Categories

Gadget

3 Fitur ColorOS 7 Untuk Menunjang Produktivitas di Era New Normal

Fitur ColorOS 7 tersebut meliputi Focus Mode, Split Screen, dan Digital Wellbeing

Lukman Azis - 16 June 2020

Setelah tiga bulan pandemi, akhirnya saat ini kita memasuki era new normal. Tentunya berjalan dengan penerapan protokol kesehatan. Meskipun begitu, ada beberapa perusahaan yang berhasil beradaptasi secara cepat menggunakan solusi digital dan memutuskan memperpanjang masa bekerja di rumah (WFH). Ada pula yang mengkombinasikan antara WFO dan WFH untuk mempersiapkan menghadapi kenormalan baru.

Pada keadaan saat ini, smartphone menjadi perangkat yang sangat dapat diandalkan. Di mana membuat kita tetap terhubung dengan tim dan membantu bekerja secara efektif. Untuk menunjang produktivitas, terutama bagi pengguna smartphone OPPO – kalian bisa memanfaatkan tiga fitur terbaru di sistem operasi ColorOS 7 berikut ini.

1. Focus Mode

Focus Mode ColorOS

Salah satu tantangan saat WFH adalah banyaknya distraction. Untuk membantu berkonsentrasi dan fokus pada hal-hal yang sedang dikerjakan, kita bisa memanfaatkan ‘focus mode‘. Saat fitur baru di ColorOS 7 ini diaktifkan, smartphone akan memutar musik ambient dan sekaligus menonaktifkan notifikasi smartphone untuk sementara waktu agar terbebas dari gangguan.

Durasinya bisa kita ditentukan sendiri, tapi saya merekomendasikan Anda untuk mencoba teknik Pomodoro. Singkatnya, kita akan mengatur waktu bekerja selama 25 menit, setelah itu ambil istirahat 5 menit, dan setelah empat kali sesi bisa mengambil waktu istirahat lebih lama.

2. Split Screen

Split Mode ColorOS

Komputer PC atau laptop tentunya masih menjadi alat terbaik untuk bekerja dengan nyaman dan optimal dari rumah. Terkadang ada beberapa tugas yang bisa diselesaikan lebih cepat kalau kita membuka beberapa aplikasi sekaligus.

Layar smartphone yang cukup besar, berpadu dengan fitur Split Screen yang memungkinkan kita membuka dua aplikasi secara berdampingan. Tentu kita bisa memanfaatkan smartphone sebagai monitor tambahan untuk memudahkan aktivitas multitasking. Misalnya, kita bisa menampilkan daftar tugas dan referensi di layar smartphone, serta fokus mengerjakannya di laptop.

3. Digital Wellbeing

Digitak Wellbeing ColorOS

Smartphone dengan segala daya tariknya, ibarat seperti dua sisi uang koin. Di mana punya sisi kelebihan yang dapat membantu kita lebih produktif dan juga sisi kekurangan yang mana kita bisa lupa waktu.

Digital Wellbeing ini akan membantu untuk memantau penggunaan smartphone sehari-hari. Lewat aplikasi kita bisa melihat aplikasi yang sering digunakan dan waktu yang kita habiskan, dengan begitu diharapkan kita dapat menerapkan batasan dan lebih bijak dengan menggunakan smartphone untuk hal-hal yang bersifat produktif.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter