3 February 2015

by Bambang Winarso

10 Aplikasi Android Yang Wajib Dimiliki Jika Anda Baru Pertama Kali Membeli Smartphone

Selamat ya, Anda baru saja membeli smartphone Android baru! Pengalaman pertama ini tentu sangat menyenangkan. Tapi perlu diketahui bahwa membeli smartphone baru langkah permulaan. Perangkat Anda butuh aplikasi, begitupun Anda. Aplikasi apa saja? Ini dia selengkapnya 10 aplikasi android yang wajib dimiliki.

WhatsApp

Aplikasi wajib instal yang pertama adalah WhatsApp. Kenapa harus WhatsApp? Karena sebagian besar pengguna menggunakan aplikasi ini. Angka pengguna aktif per bulan WhatsApp mencapai 700 juta orang. Masa Anda tidak mau jadi salah satunya? Jika tidak suka WhatsApp Anda boleh memasang LINE, WeChat, Viber atau KakaoTalk.

 

Info Menarik:Menjadi Pemburu Hantu dengan ‘Sesajen’ Digital Bernama GhostArk

 

BBM

Jangan lupakan BBM alias BlackBerry Messenger. Aplikasi yang dulunya hanya bisa digunakan oleh pemilik smartphone BlackBerry ini sekarang sudah bisa Anda cicipi. Jadi, jangan sampai kelupaan ya.

Facebook

Kalau aplikasi yang satu ini pastinya tidak akan terlupakan. Bahkan beberapa pengguna baru smartphone menjadikan Facebook sebagai salah satu alasan terbesar untuk membeli smartphone. Aplikasi ini bisa jadi pengganti desktop, jadi sobat tidak perlu ke warnet lagi. Sekalian pasang aplikasi Twitter, Instagram dan Path.

 

Info Menarik:Mari Ukur Apakah Si Dia Benar-Benar Kawan Sejati Dengan Pplkpr

 

Messenger

Aplikasi buatan Google ini berfungsi menggantikan aplikasi SMS bawaan. Lebih enak, rapi dan mudah saat harus memilih kontak yang dituju.

Clean Master

Aplikasi ini memiliki banyak kegunaan, antara lain untuk menghapus cache, membuat backup, menghapus foto duplikat, menghapus data-data sisa aplikasi yang dicopot, menghapus aplikasi tak penting, memindahkan aplikasi ke memori eksternal, dan lain-lain. (Baca fitur penting Clean Master ditautan ini)

CM Security

Aplikasi ini dibuat oleh pengembang Clean Master, fitur-fiturnya antara lain mencegah malware di peramban, mencegah eksploitasi virus di pesan singkat dan melacak apabila perangkat hilang. (Cara melacaknya bisa Anda baca di artikel ini.)

 

Info Menarik:Sony Jual Sony Online Entertainment

 

Dodol Launcher

Anda pastinya ingin tampilan smartphone lebih enak dipandang. Jika iya, Dodol Launcher bisa jadi pilihan. Aplikasi ini akan mengubah tampilan home, menu dan juga perilaku perangkat. Ada ribuan tema yang bisa Anda pergunakan dengan cuma-cuma. (Panduan lengkapnya bisa Anda baca di artikel keren ini)

Swifkey Keyboard

Aplikasi ini gunanya untuk menggantikan keyboard bawaan yang monoton dan kurang smart. Swiftkey ini lebih akurat, mendukung bahasa Indonesia dan juga tersedia berbagai macam tema menarik. (Kalau bingung cara pasangnya, baca di artikel ini)

YouTube

Menonton video streaming sambil bersantai atau serius pun sama asyiknya jika ditemani oleh aplikasi YouTube. Di aplikasi ini Anda bisa menjelajah jutaan video yang diunggah oleh pengguna. Anda pun bisa lho mengunggah video buatan sendiri.

 

Info Menarik:[Panduan Pemula] Cara Membuat Grafik di Microsoft Excel 2007

 

Camera360 Ultimate

Aplikasi ini selain akan menggantikan kamera standar juga bisa digunakan untuk meng-edit foto supaya terlihat lebih menarik. Asyik digunakan di saat-saat senggang atau di akhir pekan sambil melepas penat.

Itu dia 10 aplikasi Android yang wajib Anda miliki, beberapa aplikasi lain boleh ditambahkan untuk melengkapi yang sudah ada. Tapi jangan terlalu banyak, sebab perangkat Anda nantinya justru terbebani yang berakibat pada melambannya performa.