Categories

Mobile

10 Aplikasi Android Penunjang Produktivitas Kerja

Bambang Winarso - 26 May 2015

Tingginya tekanan kerja menuntut kita untuk mampu memanfaatkan sumber daya yang ada. Salah satunya memanfaatkan gadget sebagai penunjang produktivitas kerja. Apalagi di era Android, banyak pengembang kecil maupun besar menawarkan aplikasi untuk mendukung hal tersebut.

Berikut ini adalah 10 aplikasi Android penunjang produktivitas kerja yang berhasil dihimpun oleh redaksi TRL.

Microsoft Office Mobile

Microsoft sudah sejak lama dikenal sebagai pengembang piranti lunak yang menunjang pekerjaan kantoran. Lewat Microsoft Office Mobile, Microsft makin mengukuhkan diri sebagai yang rajanya. Lewat aplikasi ini pengguna dapat mengakses, meng-edit dan melihat kembali dokumen word, excel dan powerpoint di mana saja tanpa batas.

Microsoft Word

Secara khusus Microsoft menyiapkan aplikasi untuk membuat dokumen word baru melalui perangkat ponsel pintar dan tablet. Dengan aplikasi ini Anda dapat membuat dokumen baru, meng-edit dokumen, sekaligus membagikan ke atasan atau rekan kerja sambil melakukan pekerjaan lain, misalnya menemani kegiatan anak di hari ibu atau saat kelulusan.

Info Menarik: Mengelola Salinan Teks Jadi Lebih Mudah dengan Widget dari Paste+

Selain dokumen word, Anda juga bisa membuat dokumen excel atau powerpoint menggunakan aplikasi Microsoft Excel, PowerPoint dan sebagai pelengkap ada Microsoft Outlook.

GO Keyboard

Setelah memasang aplikasi perkantoran yang dibutuhkan, Anda juga butuh aplikasi keyboard yang handal agar mengetik menjadi lebih cepat dan tidak banyak typo. Nah, di Play Store sih ada banyak pilihan. Tapi GO Keyboard punya keunggulan tersendiri yang membuatnya jadi salah satu penghuni daftar teratas aplikasi keyboard favorit.

Adobe Acrobate Reader

Bagi pekerja kantoran, menerima dokumen dalam format PDF sudah jadi makanan sehari-hari. Tapi jika ponsel pintar tidak dipasang aplikasi pembacanya, hal lumrah ini bisa jadi malapetaka. Oleh karena itu, jangan lupa pasang aplikasi PDF reader dari Adobe ini.

Dropbox

 

Dropbox berguna sekali untuk menyimpan berbagai file yang berkaitan dengan pekerjaan atau pribadi sekalipun. Anda bisa manfaatkan fitur dan ruang penyimpanan gratisnya untuk berbagai keperluan dan membagikannya ke rekan kerja. Dengan aplikasi ini Anda tidak butuh lagi yang namanya flash disk atau hard disk eksternal.

Info Menarik: [NgulikApps] Call Recorder, Aplikasi untuk Merekam Percakapan Telepon

Google Drive

Pilihan lainnya, Anda bisa pakai aplikasi Google Drive yang kurang lebih menawarkan fitur yang serupa. Tetapi di Google Drive Anda bisa membuka berbagai dokumen word, PDF dan excel tanpa harus menjalankan aplikasi lain. Aplikasi ini paling pas dipasangkan dengan Google Docs, Google Sheets dan Google Slides.

Yahoo Mail!

Email masih jadi semacam tempat kerja kedua setelah kantor. Melalui email seluruh anggota organisasi saling berinteraksi satu sama lain. Lewat email mereka saling mengirimkan perkembangan terbaru, dokumen, delegasi dan lain-lain.

myMail

myMail juga aplikasi email, bedanya di aplikasi ini Anda bisa menghubungkan semua akun email dari yang gratis hingga yang berbayar. Keuntungannya Anda dapat menghemat waktu dan juga membuat ponsel bekerja dengan ringan sebab cukup dengan satu aplikasi sudah bisa mengakses semua akun email.

Wunderlist: To-Do List & Tasks

Sehebat apapun daya ingat Anda, tidak akan mampu menandingi aplikasi yang satu ini. Aplikasi pencatat jadwal kegiatan ini dijamin akan membantu Anda mengingat jadwal kerja, meeting, presentasi dan kegiatan lainnya secara cerdas.

Info Menarik: Click Wheel Hadirkan Desain Kontrol ala iPod Classic pada iOS Keyboard

Dengannya Anda tidak perlu harus mengingat kegiatan satu per satu. Fiturnya juga lengkap, dengan integrasi yang pintar Anda dapat mengakses jadwal yang sama lewat perangkat yang berbeda. Anda juga bisa berbagi jadwal dengan rekan kerja sekantor.

Skype - free IM & video calls

Meeting di era modern sekarang tidak harus dihadiri secara langsung. Banyak perusahaan dan startup memanfaatkan teknologi untuk menjangkau seluruh anggota organisasinya. Skype adalah tool yang paling sering digunakan, aplikasi ini mudah, reliable dan juga gratis.

Anda bisa mengaktifkan fitur video call untuk saling bertatap muka, atau hanya suara guna memastikan sambungan tetap stabil. Toh, yang penting adalah ide yang Anda keluarkan, bukan ekspresi.

Done! Itu dia 10 aplikasi Android yang dapat membantu Anda untuk tetap produktif di bawah tuntutan kerja yang makin berat.

Sumber gambar header Shutterstock.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter