Layanan Travel 1001Malam Menunjang Penjualan Online Dengan Kehadiran Offline

Layanan Travel 1001Malam Menunjang Penjualan Online Dengan Kehadiran Offline

Selain penjualan melalui skema online, 1001Malam berusaha merangkul orang-orang yang terbiasa dengan metode konvensional
1001Malam Melayani Pemesanan Offline / DailySocial
1001Malam Melayani Pemesanan Offline / DailySocial

1001Malam.com Melayani Pemesanan Offline / DailySocial

Industri travel menawarkan lebih banyak kesempatan bagi semua entitas yang terlibat di dalamnya. Ketika semua pemain di industri ini mencoba “meng-online-kan” layanannya, 1001Malam justru mempertahankan beberapa elemen konvensional guna mendukung platform online mereka. Metode tersebut sedikit banyak membantu pihaknya untuk menawarkan jasa pada pelanggan, terutama yang dinilai kurang melek teknologi.

Offline travel agent memang cenderung dinilai lesu setelah peran teknologi mengambil alih layanan pembelian yang cenderung lebih cepat dan mudah. Mengikuti arus, di tahun ketiganya kini 1001Malam telah menyempurnakan platform pemesanan hotel online guna memanjakan 45 ribu pengguna yang terdaftar di layanan mereka. Selain tampilan baru yang diharapkan mampu membuat pelanggan lebih nyaman, 1001Malam juga mengoptimalkan tampilan mereka pada mobile browser yang lebih responsif.

Berbasis di kota Sidoarjo, 1001Malam kini telah beroperasi juga di kota Surabaya. Menurut pihaknya, pertumbuhan signifikan mendorong 1001malam.com untuk membangun kantor fisik perwakilan di Kota Pahlawan tersebut. Bukan tanpa alasan, nyatanya layanan tur dan penyewaan kendaraan di kota Surabaya cukup banyak mengandalkan layanan offline.

Untuk menunjang penjualan, 1001Malam menawarkan service center untuk memesan, menyampaikan keluhan, dan konfirmasi melalui telepon, atau datang langsung ke kantor mereka. Keberadaannya di Sidoarjo dan Surabaya bisa dijadikan acuan bagaimana sejatinya pasar offline bisa dimaksimalkan ke daerah lain oleh 1001Malam yang menurut hemat saya dapat banyak kesempatan untuk menggali insight dan potensi yang tidak bisa dilakukan secara online. Contohnya mengakuisisi pengguna terdaftar, survei langsung, dan lain sebagainya.

Sejauh ini, 1001malam.com memiliki lebih dari 120 ribu pengunjung unik tiap harinya yang melakukan pencarian ke lebih dari 80 ribu hotel di seluruh dunia. Mereka menghadirkan layanan pembayaran yang cukup variatif, dengan ditunjang oleh booking system yang tidak hanya online namun juga offline (call center). Jadi bagi mereka yang masih “buta” internet ataupun kurang percaya dengan online travel agent bisa mendatangi kantor 1001Malam untuk melakukan booking hotel

“Kami terus melakukan berbagai inovasi baik dalam bentuk layanan maupun products range. Dari sisi layanan, kami sudah menyediakan layanan 24 jam service center yang ditunjang dengan flexible payment system (credit card, corporate account, cash, ataupun bank transfer). Dari sisi produk kami juga bekerja sama dengan hotel dan mitra travel agent lain, baik yang sudah memiliki integrated allotment system maupun yang masih konvensional),” kata Business Development Officer 1001Malam Hikmah Rofidah Lailiyah kepada DailySocial.

Tak hanya hotel, 1001Malam juga memiliki tawaran paket perjalanan ke berbagai pelosok Nusantara. Bekerja sama dengan lebih dari 100 agen travel di daerah, pihak 1001Malam berani mengklaim pihaknya menjadi yang terbaik dalam masalah penawaran harga.

Hikmah memberikan sedikit bocoran jika dalam waktu dekat ini 1001Malam juga akan meluncurkan fitur pencarian tiket pesawat dan aplikasi mobile yang dipercaya mampu mendongkrak tingkat kunjungan.

“Saat ini kami masih berfokus di B2C, namun dalam jangka panjang 1001Malam akan memasuki B2B juga. Di mana travel agent offline juga dapat memanfaatkan layanan kami dengan lebih optimal. Bahkan saat ini telah ada beberapa yang telah menggunakan jasa 1001Malam,” tambah Hikmah.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…