16 January 2015

by Glenn Kaonang

10 Iklan Paling Populer Versi YouTube Indonesia

YouTube, seperti yang kita ketahui, merupakan situs berbagi video paling populer saat ini. Popularitasnya seakan tidak bisa dibendung oleh situs-situs serupa. Setiap harinya, tidak terhitung berapa jumlah video yang diunggah ke YouTube. Lalu bagaimana Google, selaku pemilik YouTube, dapat menampung semua video tersebut di dalam servernya?

Biaya operasional server tidaklah murah, apalagi dalam skala sebesar YouTube. Google memperoleh pendapatannya melalui iklan, dan metode serupa juga diterapkan di YouTube, dimana banyak vendor dari bermacam industri menitipkan video-video iklan untuk diputar di YouTube.

Metode ini tidak hanya menguntungkan pihak Google saja, namun juga sang pengiklan. Di tahun 2014 kemarin, pengadopsian tren penyampaian pesan dalam bentuk digital ini juga semakin besar. Berdasarkan data yang diberikan Google Indonesia, 8 dari 10 iklan paling populer di YouTube.co.id tahun 2014 berasal dari Indonesia – angka ini meningkat dua kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2013.

 

Info menarik: Yuk Tonton 20 Video YouTube Terpopuler di Indonesia Tahun 2014 Ini!

 

Dua posisi teratas ditempati oleh video iklan milik Nike Global dan Ooredoo yang keduanya diluncurkan saat Piala Dunia 2014 sedang berlangsung – tidak heran, mengingat masyarakat Indonesia sendiri tergolong amat gila bola.

Di posisi ketiga, hadir video iklan dari LINE yang menyajikan sekuel mini dari film Ada Apa Dengan Cinta. Yang mengejutkan bukan hanya popularitas dari video iklan ini, namun bagaimana ia juga mampu merebut perhatian penonton hingga lebih dari 10 menit hanya demi menyaksikan sebuah video yang sejatinya ditujukan untuk aspek promosi.

Tema humor sejatinya merupakan cara efektif dalam mempromosikan sesuatu, seperti yang dapat kita lihat dari video kreasi Bank Mandiri, yakni Cuci Mobil Gratis yang ingin mengajak generasi muda Indonesia untuk memulai usahanya sendiri.

Country Director Google Indonesia, Rudy Ramawy, menyampaikan bahwa masyarakat kini memperhatikan video-video iklan di YouTube secara saksama dan menggunakan jejaring sosial sebagai media untuk membagikan video-video tersebut ke rekan-rekannya.

Tren digital ini tidak hanya bisa dimanfaatkan para marketer untuk mengambil keuntungan, namun juga merupakan bentuk kebanggaan bahwa konten-konten lokal bisa sukses memenangkan pemirsanya di rumahnya sendiri.

 

Info menarik: Ini Dia 5 Trailer Video Game Paling Keren

 

Berikut adalah daftar 10 iklan paling populer di YouTube.co.id sepanjang tahun 2014 yang dirilis oleh Google Indonesia: 1. Nike Football: The Last Game ft. Ronaldo, Neymar Jr., Rooney, Zlatan, Iniesta & Iniesta & more 2. Simply Do Wonders: The Full Story with Ooredoo and Leo Messi 3. LINE ­ Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2014 (Mini Drama) 4. Video Lucu | Cuci Mobil Gratis 5. (TVC) KakaoTalk Plus Friend with JKT48 6. Raisa ­ Pure Fresh Day 7. Samsung GALAXY Note 4: Harmoni with Andi Riyanto 8. Keluarga Chevrolet, Gelombang Kenangan ­ Episode 1 9. Clean & Clear Me VS My Skin 10. Video Lucu Danang Darto Nunggu Buka 2014 #im3play24jam