Asus ZenFone 2 Laser ZE500KL mempunyai memori internal yang cukup lega, yakni seluas 16GB. Tapi seiring pemakaian, ternyata memori seluas itu menjerit juga ketika game, aplikasi, foto, video sudah memenuhi galeri. Sialnya, tambahan memori eksternal tak cukup membantu mengingat beberapa aplikasi game ikut serta memakan kapasitas memori.

Jika masalah di atas menghantui Anda, ada 4 cara yang bisa Anda tempuh.

Lakukan pembersihan standar

Langkah pertama, lakukan pembersihan standar yang pernah kami sarankan di artikel ini. Pilih opsi mana yang menurut Anda memungkinkan untuk diambil.

Hapus Misc

Jika trik-trik di atas dirasa belum optimal, berikutnya hapus berkas-berkas di folder Misc. Di semua varian ZenFone 2, Asus memberikan opsi untuk menghapus berkas ini. Caranya, buka menu Settings – Storage – Misc.
Screenshot_2016-11-28-10-28-01

Kemudian tandai berkas yang menurut Anda tidak penting dan tap ikon tong sampah untuk menghapus berkas yang ditandai.

Screenshot_2016-11-28-10-28-21

Tapi mohon diingat, meskipun berkas Misc dianggap tidak penting, pada kenyataannya saya kehilangan beberapa data karena langkah ini. Jadi, sebaiknya pastikan berkas yang Anda hapus tidak memuat data penting.

Ganti Aplikasi Standar dengan Versi Lite

Di sejumlah tutorial, Anda tentu disarankan untuk menghapus beberapa aplikasi demi melegakan memori. Meski terbukti efektif, tapi bagi sebagian orang opsi ini terasa berat untuk diambil dengan alasan semua aplikasi dibutuhkan.

Jika demikian, alternatifnya gantilah aplikasi tersebut dengan versi lite yang relatif lebih ringan. Beberapa aplikasi yang tersedia dalam versi ini antara lain:

Tiga langkah di atas hanyalah cara alternatif dari sekian banyak cara yang bisa Anda tempuh ketika memori smartphone Android kepenuhan. Tambahan memori eksternal tetap diperlukan, tetapi sebaiknya pilih kartu memori class 10 agar tidak memengaruhi performa perangkat ketika melahap berkas, foto dan video.

Sumber gambar header Asus.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.