1. Lifestyle

3 Aplikasi Partisi Disk Paling Direkomendasikan Untuk Windows

Halo sobat pembaca setia TRL, jumpa lagi dengan saya di Rabu pagi yang cerah ini. Artikel ini adalah hasil gelombang tulisan pertama setelah libur lebaran hampir 2 minggu lamanya. Masih ada sisa "malas", tapi panggilan hati untuk menulis ternyata lebih hebat. Tanpa panjang lebar lagi, kali ini saya akan coba angkat topik tentang aplikasi partisi disk.

Partisi merupakan rangkaian langkah yang biasa dilakukan dalam proses instalasi sebuah komputer namun tidak selalu begitu. Anda pun dapat melakukan partisi disk dalam kondisi sistem operasi komputer sudah berjalan. Selain memudahkan manajemen data, pembagian partisi komputer memberikan keleluasaan kepada Anda untuk memberikan porsi lebih ke disk tertentu. TRL sudah mengumpulkan 3 buah aplikasi partisi disk yang paling direkomendasikan untuk sistem operasi Windows, ini dia:

EaseUS Partition Manager

EaseUS menawarkan banyak tool powerful, tidak hanya memiliki kemampuan melakukan partisi, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mem-backup dan recovery data. Itu sebabnya EaseUS disebut sebagai All in One Partition Manager karena mempunyai 3 tool dalam 1 software.

Jika sobat butuh tool tambahan, sobat bisa melakukan upgrade software ke versi pro. Saya sudah pernah coba di Windows 7 dan berjalan dengan sangat baik, namun pastinya dapat berjalan tanpa halaman juga di sistem operasi Windows 2000, Windows XP, Windows Vista dan Windows 8.

Fitur Utama

  • Menambah dan Memindahkan hasil partisi NTFS tambah harus restart
  • Melakukan konversi dari disk dinamis ke disk basic
  • Mampu menjalankan tes disk
  • Membersihkan ruang disk kosong dengan remover gratis

Download EaseUS

Paragon Partition Manager

Paragon Partition Manager memiliki tampilan yang serupa dengan Start Menu-nya Windows 8, tapi jangan ambil kesimpulan dulu ya, karena aplikasi ini sangat mudah digunakan. Anda bisa merubah alokasi partisi secara manual, tapi jika merasa ragu dengan kalkulasi dan kebutuhan komputer Anda bisa menggunakan fitur bernama Automatic partition alignment yang akan menentukan partisi yang paling tepat untuk perangkat Anda.

Meskipun belum pernah mencoba sendiri, namun pengembang memastikan aplikasi ini dapat bekerja dengan baik di sistem operasi  Window XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8.

Fitur Utama

  • Membuat dan memformat partisi
  • Memindahkan, Merubah dan Menghapus partisi
  • Merubah tipe disk
  • dan tentunya Automatic partition alignment

Download Paragon Partition Manager

MiniTool Partition Wizard

Aplikasi ketiga ini paling sering direkomendasikan, selain gratis MiniTool juga memiliki serangkaian tool guna menunjang proses partisi disk. Hebatnya aplikasi ini bisa digunakan baik untuk internal maupun eksternal disk. Paling tidak ada 20 menu yang dapat Anda pergunakan untuk mengatur partisi, tes atau yang lain. Pengguna Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8 bisa langsung download dan menjajal performa aplikasi ini.

Fitur Utama

  • Menambah partisi dengan satu langkah mudah dan tanpa restart
  • Merubah tipe disk
  • Menyembunyikan partisi
  • dan banyak lagi

Download MiniTool


Meski hanya 3, sobat tak perlu harus download semua, rekomendasi terbaik saya adalah MiniTool Partition Wizard. Mengapa? Sebab aplikasi yang ini lebih sederhana dan menawarkan lebih banyak fitur. Meski demikian, bagi yang penasaran juga bisa mencoba semua pilihan tersetbu. Selamat mencoba ya!

Sumber gambar header Wikipedia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again