Categories

Gadget

3 Fitur ColorOS 7.2 di OPPO Reno4 yang Sangat Berguna untuk Pemakaian Sehari-hari

AI App Preloading, Icon Pull-Down Gesture, dan Quick Return Bubble

Glenn Kaonang - 20 August 2020

Secara hardware, OPPO Reno4 terbukti sudah menang banyak jika dibandingkan dengan pendahulunya. Namun seperti yang kita tahu, hardware saja tidak cukup untuk menggambarkan kualitas dari sebuah smartphone secara menyeluruh. Software juga memegang peran yang tak kalah krusial, dan di sini Reno4 boleh berbangga dengan antarmuka ColorOS 7.2 yang diusungnya.

Sebagai versi yang paling gres, ColorOS 7.2 menghadirkan sederet penyempurnaan dan fitur baru. Dalam artikel ini, saya akan membahas tiga fitur anyar ColorOS 7.2 di Reno4 yang bisa dibilang paling bermanfaat untuk pemakaian sehari-hari, yakni AI App Preloading, Icon Pull-Down Gesture, dan Quick Return Bubble.

AI App Preloading

Pada versi terbarunya ini, ColorOS memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk mempelajari kebiasaan masing-masing pengguna. Seiring waktu, AI yang semakin terlatih tersebut jadi bisa memprediksi aplikasi-aplikasi apa saja yang akan dibuka oleh pengguna berdasarkan skenario-skenario penggunaan sebelumnya.

Dari situ aplikasi-aplikasinya (maksimal 5) akan dimuat lebih awal di dalam RAM (preload) sehingga bisa terbuka lebih cepat daripada biasanya. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan OPPO sendiri, kecepatan membuka aplikasinya bisa naik sampai hampir 24% lebih gegas berkat fitur AI App Preloading.

Istimewanya, kinerja yang lebih kencang ini dapat terwujud tanpa mempengaruhi daya tahan baterai perangkat sedikit pun. Dengan kata lain, fitur AI App Preloading sama sekali tidak mengonsumsi daya baterai. Performa perangkat jadi lebih cepat tapi baterainya sama iritnya seperti sebelumnya, kira-kira begitu penjelasan sederhana dari kegunaan fitur ini.

Icon Pull-Down Gesture

Seperti yang bisa kita lihat, Reno4 mengemas layar yang berukuran cukup besar: AMOLED 6,4 inci dengan resolusi 2400 x 1080 pixel. Layar seluas ini tentu sangat nyaman dipakai untuk menonton atau bermain game, tapi terkadang bisa sedikit menyulitkan ketika harus dioperasikan menggunakan satu tangan.

Solusinya adalah fitur Icon Pull-Down Gesture ini. Pada tampilan homescreen, pengguna bisa mengusapkan jarinya ke arah atas dari tepi kiri atau kanan layar untuk menciutkan barisan icon aplikasi menuju ke ujung bawah layar. Jadi tanpa harus melepaskan jari dari layar setelah mengaktifkan gesture swipe ke atas tadi, pengguna bisa langsung memilih aplikasi yang hendak dibuka.

Satu gerakan yang mulus untuk mengakses semua icon aplikasi yang tampil di homescreen. Kedengarannya memang sepele, tapi jika diakumulasikan berkali-kali setiap harinya, fitur ini pasti bisa membantu meningkatkan efisiensi penggunaan.

Quick Return Bubble

Fitur ini bisa kita temukan di menu Convenience Tools di dalam Settings, menandakan kegunaannya untuk memberikan kemudahan ekstra. Fungsinya adalah untuk menampilkan informasi penting dari sebuah aplikasi yang sedang berjalan di background, dan manfaatnya bakal paling terasa bagi pengguna yang gemar bermain game kompetitif. Lebih jelasnya langsung saya beri contohnya saja.

Anggap Anda sedang menunggu proses matchmaking di game Mobile Legends, lalu ada pesan WhatsApp dari atasan yang masuk. Saat Anda mengklik notifikasi pesan tersebut, jendela game Mobile Legends akan diperkecil menjadi semacam chat bubble, lengkap beserta timer yang menunjukkan berapa lama lagi permainan bakal dimulai. Selesai membalas pesan dari bos, cukup klik bubble-nya tersebut untuk kembali bermain.

Contoh lainnya bisa juga ketika pengguna sedang menunggu karakternya respawn. Selagi menunggu, pengguna dapat membuka aplikasi lainnya, dan Quick Return Bubble akan menunjukkan berapa detik lagi sebelum karakternya hidup kembali di permainan. Sejauh ini sudah ada tiga game yang kompatibel dengan fitur ini, yaitu Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Arena of Valor.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter