15 January 2013

by wiku

15.000 Aplikasi Untuk BB 10 Dikirimkan Saat Port-A-Thon, Acara Serupa Akan Diadakan Lagi Tanggal 18 Januari 2013

Acara yang diadakan RIM untuk menyambut kehadiran BlackBerry 10, yang dipertuntukkan bagi para pengembang, berhasil menghadirkan kiriman 15.000 aplikasi untuk disetujui agar bisa tersedia di toko aplikasi BB 10.

Acara yang bernama Port-A-Thon ini diadakan Sabtu kemarin (waktu Indonesia) secara virtual, jadi semua pengembang dari berbagai negara bisa ikut serta, termasuk juga pengembang lokal asal Indonesia.

Acara ini memberikan peluang bagi pengembang yang memiliki aplikasi untuk mem-porting karya mereka agar bisa dikirimkan agar tersedia untuk BlackBerry 10. Aplikasi yang dikirimkan bisa permainan atau aplikasi lain. RIM menyediakan hadiah sebesar $100 untuk setiap aplikasi yang disetujui, maksimal 20 aplikasi. Tersedia juga beberapa insentif lain. 15.000 aplikasi yang dikirimkan ini tercapai hanya dalam waktu 37.5 jam.

Meski jumlah memang tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas, namun ini bisa jadi berita yang cukup menggembirakan, terutama untuk melihat minat pengembang atas sistem operasi dan perangkat yang baru akan dirilis tangal 30 Januari 2013 nanti. Jumlah aplikasi yang disetujui dan akan tersedia nantinya juga masih belum bisa dipastikan.

Atas keberhasilan acara ini RIM akan menyediakan kesempatan terakhir bagi para pengembang BlackBerry untuk mengirimkan aplikasi buatan mereka. Tanggal yang disediakan adalah 18 Januari 2013 (ET) atau kurang lebih 19 Januari 2013 waktu Indonesia, acara akan diadakan selama 36 jam juga. Port-A-Thon terakhir ini juga akan diadakan secara virtual, jadi pengembang bisa mengirimkan dari mana saja. Hadiah atau insentif yang diberikan juga hampir serupa dengan acara lalu, ada $100 untuk setiap aplikasi yang dikirimkan (maksimal 20 aplikasi) dan beberapa insentif lain.

BlackBerry 10 sendiri akan dirilis tanggal 30 Januari yang tinggal beberapa minggu lagi. Dan tentunya selain kesiapan perangkat serta program promosi, ketersediaan aplikasi juga terus dipersiapkan oleh RIM untuk BlackBerry 10.

Informasi atas Port-A-Thon bisa dilihat di tautan ini.

Sumber: TheVerge, CrackBerry.