10 Usaha Sampingan Produktif di Rumah 2022

Jika kamu sedang mencari peluang untuk melakukan usaha atau pekerjaan di rumah dengan modal kecil dan cocok bagi pemula, ini adalah artikel yang cocok untuk kamu.

Pandemi banyak sekali mengubah tatanan kehidupan masyarakat. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sangat dirasakan dampaknya terhadap lingkungan bisnis. Perusahaan-perusahaan yang tidak mampu bertahan dengan berbagai hadangan di masa pandemi dengan terpaksa melakukan layoff –pemberhentian sementara– karyawan.

Usaha sampingan mungkin akan jadi solusi yang pas untuk menambah tabungan kita dalam menghadapi kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi. Apakah kamu saat ini sedang memiliki pekerjaan dan ingin memiliki sumber pemasukan lain? Atau kamu ingin suatu pekerjaan ringan yang dapat dilakukan setelah pekerjaan utama? Jika kamu sedang mencari peluang untuk melakukan usaha atau pekerjaan di rumah dengan modal kecil dan cocok bagi pemula, ini adalah artikel yang cocok untuk kamu.  

10 Usaha Sampingan Produktif di Rumah

Bisnis sampingan dewasa ini banyak sekali yang dapat dilakukan secara mandiri dan tanpa maintenance yang kompleks di rumah. Dengan zaman yang serba digital, kemudahan dalam mencari peluang usaha sampingan di rumah pun semakin besar. Berikut ini berbagai rekomendasi pekerjaan maupun usaha sampingan di rumah yang dapat kamu lakukan di sela kesibukan kamu. 

Menjadi Bagian Affiliate Marketing

Ilustrasi affiliate sebagai usaha sampingan di rumah | Pexels

Afiliasi atau program affiliate adalah salah satu aktivitas pemasaran dalam perusahaan di mana seseorang yang bergabung dalam program affiliate akan mendapat komisi ketika berhasil mempromosikan produk atau layanan tertentu. Akhir-akhir ini program affiliate marak berlangsung dalam perusahaan e-commerce ternama, Shopee. Banyak kalangan masyarakat baik itu pelajar, mahasiswa, jobseeker, maupun pekerja yang ikut serta dalam program marketing ini.

Selain mudah dan dapat dilakukan di mana saja, program affiliate juga terbukti mampu memberikan penghasilan yang lumayan loh apabila kamu dapat menggaet banyak orang. Cara kerja afiliasi sendiri cukup mudah, berikut adalah kiat singkat bagaimana cara ikut program affiliate.

  • Daftar kepada platform afiliasi. Kamu akan diminta untuk mengisi berbagai data seperti nama, sosial media, dan keterangan lainnya. 
  • Tunggu proses review oleh platform tempat kamu mendaftar
  • Ketika permintaan bergabung kamu disetujui, kamu akan diberi email. Jangan lupa untuk cek di bagian promosi atau spam ya! Siapa tahu email tersebut dideteksi oleh sistem sebagai spam
  • Saat ini kamu sudah bisa mendapat penghasilan dari program ini. Kamu hanya perlu untuk mengikuti instruksi dalam sistem untuk memperoleh langkah detail dalam mempromosikan barang yang ada di platform tersebut.
  • Biasanya kamu hanya perlu untuk memilih produk yang ingin dipromosikan, copy tautan produk atau generate link produk menggunakan program afiliasi kamu, kemudian kamu tinggal promosikan link produk di sosial media kamu deh.

Freelance Content Writer

Ilustrasi content writer sebagai usaha sampingan di rumah | Pexels

Saat ini, freelance dapat menjadi peluang pekerjaan sampingan yang cukup menjanjikan. Banyak platform yang dapat kamu gunakan untuk mengeksplorasi bidang freelance ini. Dewasa ini, digital marketing menjadi salah satu bagian yang begitu penting bagi perusahaan. Beberapa instrumen dalam digital marketing dipertimbangkan dapat memberikan kenaikan terhadap traffic dan engagement perusahaan hingga bermuara pada konsumen yang membeli produk perusahaan. Salah satu yang banyak dicari oleh perusahaan adalah copywriter maupun content writer.

Untuk menjadi freelance content writer, kamu bisa mengerjakan pekerjaan kamu di waktu luang kemudian mengumpulkan artikel kamu pada platform seperti IDN Times. Kamu juga dapat memperoleh peluang freelance content writer dari lowongan pekerjaan (loker) yang disebarkan oleh perusahaan. Perusahaan biasanya akan menuliskan mereka butuh berapa artikel dalam satu minggu dan kamu dapat mendiskusikan lebih lanjut tentang itu ketika sudah bekerja di sana. Untuk mendapatkan info loker terkait freelance content writer kamu dapat mengakses melalui portal LinkedIn, Jobstreet, Glints, Kalibrr, dan lain sebagainya. 

Menjadi Content Creator

Ilustrasi content creator sebagai usaha sampingan di rumah | Pexels

Di era digital ini, content creator memiliki peluang yang begitu besar di mata masyarakat. Pandemi membuat banyak kalangan menjadi lebih sering mencari hiburan melalui platform internet. Content creating mungkin merupakan suatu hal yang tidak mudah di awal karena mungkin dari audience masih belum dapat terbentuk. Walaupun begitu usaha sampingan sebagai content creator dapat menjadi pilihan yang cukup menjanjikan untuk kamu.

Dewasa ini, banyak sekali jenis konten yang dapat dipublikasikan ke khalayak ramai. Pada misalnya kamu membuat video seputar berbagi ilmu digital marketing, membahas konten game, cover lagu, dan lain sebagainya. Proses delivery yang bisa kamu lakukan terhadap audience pun dapat beragam, contohnya saat ini sedang ramai sekali istilah vtuber virtual youtuber– di mana konten kreator menggunakan face claim karakter 2D. 

Hal yang perlu kamu lakukan adalah mencoba menunjukkan potensi apa yang ingin kamu bagikan kepada penonton. Selain itu, platform internet memberikan banyak alternatif apabila penonton ada yang ingin memberikan donasi kepada kamu. Kamu mungkin bisa menggunakan Trakteer atau Saweria. Cara lain agar kamu mendapat cuan cukup beragam, ada pun iklan dari google dapat menjadi salah satu kunci.

Platform streaming seperti Youtube atau Twitch sendiri saat ini memiliki berbagai fitur yang memungkinkan penonton memberikan dukungan finansialnya pada contohnya di Youtube terdapat fitur superchat –yang baru-baru ini tersedia di Indonesia– dan membership. Di Twitch juga terdapat membership, gifted membership, dan sumber dana lainnya. 

Thrift Shop Online

ilustrasi thrift shop sebagai usaha sampingan di rumah | Pexels

Usaha thrift shop merupakan salah satu pilihan usaha yang mungkin kamu lakukan di sela kesibukan kamu. Dalam menambah stock barang, kamu dapat berbelanja pada saat akhir pekan atau di saat kamu sedang tidak ada kesibukan. Platform seperti Instagram maupun e-commerce dapat kamu gunakan sebagai jembatan antara kamu dengan konsumen yang ingin membeli. Jangan lupa untuk sertakan deskripsi produk yang menarik dan lengkap ya.

Apabila toko kamu secara garis besar memasarkan produk melalui Instagram, jangan lupa untuk berikan penjelasan secara khusus bagaimana cara barang dapat dipesan. Potret produk yang jelas akan sangat mempengaruhi ketertarikan konsumen akan produk, untuk itu, foto dengan baik produk thrift kamu ya!

Freelance Designer atau Ilustrasi

Ilustrasi jasa desain sebagai usaha sampingan di rumah | Pexels

Kamu memiliki keahlian di bidang desain? Atau mungkin kamu memiliki bakat dalam menggambar secara digital? Usaha sampingan sebagai freelance desainer mungkin akan cocok untuk mengisi waktu luang kamu. Saat ini banyak sekali platform freelance yang dapat kamu gunakan pada misalnya Sribulancer dan Fiverr. Kamu juga dapat membuat postingan commission di media sosial kamu untuk menarik lebih banyak konsumen. Jangan lupa untuk update selalu portofolio kamu sehingga konsumen dapat mengetahui gaya desain dan gambar kamu ya!

Mengerjakan Microtask dari Website

Ilustrasi microtask sebagai usaha sampingan di rumah | Pexels

Salah satu kegiatan yang mungkin dapat kamu lakukan untuk menambah pundi-pundi uang kamu adalah dengan mengerjakan microtask –tugas-tugas atau proyek kecil– dari situs web tertentu. Saat ini, contoh dari situs dengan proyek terpercaya di antaranya adalah Appen dan Hive Micro. Kamu dapat mengajukan diri untuk membantu proyek yang di posting oleh situs tersebut seperti menjadi seorang translator, transcriber, pengumpul data, dan lain sebagainya.

Kekurangan dari aktivitas ini adalah terkadang tugas yang diberikan kurang sesuai dengan bayaran. Selain itu, untuk memulai proyek biasanya akan ada tes terlebih dahulu dan bahkan untuk lulus dari tes tersebut agaknya lumayan susah. Untuk itu, mantapkan keputusanmu jika ingin mencoba kegiatan ini ya!

Tutor Les Online

Ilustrasi online tutor sebagai usaha sampingan di rumah | Pexels

Saat ini, berbagi ilmu tidak harus dilakukan dengan bertatap muka secara langsung dengan orang lain. Jika kamu memiliki ilmu yang dapat dibagikan, mengapa tidak coba untuk melakukan sharing atau sesi tutor bersama bersama beberapa pihak yang berminat untuk belajar? Kamu dapat membagikan ilmu melalui platform video call. Dengan kemudahan komunikasi, kamu dapat mengatur jadwal pertemuan tutor yang fleksibel dan diharapkan mampu membuat pelajar jadi nyaman juga karena belajar di rumah. 

Menjual Pulsa

Ilustrasi jual pulsa sebagai usaha sampingan di rumah | Pexels

Pulsa dan paket data internet sudah layaknya menjadi kebutuhan primer bagi banyak kalangan masyarakat dewasa ini. Era modern rasanya tidak dapat terlepas dari internet. Untuk itu, usaha sampingan untuk menjual pulsa dan paket data dapat menjadi alternatif usaha yang menguntungkan bagi kamu. Jualan pulsa dapat dilakukan di jam yang fleksibel. Transaksi yang dilakukan pun biasanya cukup cepat, hingga tidak perlu memakan waktu kamu. Banyak juga aplikasi jualan pulsa yang dapat mempermudah pekerjaan kamu lho

Usaha Kue Kering

Ilustrasi bisnis kue kering sebagai usaha sampingan di rumah | Pexels

Beberapa di antara kamu mungkin memiliki hobi untuk baking kue? Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Banyak bisnis kuliner yang sekiranya dapat kamu lakukan untuk menjadi usaha sampingan. Salah satunya adalah dengan menjual kue kering. Kamu dapat mempromosikan bisnis kamu ke teman dekat terlebih dahulu. Selain itu, usaha kue dapat dilakukan melalui berbagai sosial media seperti Instagram dan Whatsapp. Jangan lupa untuk sertakan deskripsi apabila produk akan dibuat sesuai pesanan atau mungkin deskripsi cara order dalam platform jualan kamu.

Menjual Foto

Ilustrasi menjual foto sebagai usaha sampingan di rumah | Pexels

Apakah ada di antara kamu yang suka jalan-jalan dan mengabadikan momen kamu melalui foto? Dewasa ini, hobi kamu dapat juga disalurkan untuk sumber cuan lho! Foto-foto yang kamu abadikan dapat kamu kirimkan pada website seperti iStock dan ShutterStock. Foto kamu akan berpotensi untuk mendapatkan royalti. Kapan lagi kan meminati hobi dan diberi dukungan financial ketika melakukan hobi tersebut?

Nah, itu tadi adalah rekomendasi beberapa usaha sampingan yang dapat kamu lakukan di rumah. Banyak sekali usaha lain yang dapat kamu lakukan untuk mendapat pundi-pundi cuan lain. Hal terpenting adalah kamu perlu untuk selalu semangat untuk menekuni usaha yang ingin kamu kembangkan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Sumber gambar header: Pexels

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again