Dalam tips DailySocial kali ini, wirausahawan muda Lithuania, yang juga pendiri majalah online untuk pengusaha desain Despreneur Tomas Laurinavicius, merangkum 10 tips ampuh yang bisa diterapkan jika di tahun 2016 nanti Anda berencana untuk mendirikan startup atau berencana untuk merilis startup Anda.

Rangkuman tips ini merupakan hasil pengamatan Tomas selama ia menjadi freelancer dan bekerja di perusahaan ternama. Diharapkan tips yang dibagikan bisa membantu para Founder terhindar dari kesalahan dan tentunya bisa menghemat waktu dan uang.

Membangun tim yang solid

Ketika ide yang fantastis telah Anda temukan, hal selanjutnya yang mempengaruhi keberhasilan sebuah startup adalah tim yang solid. Lakukan proses perekrutan dengan tepat, cari tahu apa yang memotivasi tim Anda sehingga tercipta hubungan yang baik, bentuk tim yang mampu berkolaborasi dengan baik dan tentunya bisa memberikan kontribusi yang prima untuk kemajuan startup Anda.

Investasi ke desain

Visual yang diterapkan dengan baik akan menjadi faktor 90% tentang bagaimana produk Anda akan diterima. Untuk itu investasikanlah tenaga, inovasi, dan tentunya dana yang Anda miliki dalam hal pembuatan desain. Seperti ditegaskan Steve Jobs, desain yang baik bukan hanya dilihat dari tampilan yang bagus dan kecanggihan yang ditawarkan, melainkan bagaimana desain itu bekerja dengan baik.

Menciptakan produk yang menjual

Pada dasarnya adalah bisnis merupakan konsep yang sederhana. Jika Anda bisa menawarkan solusi atas kendala yang dimiliki oleh konsumen, secara otomatis konsumen Anda akan rela mengeluarkan uang untuk membayar. Menjadi hal yang penting untuk mencari tahu dengan benar produk yang dibutuhkan konsumen.

Menjalani proses yang ada

Sebagian besar wirausahawan baru ingin melakukan dalam waktu cepat besar dan viral, Hal tersebut bisa berakibat buruk karena terkesan terlalu tergesa-gesa. Hormati proses yang ada, jalankan product-market fit, dan lakukan trial-and-error hingga menemukan formula yang tepat, fitur yang sesuai, dan layanan yang diinginkan oleh calon pelanggan Anda. Jika semua hal tersebut sudah Anda terapkan, ketika saatnya untuk scale up hal tersebut bisa Anda jalankan dengan lancar.

Membuat fitur yang sederhana dan berkualitas

Kesalahan lain yang kerap dilakukan oleh wirausahawan baru adalah membuat produk dengan fitur-fitur tambahan yang banyak jumlahnya. Hal ini baiknya dihindari karena idealnya adalah fitur yang sedikit jumlahnya namun berkualitas, jauh lebih menguntungkan, dan tentunya berpotensi untuk dijual. Yang perlu diingat adalah fokuskan kepada hal-hal yang detil namun memiliki kualitas yang prima.

Fokus ke pasar yang luas dengan pendekatan yang unik

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menarik perhatian konsumen adalah produk yang unik dengan target pasar yang luas. Contohnya adalah aplikasi akunting namun khusus untuk profesi tertentu, misalnya make up artist, perancang busana, dan lainnya. Produk Anda tetap bersifat umum namun target pasar yang dibidik lebih fokus dan tentunya unik.

Validasi

Produk yang baik adalah produk yang telah dilakukan uji coba kepada konsumen dan tentunya dapat diterima dengan baik. Lakukan validasi di awal proses pengembangan dan buktikan kepada publik bahwa produk Anda mampu untuk menuntaskan masalah dan memberikan solusi yang dibutuhkan oleh konsumen. Lebih baik melakukan investasi saat melakukan validasi serta memperbaiki kegagalan daripada berinvestasi di produk yang ada tanpa validasi namun tidak ada konsumen yang ingin menggunakan produk Anda.

Bersabar

Dibutuhkan setidaknya 3-5 tahun untuk melihat tanda-tanda kesuksesan dan produk yang Anda miliki. Dalam kurun waktu tersebut Anda sebagai Founder dituntut untuk mengembangkan produk, membentuk tim, mendengarkan feedback dari konsumen, menganalisis target pasar, melakukan penjualan dan pemasaran, melebarkan jaringan, melakukan pitching terhadap ide yang dimiliki, dan tentunya belajar dari kesalahan serta berusaha untuk memperbaikinya.

Menciptakan kultur perusahaan

Kultur perusahaan yang dinamis mempengaruhi kinerja dari tim yang tentunya mendukung kemajuan dari startup Anda. Untuk itu bangunlah kultur perusahaan yang ada sebaik mungkin, ciptakan nuansa kolaborasi dengan anggota tim Anda secara efektif dan fleksibel, dan bangunlah suasana kerja yang mendukung Anda dan tentunya anggota tim Anda setiap harinya.

Membuat produk untuk kepentingan orang banyak

Produk startup yang baik adalah produk yang mampu membantu kepentingan orang banyak serta membuat kehidupan dan tentunya lingkungan sekitar menikmati keuntungan serta efek yang dihasilkan. Untuk itu buatlah produk yang baik dan bermanfaat bukan hanya untuk Anda, melainkan juga lingkungan sekitar dan tentunya orang banyak.