Categories

Gadget

10 TWS dengan Fitur Active Noise Cancellation yang Bisa Dibeli di Indonesia

Blokir suara sekitar yang mengganggu konsentrasi, baik itu di rumah sendiri atau di tempat umum

Glenn Kaonang - 6 April 2021

Ketika hendak membeli sebuah true wireless stereo alias TWS, kriteria apa saja yang Anda prioritaskan? Apakah kualitas suaranya? Desain dan kenyamanannya? Ketahanan baterainya? Atau adanya fitur-fitur pelengkap seperti active noise cancellation (ANC) maupun transparency mode?

Semua orang tentu punya preferensinya sendiri-sendiri. Namun tidak bisa dipungkiri, semakin ke sini keberadaan fitur ANC semakin dicari oleh konsumen. Jadi dengan hanya menekan sebuah tombol, suara-suara di sekitar akan dieliminasi sehingga pada akhirnya kita bisa hanyut dalam alunan musik.

Pandemi atau tidak, ANC menurut saya tetap relevan. Di saat pandemi seperti sekarang, ANC merupakan cara termudah untuk menjaga konsentrasi di tengah ramainya kediaman masing-masing. Lalu ketika pandemi sudah berakhir dan kita sudah kembali ke rutinitas awal, ANC pun jadi semakin berguna karena kita pasti akan kembali berhadapan dengan hiruk pikuk di tempat umum.

Singkat cerita, tidak ada ruginya menyisihkan dana ekstra untuk menggaet TWS yang dibekali ANC ketimbang yang tidak dibekali fitur tersebut. Kalau Anda butuh referensi, berikut adalah 10 TWS dengan active noise cancellation yang bisa dibeli di Indonesia saat ini.

Apple AirPods Pro

Pilihan terbaik bagi para pengguna iPhone, AirPods Pro tak hanya menawarkan sistem ANC yang efektif, melainkan juga desain yang lebih ergonomis ketimbang AirPods versi standar. Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ANC-nya, pengguna hanya perlu menekan bagian tangkainya, atau bisa juga melalui Control Center di iPhone atau iPad.

Dalam sekali charge, baterai AirPods Pro bisa tahan hingga 4,5 jam (dengan ANC aktif), dan charging case-nya bisa menyuplai lebih dari 24 jam daya ekstra. Bodinya sendiri tahan cipratan air dengan sertifikasi IPX4.

Link pembelian: iBox Official Shop (Shopee) — Rp4.199.000

Samsung Galaxy Buds Pro

TWS terbaru Samsung yang diperkenalkan bersama Galaxy S21 Series, Galaxy Buds Pro hadir dengan desain yang lebih konvensional ketimbang Galaxy Buds Live, membuatnya lebih cocok di telinga lebih banyak konsumen. ANC dan transparency mode sudah pasti tersedia, namun yang tidak kalah menarik adalah fitur Voice Detect, yang akan mengecilkan volume secara otomatis ketika pengguna terdeteksi sedang berbicara.

Untuk baterainya, Buds Pro diklaim bisa tahan sampai 5 jam penggunaan (ANC aktif), atau total 18 jam kalau ditotal dengan tambahan daya dari charging case-nya. Semua itu dikemas dalam rangka yang tahan air (IPX7).

Link pembelian: Samsung Mobile Indonesia (Tokopedia) — Rp2.999.000

Sony WF-1000XM3

Diluncurkan di pertengahan tahun 2019, Sony WF-1000XM3 memang tidak bisa dibilang baru lagi, tapi itu bukan berarti ia sudah tidak layak untuk dibeli. Guna mewujudkan isolasi suara yang efisien, Sony menyematkan chip khusus yang didedikasikan untuk fitur ANC, sekaligus yang mencakup sebuah DAC (digital-to-analog converter) dengan kapabilitas pengolahan audio beresolusi 24-bit.

Baterainya tergolong awet, bisa tahan sampai 6 jam dalam sekali pengisian. Charging case-nya yang berukuran cukup bongsor bisa mengisi penuh perangkat sampai tiga kali (18 jam). Satu hal yang perlu diingat, pengguna TWS ini harus lebih berhati-hati karena perangkatnya tidak dirancang tahan air.

Link pembelian: Sony Audio Official (Tokopedia) — Rp2.399.000

Bose QuietComfort Earbuds

Kurang afdal rasanya membahas soal noise cancelling tanpa menyebut salah satu pionir teknologinya, dan Bose sejak tahun lalu sudah membawanya ke ranah TWS lewat Bose QuietComfort Earbuds. Intensitas ANC di perangkat ini bisa diatur dengan 11 tingkatan yang berbeda, mulai dari yang paling kuat sampai yang paling minimal sehingga suara-suara dari luar masih bisa masuk.

Secara desain, TWS ini juga terkesan unik berkat semacam sirip kecil yang berfungsi untuk menambah kestabilannya selagi dikenakan, dan fisiknya secara keseluruhan tahan air dengan sertifikasi IPX4. Untuk baterainya, Bose mengklaim daya tahan hingga 6 jam pemakaian, atau total 18 jam kalau digandengkan bersama charging case-nya.

Anda bilang AirPods Pro mahal? Well, tidak ada apa-apanya jika dibanding TWS yang satu ini.

Link pembelian: Bose Official (Tokopedia) — Rp5.490.000

Jabra Elite 85t

Seperti halnya Sony WF-1000XM3 tadi, Jabra Elite 85t turut mengemas chip khusus yang bertugas menangani fitur ANC. Ia pun juga mirip dengan penawaran dari Bose berkat kemudahan mengatur intensitas ANC dari 11 tingkatan yang berbeda. Lalu jika dibandingkan dengan produk dari generasi sebelumnya, Elite 85t menjanjikan kualitas suara yang lebih baik berkat driver berdiameter dua kali lebih besar.

Dengan ANC menyala terus, baterainya diperkirakan bisa tahan sampai sekitar 5,5 jam pemakaian, sedangkan charging case-nya menyimpan sekitar 19,5 jam daya ekstra. Ketahanan fisiknya sendiri dijamin oleh sertifikasi IPX4.

Link pembelian: Jabra Official Store (Tokopedia) — Rp2.959.000

Audio-Technica ATH-ANC300TW

Nama Audio-Technica mungkin lebih dikenal di kalangan profesional yang bekerja di industri rekaman ketimbang konsumen umum, namun itu bisa menjadi indikasi akan karakter suaranya yang mendetail. Di ATH-ANC300TW, legasi tersebut dikawinkan dengan fitur ANC tiga tahap, serta tentu saja kepraktisan yang ditawarkan form factor TWS.

Bodinya tahan cipratan air maupun keringat dengan sertifikasi IPX2. Ketimbang mengandalkan panel sentuh, pengoperasiannya masih menggunakan tombol fisik (bisa dianggap kelebihan atau kekurangan, tergantung preferensi masing-masing). Dalam sekali pengecasan, TWS ini bisa beroperasi hingga 4,5 jam nonstop, sedangkan charging case-nya siap menyuplai 13,5 jam daya ekstra.

Link pembelian: Audio-Technica Official (Tokopedia) — Rp2.690.000

1More True Wireless ANC

1More membangun reputasinya lewat deretan earphone yang mengemas konfigurasi dual driver atau bahkan triple driver, dan TWS ini pun tidak terkecuali. Ketimbang hanya mengemas dynamic driver saja, masing-masing earpiece milik 1More True Wireless ANC turut mengusung satu driver ekstra yang berjenis balanced armature.

Konfigurasi yang tidak umum itu kemudian dikawinkan dengan fitur ANC, ditambah lagi baterai dengan daya tahan selama 5 jam pemakaian (21 jam kalau digabungkan bersama charging case-nya). Wujudnya terbilang ringkas, tapi sayang tidak ada sertifikasi ketahanan air.

Link pembelian: 1More Official Store (Tokopedia) — Rp2.399.000

Razer Hammerhead True Wireless Pro

Membawa nama Razer berarti perangkat ini harus bisa memenuhi kebutuhan para gamer, dan itu diwujudkan lewat fitur Gaming Mode, yang dapat diaktifkan dengan satu sentuhan untuk menurunkan latency-nya hingga menjadi 60 milidetik, memastikan audio dan video yang tersaji bakal selalu sinkron.

Di samping menawarkan ANC, Razer Hammerhead True Wireless Pro juga unik karena mengusung sertifikasi THX. Di setiap charge, baterainya bisa tahan sampai 4 jam pemakaian, sedangkan charging case-nya bisa mengisi ulang sampai empat kali (16 jam).

Link pembelian: Razer Store (Tokopedia) — Rp3.249.000

OPPO Enco X

Dikembangkan bersama brand audio terkemuka asal Denmark, Dynaudio, OPPO Enco X mengemas konfigurasi dual driver yang terdiri dari magnetic balanced membrane driver dan dynamic driver, ditambah lagi dukungan Low-Latency High-Definition Audio Codec (LHDC) untuk streaming audio dalam resolusi yang lebih tinggi.

ANC dan transparency mode merupakan fitur standar pada Enco X, demikian pula ketahanan air dan debu dengan sertifikasi IP54. Selagi baterainya terisi penuh, Enco X dapat digunakan sampai sekitar 4 jam dengan ANC aktif di mode yang paling intens, atau sampai 20 jam kalau ditotal dengan suplai daya dari charging case-nya.

Link pembelian: OPPO Indonesia Official Store (Shopee) — Rp2.199.000

Huawei Freebuds 4i

Dibandingkan TWS lain dalam artikel ini, Huawei Freebuds 4i punya kelebihan di dua aspek: daya tahan baterai dan harga. Jadi meski ANC-nya dinyalakan terus, baterainya mampu bertahan hingga 7,5 jam pemakaian. Kalau dimatikan, daya tahan baterainya malah bisa mencapai angka 10 jam, atau 22 jam jika digabung bersama charging case.

Urusan harga, banderol Rp999.000 yang dibawanya tentu terdengar sangat menggiurkan, terutama mengingat TWS dengan ANC biasanya dijual dengan harga di atas 2 juta rupiah. Secara fisik, TWS ini juga termasuk tangguh dengan ketahanan air IP54.

Link pembelian: Huawei Official Store (Tokopedia) — Rp999.000

Gambar header: Depositphotos.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter