2 Cara Unroot Perangkat Android Semua Tipe Tanpa PC

Perangkat Android yang di-root memang memberikan banyak keleluasaan kepada penggunanya untuk melakukan tweak. Tapi melakukan root saja hanyalah separuh dari "keseruan" yang sebenarnya. Dan jika Anda merasa root tidak memberikan manfaat, unroot Android ke kondisi semula adalah keputusan yang tepat.

Ada dua cara unroot perangkat Android yang akan kita bahas. Pertama menggunakan SuperSU dari Chainfire dan kedua menggunakan Framaroot. Enaknya, kedua cara ini tidak perlu menggunakan PC.

Cara Unroot Android yang Pertama, Menggunakan SuperSU

  • Buka Play Store dan cari aplikasi SuperSU buatan Chainfire. Kalau sudah ketemu, install di perangkat Anda.

  • Setelah di-install, jalankan aplikasi dan tap menu Settings. Kemudian geser ke bawah dan temukan menu Full unrootdan tap.

Info Menarik: Cara Reset Smartphone Android ke Pengaturan Pabrik

  • Setelah itu Anda akan diminta konfirmasi seperti ini, tap saja Continue untuk meneruskan proses unroot Android. Tunggu beberapa saat sampai ada pemberitahuan. Terakhir restart smartphone atau tablet Android Anda. Untuk memastikan proses unroot berhasil, cek menggunakan aplikasi di Play Store. Ada banyak kok.

Cara Unroot Android yang Kedua, Menggunakan Framaroot

  • Silahkan unduh dahulu aplikasi Framaroot dari Google, pilih sumber yang Anda inginkan. Install file .Apk tersebut secara manual lalu jalankan apabila sudah terpasang.

Info Menarik: Apa Itu Android Brick dan Penyebabnya?

  • Seperti tampilan aplikasi Framaroot yang seharusnya juga Anda temukan di ponsel Anda. Tap menu dropdown dan pilih opsi Unroot.

  • Kemudian tap salah satu dari dua pilihan, Boromir atau Barahir. Jika gagal di salah satunya, coba yang kedua. Setelah itu restart smartphone dan periksa status root menggunakan aplikasi verifikasi yang banyak bertebaran di Play Store.

Demikian panduan unroot smartphone Android tanpa menggunakan PC, silahkan dicoba dan jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk meninggalkan komentar. Secepatnya akan saya balas. Ohya, khusus untuk cara kedua tidak kompatibel dengan semua smartphone, jadi cobalah cara pertama terlebih dahulu untuk menghemat waktu.

Sumber gambar header Shutterstock.