1. Lifestyle

11 Game Klasik PC Ini Bisa Anda Dapatkan Gratis dan Bebas DRM

Sangat pas buat Anda yang ingin bernostalgia atau mengisi komputer kerja dengan judul-judul legendaris berkualitas.

Lewat layanan berlangganan PlayStation Plus dan Xbox Games with Gold, Sony dan Microsoft berlomba-lomba buat memanjakan gamer dengan permainan gratis. Namun PC merupakan rumah bagi game gratis sesungguhnya. Ada banyak judul orisinal yang bisa Anda nikmati tanpa perlu mengeluarkan uang. Satu syaratnya, Anda perlu mencarinya secara teliti.

Melalui artikel ini, saya ingin membuat hidup Anda lebih mudah. Tak perlu repot-repot menelusuri sejumlah platform distribusi digital. Via Indie Game Bundles, saya menemukan 11 game klasik yang dapat diperoleh secara gratis dan legal. Permainan-permainan ini sangat pas bagi Anda yang ingin bernostalgia atau mengisi komputer kerja dengan judul-judul legendaris berkualitas. Dan karena disajikan via GOG, mereka dijamin bebas dari DRM.

 

Beneath A Steel Sky

Dirilis di tahun 1994, permainan petualangan point-and-click kreasi sutradara Charles Cecil dan komikus Dave Gibbons membawa pemain ke masa depan distopia, saat Bumi sudah rusak akibat polusi dan radiasi nuklir. Beneath A Steel Sky ialah salah satu game terbaik Revolution Software.

 

Shadow Warrior Classic

Selama berkiprah di industri, 3D Realms (atau Apogee Software) terkenal dengan permainan-permainan unik yang mungkin sempat menuai kontroversi: Duke Nukem, Rise of the Triad, serta Shadow Warrior. Dan seperti kreasi mereka lainnya, kita tak perlu menanggapi Shadow Warrior terlalu serius.

 

Flight of the Amazon Queen

Flight of the Amazon Queen merupakan respons developer Interactive Binary Illusions dan publisher Renegade Software atas kesuksesan Monkey Island dan Indiana Jones and the Last Crusade. Formula permainannya pun hampir sama: menyajikan gameplay point-and-click.

 

Lure of the Temptress

Juga merupakan permainan point-and-click, kali ini mengambil latar belakang dunia fantasi dan menempatkan Anda sebagai anak petani yang ditakdirkan untuk jadi penyelamat kerajaan. Lure of the Temptress ialah game pertama yang dibangun menggunakan engine Virtual Theatre.

 

Stargunner

Meskipun menyajikan jagat fiksi ilmiahnya sendiri (di-setting di galaksi Andromeda), Anda akan melihat banyak elemen Star Wars di game shooter side-scrolling ini, dari mulai crawling text pembuka berwarna kuning hingga pesawat luar angkasa musuh yang menyerupai TIE Interceptor.

 

Teenagent

Game petualangan point-and-click tahun 1995 ini menyuguhkan Anda tema detektif. Seperti yang diindikasikan judulnya, tokoh utama game adalah seorang remaja bernama Mark Hopper yang ditugaskan polisi untuk menguak misteri hilangnya emas di Amerika.

 

Treasure Adventure Game

Merupakan permainan paling 'muda' di daftar ini, Treasure Adventure Game menyuguhkan visual bergaya lawas dan gameplay berformula eksplorasi dua dimensi. Tim Robit Studios telah membangun dunia permainan yang sangat luas dan Anda akan menghabiskan berjam-jam menjelajahinya.

 

Tyrian 2000

Tyrian 2000 adalah versi 're-released' dari game sci-fi shooter scrolling yang sebelumnya diluncurkan di tahun 1995. Edisi ini dibundel bersama sejumlah perbaikan, pilihan pesawat lebih banyak (Phoenix II, Storm, Red Dragon, dan Pretzel Pete Truck!) serta episode kelima.

 

Ultima 4: Quest of the Avatar

Ultima 4 ialah salah game role-playing paling inovatif di eranya. Dirilis di tahun 1985, dunia permainan lebih luas 16 kali dibanding Ultima III, lalu di sana terdapat banyak sekali ruang bawah tanah berisi puzzle. Bagi saya pribadi, Ultima 4 dan Ultima VII adalah game terbaik di seri ini.

 

Worlds of Ultima: The Savage Empire

Walaupun Anda kembali bermain sebagai sang Avatar, The Savage Empire tidak di-setting di Britannia. Gerbang Moonstone malah membawa sang protagonis terdampar di dunia aneh, seperti campuran antara daratan Mesoamerica dan Afrika yang dipenuhi makhluk-makhluk raksasa berbahaya.

 

Ultima Worlds of Adventure 2: Martian Dreams

Juga merupakan game Ultima yang tidak mengusung latar belakang Britannia. Kali ini sang Avatar melakukan petualangan di planet Mars. Untuk membuat game jadi lebih menarik, Origin Systems menghadirkan tokoh-tokoh terkenal di sana, misalnya Marie Curie, Rasputin, Sigmund Freud, Andrew Carnegie, sampai Nikola Tesla.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again