13 January 2016

by Glenn Kaonang

Yuk Tonton 10 Iklan YouTube Terpopuler di Indonesia Tahun 2015

Usung tema musik dan komedi, serta menyesuaikan dengan tren dan minat masyarakat terkini

Sama seperti tahun lalu, Google kembali mengumumkan daftar iklan YouTube yang paling berkesan di mata netizen tanah air selama separuh babak akhir tahun 2015 (Juli - Desember). Dari sekian banyak iklan yang ditampilkan, sepuluh yang masuk dalam daftar ini merupakan yang dinilai paling kreatif.

  1. Oreo Penuh Keajaiban
  2. Nestle KitKat - Mentok The Legend: Pendekar Golok Emas
  3. Permohonan Maaf CEO Bukalapak.com
  4. LINE: Let's Get Rich x JKT48
  5. Hewan lucu ini menjelajah berbagai hal dengan UC Browser!
  6. Misteri Hilangnya Kompas TV x Raditya Dika
  7. Samsung Galaxy Note5: Official Introduction
  8. Emirates: #HelloJetman
  9. K-FOOD Mini Drama: "Lunch Box" Episode 1
  10. Traveloka: Kisah Tentang Bejo

Dua tema utama yang diusung kebanyakan adalah musik dan komedi. Ambil contoh iklan KitKat dari Nestle, yang memadukan setting lawas film kung fu yang sedang ngetren dengan realita modern seperti menumpang angkot serta memakai smartphone untuk mendapatkan petunjuk arah.

Sementara untuk tema musik, iklan Oreo yang menduduki posisi paling atas berhasil memadukan animasi kartun yang menyenangkan dengan lirik seputar persahabatan.

Selain terbukti kreatif, iklan-iklan di atas juga berhasil mendulang popularitas karena disesuaikan dengan minat masyarakat. 6 dari 10 iklan yang masuk dalam daftar di atas memiliki ciri Indonesia. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa brand pengiklan semakin paham selera masyarakat tanah air.

Seberapa menarik sebenarnya iklan-iklan di atas di mata para netizen? Untuk itu, kita bisa melihat berapa lama waktu yang mereka habiskan dalam menonton iklan-iklan tersebut. Menurut Google, 8 dari 10 orang menghabiskan kurang lebih satu menit. Tapi tidak sedikit pula yang terikat selama delapan menit menonton mini drama buatan institusi pemerintahan Korea dan Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corp.

Kok bisa? Lagi-lagi kembali ke minat masyarakat. Drama TV Korea maupun musik K-Pop sendiri memang sangat menjamur di tanah air, sehingga tidak mengejutkan apabila mereka betah berlama-lama menonton sebuah iklan yang bahkan bukan berasal dari negaranya sendiri, apalagi kalau kisahnya tentang percintaan dan makanan.

Gambar header: YouTube via Shutterstock.