10 Game Terpopuler di Twitch Saat Ini

League of Legends jadi game yang paling sering ditonton di Twitch

Walau tak terlalu populer di Indonesia, Twitch masih menjadi platform streaming nomor satu di dunia. Setiap bulan, para penonton Twitch bisa menghabiskan waktu hingga ratusan juta jam untuk menonton para gamer profesional saling bertanding atau menonton streamer. Channel paling populer Twitch bisa mendapatkan penghasilan hingga puluhan ribu dollar dari sponsor, donasi dari penonton, atau biaya berlangganan. Biasanya, channel paling populer di Twitch hanya fokus pada sejumlah game yang memang sedang populer. Meskipun begitu, game-game yang paling sering ditonton di Twitch biasanya berubah.

Inilah 10 game yang paling populer di Twitch, menurut laporan dari Business Insider.

1. League of Legends, total jam ditonton: 125,65 juta jam Tahun ini, Riot merayakan ulang tahun League of Legends yang ke-10. Salah satu cara Riot untuk merayakan hal ini adalah dengan memamerkan beberapa adaptasi dari League of Legends, mulai dari fighting game, card game, sampai mobile game. League of Legends World Championship juga baru selesai dengan FunPlus Phoenix sebagai juara. Pada Oktober, jumlah penonton League of Legends naik 62 persen jika dibandingkan dengan September. Memang, Riot menjalankan LWC dengan format sedemikian rupa sehingga jumlah penonton bisa terus stabil sepanjang turnamen.

2. Fortnite, total jam ditonton: 79,1 juta jam Epic Games meluncurkan Fortnite pada 2017. Meskipun game ini bukan game battle royale pertama, tapi ia dengan cepat menjadi populer. Pada Oktober 2019, Epic merilis update besar-besaran pertama, "Chapter 2". Berkat update ini, jumlah viewership untuk Fortnite di Twitch naik 31 persen pada Oktober jika dibandingkan dengan jumlah viewership pada September. Sekarang, Fortnite memang masih menjadi salah satu game yang paling ditonton, tapi ia sempat merosot ke posisi empat pada pada September.

Sumber: Epic Games

3. Just Chatting, total jam ditonton: 68,4 juta jam Pada Agustus 2019, memang mulai terlihat tren semakin populernya fitur Just Chatting. Seperti namanya, dalam sesi Just Chatting, biasanya streamer sekadar mengobrol dengan para penonton atau menunjukkan kehidupan mereka di dunia nyata. Terkadang, streamer juga bisa menggunakan sesi Just Chatting untuk membuka diskusi tentang sebuah kejadian yang ramai dibicarakan.

4. Counter-Strike: Global Offensive, total jam ditonton: 44,77 juta jam CS:GO diluncurkan pada 2013. Meskipun game ini sudah cukup tua, CS:GO masih cukup digemari. Belum lama ini, CS:GO bahkan mencetak rekor baru dalam jumlah rata-rata pemain. Meski jumlah pemain CS:GO sempat mengalami penurunan, Valve berhasil membuat game ini kembali diminati dengan membuatnya menjadi game gratis pada 2018. Mengingat CS:GO juga memiliki berbagai turnamen esports, tidak heran jika game ini menjadi salah satu game yang paling sering ditonton di Twitch.

5. Grand Theft Auto V, total jam ditonton: 36,89 juta jam Sejak diluncurkan pada 2013, Grand Theft Auto V berhasil menjadi salah satu game paling laris dengan penjualan mencapai 115 juta copy. Gameplay yang memungkinkan para pemain untuk melakukan apapun yang mereka inginkan juga membuat game ini menarik untuk ditonton.

Sumber: Steam

6. World of Warcraft, total jam ditonton: 36 juta jam Pada September 2019, World of Warcraft menjadi game terpopuler di Twitch berkat "WoW Classic", yang menampilkan gameplay game ini pada 2006. Peluncuran WoW Classic ditonton oleh lebih dari satu juta orang pada saat bersamaan. Popularitas game ini juga sempat naik karena perayaan ulang tahun franchise World of Warcraft yang ke-15.

7. Dota 2, total jam ditonton: 30 juta jam Dota 2 adalah salah satu game PC paling populer dengan jutaan pemain. Selain itu, Dota 2 juga memiliki berbagai turnamen esports dengan The International sebagai turnamen tahunan paling bergengsi. Karena itu, setiap bulan, cukup banyak penonton Twitch yang menonton konten Dota 2.

8. Apex Legends, total jam ditonton: 26,6 juta jam Apex Legends dari EA adalah salah satu game paling populer tahun ini. Game ini juga masih bisa menarik perhatian penonton Twitch beberapa bulan setelah ia dirilis. Sama seperti Fortnite, Apex Legends merupakan game battle royale. Biasanya, satu match akan berlangsung selama sekitar 20 menit. Ini memudahkan penonton untuk mencerna konten yang disajikan.

Sumber: EA

9. FIFA 20, total jam ditonton: 26,6 juta jam Dirilis September 2019, FIFA 20 adalah game terbaru dari seri FIFA. Biasanya, para penonton di Twitch tertarik untuk menonton para pemain FIFA profesional saling bertanding dengan satu sama lain. Di Indonesia, FIFA adalah salah satu game esports yang paling dikenal. Tak hanya itu, Indonesia juga memiliki sejumlah atlet esports yang bertanding FIFA, seperti Eggsy dari RRQ yang memenangkan IGL FIFA 19 FUT pada Agustus lalu.

10. Call of Duty: Modern Warfare, total jam ditonton: 2,69 juta jam Jika dibandingkan dengan sembilan game lainnya, total jam ditonton dari Call of Duty: Modern Warfare memang jauh lebih sedikit. Tidak heran, karena game ini baru diluncurkan pada akhir Oktober. Meskipun begitu, para penonton Twitch tertarik untuk menonton konten game Call of Duty terbaru ini untuk melihat gameplay dari game tersebut.