Categories

Game

26 Istilah di Pokemon GO yang Wajib Anda Kenali Definisi dan Fungsinya

Tanpa mempelajari istilah-istilah di dalamnya, Anda bisa kesulitan menggunakan item yang diperlukan untuk bermain

Bambang Winarso - 10 August 2016

Di Indonesia booming game Pokemon GO sudah lebih dulu "meledak" jauh sebelum Niantic memutuskan untuk berlabuh. Demi mengikuti tren, para gamer mobile pemula hingga kawakan rela menempuh “jalur alternatif” agar bisa mencicipinya terlebih dahulu. Walhasil, kedatangan Pokemon GO resmi nyaris tak dihiasi gegap gempita yang berlebihan.

Kini, Pokemon GO sudah bisa diunduh dari toko resmi, Google Play Store. Tapi, bagi Anda yang baru mengenal Pokemon GO, sembari mempelajari cara melempar “Pokeball”, boleh lah mempelajari istilah-istilah di Pokemon GO, supaya nanti tidak kebingungan saat menjumpainya di dalam arena.

Istilah-istilah penting di Game Pokemon Go, di antaranya Pokeball dan Gym

Pokeball

Pokeball ini bisa didefinisikan sebagai perangka bola yang digunakan untuk menangkap pokemon yang sobat buru. Bentuknya bulat dipoles kombinasi warna garis hitam, merah dan putih. Di salah satu bagiannya terdapat titik semacam tombol dikelilingi garis hitam yang mengelilingi membelah bola.

Pokedex

Ini adalah tempat berkumpulnya para Pokemon yang sudah Anda tangkap. Anda juga dapat melihat spesies, XP dan nama penghuninya satu per satu.

Pokestop

Pokestop adalah pusat berkumpulnya Pokeball, eggs, potion dan item-item lainnya. Pokestop letaknya tidak menentu, tapi bisa dilacak dengan mudah. Rajin-rajin mengunjungi Pokestop, sebab setiap kali mendekatinya, Anda akan diganjar tambahan 50 poin.

Eggs

Lalu apa itu Eggs? Eggs adalah telur yang dapat menetas seperti “kebanyakan telur”. Tapi, untuk dapat menetas, ia harus diletakkan terlebih dahulu ke dalam inkubator. Telur ini akan menetas setelah Anda menempuh jarak tertentu.

Lucky Eggs

Lucky Eggs adalah tiket emas yang dapat Anda gunakan untuk melipat-gandakan XP di saat-saat genting.

Incubator

Ini sebutan untuk alat penetas telur Pokemon (Pokemon Eggs).

Fainted Pokemon

Ini sebutan untuk Pokemon yang Hit Pointsnya habis.

Hit Points

Hit Points atau HP sama halnya dengan darah bagi Pokemon, jika habis, maka Pokemon akan pingsan sementara (Fainted). Nah, untuk membangkitkannya, Anda butuh yang namanya Potions.

Potions

Potions berfungsi untuk membangkitkan kembali Pokemon dengan cara meningkatkan HP-nya. Jenisnya bermacam-macam. Anda bisa memperoleh Potions di Pokestop.

Pokecoins

PokeCoins dapat kita artikan sebagai mata uang di dunia Pokemon, ia berguna untuk membeli item premium yang ada di toko. Sama, jika Anda kehabisan Pokecoins, Anda juga bisa membelinya dari toko tersebut.

Gym

Sering pergi ke gym? Jika sering, tahu dong apa fungsinya buat manusia. Sama dengan dunia Pokemon, gym berfungsi sebagai sarana melatih monster yang Anda miliki sehingga nanti bisa bertarung melawan monster lainnya. Tapi gym baru bisa Anda jumpai di level 2, jadi jangan bingung jika tidak menemukannya saat pertama bermain.

Incense

Kalau lagi malas bergerak, Incense ini bisa digunakan untuk menarik Pokemon agar mendekat ke Anda. Tapi, Incense tidak boleh digunakan sembarangan. Sebab jumlahnya sangat terbatas. Durasi penggunakan item ini adalah 30 menit.

Lure Module

Fungsinya nyaris serupa dengan Incense, yaitu membantu Anda menangkap Pokemon karena menarik keberadaan Pokemon ke dekat kita. Bedanya, untuk bisa menggunakannya, Anda harus berada di dekat PokeStop.

Candy

Candy ini mewakili reward atas keberhasilan Anda menangkap Pokemon baru, menetaskan telur dan mentransfer Pokemon ke Profesor. Dalam situasi terdesak, Anda bisa menggunakan Candy untuk mendongkrak Combat Power.

Razz Berry

Pokemon ada bermacam-macam, ada yang mudah ditangkap dan ada yang sangat liar sehingga sulit ditangkap. Jika Anda menemukan Wild Pokemon semacam ini, gunakan Razz Berry untuk menaklukannya.

Trainer

Trainer itu sebutan untuk semua pemain Pokemon GO, seperti saya, Anda dan pemain lainnya.

Stardust

Stardust hampir sama seperti Candy, digunakan untuk meningkatkan power Pokemon. Cara mendapatkannya dengan menangkap dan menetaskan Pokemon.

Power Up

Ini sebutan untuk setiap aksi meningkatkan kekuatan Pokemon, caranya dengan memanfaatkan Stardust dan Candy. Walhasil nantinya combat power Pokemon makin kuat dan HP juga makin tinggi.

Combat Power (CP)

Istilah untuk menyebut kekuatan Pokemon.

Battle

Sesuai maknanya, ini adalah istilah untuk sebuah pertarungan di Rival Gym. Setiap kali menang, maka Anda akan mengurangi nilai Gym Prestige. Jika nilainya mencapai 0, Anda bisa mengambil alih Gym tersebut.

Prestige

Ukuran kemajuan sebuah Gym diukur dengan yang namanya poin Prestige. Poin ini akan semakin tinggi ketika semakin sering Pokemon dilatih. Dan makin tinggi poin Prestige, maka makin tinggi pula reputasi Gym Anda.

Defender Bonus

Ini sebutan untuk reward yang diperoleh setiap mempertahankan Gym. Rewardnya bisa berupa Stardust atau PokeCoins.

Medals

Ini hadiah atau penghargaan untuk setiap keberhasilan menyelesaikan Achievement.

Augmented Reality (AR)

Ini salah satu kelebihan Pokemon GO, ia mendukung interface melalui teknologi AR sehingga menangkap Pokemon dapat dilakukan seolah dalam dunia nyata. Opsi AR dapat Anda jumpai di sudut kanan atas di Pokemon GO.

Evolve

Melakukan Evolve berarti Pokemon akan melalui fase evolusi atau berubah sehingga nilai CP dan HP akan lebih tinggi. Tapi untuk melakukan Evolve, Anda butuh jumlah Candy yang tak sedikit.

Revive

Sedangkan Revive adalah sebuah fitur yang dapat digunakan untuk menghidupkan kembali Pokemon yang sudah mati. Revive juga membutuhkan pengorbanan dengan menukarkan item reward.

Selesai, itulah dia beberapa istilah di Pokemon GO yang hendaknya dipelajari dan dipahami agar tidak keliru dalam membuat keputusan. Paling tidak, sekarang Anda lebih tahu harus bagaimana jika menjumpai Wild Pokemon di teras rumah.

https://www.youtube.com/watch?v=SWtDeeXtMZM

Referensi: Wikipedia, IGN, NianticLabs. dan gambar header NianticLabs.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter