersama kerabat dan keluarga tercinta. Kami juga berharap
kolaborasi strategis ini dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan pariwisata Indonesia
khususnya di daerah Kota Batu dan Malang.”
Mengenai kerjasama ini, Ronny Sendjojo, Staf Ahli Holding Company Jatim Park Group
mewakili Jatim Park Group mengungkapkan, “Kami sangat bangga dapat bekerja sama dengan
platform pemesanan produk aktivitas liburan dan gaya hidup terkemuka, Traveloka Xperience.
Sebagai sesama perusahaan asal Indonesia, kami merasa kerjasama ini tidak hanya strategis
dilihat dari segi bisnis, namun lebih dari itu, hal ini juga sangat membantu peran kita, untuk
sama-sama meningkatkan pariwisata Indonesia hingga ke tingkat mancanegara.”
Jawa Timur Park Group berkomitmen untuk membuat taman hiburan yang dapat memperkaya
pengalaman pengunjung dengan berbagai edukasi dan hiburan yang menarik untuk semua
anggota keluarga. Saat ini Jawa Timur Park Group telah memiliki 12 theme park yang berlokasi
di Jawa Timur dan Jawa Barat, serta dilengkapi dengan 4 inventori hotel dan resorts. Taman ini
juga memiliki area terluas di Indonesia, yaitu 22 hektar yang terletak di area Kota Wisata Batu.
Selain itu, misi Jatim Park Group sebagai industri pariwisata terbesar di Jawa Timur, bahkan
Indonesia, dibuktikan dengan selalu menambah taman baru yang dilengkapi dengan
infrastruktur transportasi, dan meningkatkan kualitas pelanggan. Saat ini beberapa theme park
yang tergabung di Jawa Timur Park Group telah berhasil meraih berbagai penghargaan dari
sebuah institusi global. Diantararanya, The Secret Zoo dinobatkan menjadi #9 Best Destination
Sites di Asia pada tahun 2015, Eco Green Park meraih Certificate of Excellence tahun 2016,
Jawa Timur Park 2 memecahkan Rekor Muri saat mengumpulkan 125 mobil Mercedes-Benz,
dan masih banyak lagi.
“Kerjasama ini juga menandai pencapaian baru bagi Jawa Timur Park, untuk pertama kali dapat
melakukan pemasaran secara online hingga ke pasar mancanegara. Kami berharap, dengan
adanya informasi dan akses pemasaran Jawa Timur Park secara online di Traveloka dapat
memudahkan para pengunjung, dengan target keluarga wisatawan lokal dan asing yang tertarik
untuk mengunjungi taman rekreasi edukasi keluarga kami, dapat dengan mudah memperoleh
akses informasi seputar Jatim Park, hingga pemesanan tiket, yang akhirnya dapat menciptakan
momen yang tak terlupakan ketika berkunjung ke Kota Batu dan Malang,” sambung Ronny
Lebih lanjut mengenai kolaborasi strategis ini, Christian mengungkapkan, “Traveloka sangat
merasa terhormat, atas kepercayaan Jawa Timur Park Group mempercayakan kerjasama
strategis ini kepada kami. Kerjasama ini memaknai perjalanan baru bagi Jawa Timur Park Group
untuk dapat mempromosikan dan memasarkan bisnisnya secara online hingga ke
mancanegara.”
“Pengguna Traveloka yang saat ini berjumlah lebih dari 40 juta pengguna dan tersebar di Asia
Tenggara hingga Australia, hal ini merupakan potensi yang baik bagi Jawa Timur Park Group
untuk memberikan informasi seputar destinasi yang tersedia di dalamnya kepada pasar
mancanegara. Kami berharap dengan dibukanya akses informasi ini ke pasar Asia Tenggara,
dapat semakin meningkatkan minat masyarakat lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi
taman rekreasi ini, sehingga dapat memperkaya pengalaman berwisata mereka, “sambung
Christian.
Sementara itu, Rizki Handayani, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I
Kementerian Pariwisata Republik Indonesia juga menyatakan dukungannya terhadap
kerjasama strategis antara Traveloka Xperience dan Jawa Timur Park Group. “Kami sangat
menyambut baik inisiatif dari dua perusahaan besar Indonesia yang sudah berinisiatif untuk
berkolaborasi bersama. Hal ini secara tidak langsung juga akan membantu misi Indonesia untuk
mengundang sebanyak banyaknya wisatawan asing berkunjung ke Tanah Air. Kami harap
kedepannya Traveloka dapat terus berinovasi dalam kolaborasi strategisnya sehingga mampu
terus memberikan dukungan guna memajukan pariwisata di Indonesia serta menambah
destinasi wisata yang menarik untuk dapat dipromosikan ke mancanegara, seperti yang
direalisasikan oleh kolaborasi strategis antara Traveloka dan Jatim Park.” tutup Rizki.
Melalui kesepakatan kerjasama strategis ini, Traveloka dan Jatim Park Group akan terlibat
dalam upaya pengembangan produk, promosi, dan pemasaran yang termasuk di dalamnya:
● Inisiatif Pemasaran: Melalui serangkaian kolaborasi promosi pemasaran yang akan
dilakukan oleh Traveloka dan Jawa Timur Park Group, hal ini bertujuan untuk
memberikan pengalaman tak terbatas bagi para pengunjung.
● Customer Experience Innovation: Untuk memberikan pengalaman yang optimal,
Traveloka memberikan beragam kemudahan bagi para pengunjung, yakni instant
confirmation, instant issuance dan Easy Access agar para pengguna Traveloka dapat
lebih cepat dan nyaman ketika memasuki wahana tanpa harus khawatir antre dan
sebagainya. Tak lupa juga hadirnya PayLater sebagai salah satu fitur solusi
pembayaran cicilan yang aman dan nyaman bagi para pengguna.
● Product Innovation: Penyediaan inovasi produk khusus seperti menyediakan
fasilitas pemesanan secara online untuk semua aktivitas yang tersedia di dalam Jawa
Timur Park, contohnya seperti penyewaan pakaian tradisional, hingga jasa layanan
sesi foto dengan fotografer berpengalaman, dan masih banyak penawaran lainnya.
● Seamless Bundling dengan Traveloka Flight / Hotel: Sebagai discovery
platform, tentunya kolaborasi yang dilakukan juga tidak hanya sebatas penjualan tiket
akan tetapi melingkupi adanya penawaran paket liburan lengkap yang mencakup
transportasi atau tiket pesawat, hotel atau akomodasi hingga tiket masuk Jawa Timur
Park.
● Special Events: Kegiatan kolaborasi tak hanya berhenti pada penjualan tiket, ke
depannya akan banyak diadakan acara spesial atau aktivasi yang dilakukan di area
Jawa Timur Park sehingga dapat memperkaya pengalaman para wisatawan saat
mengunjungi Jawa Timur Park.
Diunduh lebih dari 40 juta kali, menjadikan Traveloka sebagai aplikasi penyedia produk
perjalanan dan gaya hidup yang semakin melengkapi kebutuhan penggunanya. Saat ini,
Traveloka Xperience memiliki inventori aktivitas dan rekreasi sebanyak lebih dari 10 ribu mitra
dan tersebar di 60 negara. Tak hanya menawarkan lebih dari 10 kategori produk gaya hidup,
Traveloka Xperience juga telah menyediakan lebih dari 40 pilihan metode pembayaran untuk
para penggunanya. Dengan kolaborasi strategis ini menunjukkan bahwa Traveloka Xperience
akan terus berinovasi dalam memberikan kemudahan dan inspirasi dalam melakukan
pemesanan produk aktivitas liburan dan gaya hidup secara online sehingga dapat memperkaya
pengalaman hidup para pengguna.
Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.