Categories

Internet

3 Layanan Cloud Alternatif Selain Dropbox

Bambang Winarso - 15 October 2014

Layanan cloud ternama Dropbox sedang diterpa kabar kurang sedap. Menurut kabar yang beredar ratusan akun lengkap dengan kata sandi tersebar di internet. Dropbox kemudian memberikan penjelasan bahwa layanannya tidak diretas, info akun dan kata sandi didapatkan dari layanan lain lalu digunakan di layanan mereka.

Nah, jika Anda terganggu oleh pemberitaan miring tersebut mungkin Anda membutuhkan informasi layanan cloud lain. Adakah layanan lain yang serupa dengan Dropbox? Tentu saja ada, bahkan jumlahnya lebih dari cukup. Berikut ini adalah 3 layanan cloud alternatif selain Dropbox yang bisa Anda pertimbangkan.

SpiderOak

Layanan cloud alternatif selain Dropbox yang pertama adalah SpiderOak. Konsepnya tentu sama dengan Dropbox, namun layanan ini punya kelebihan pada sisi keamanan karena menerapkan prosedur enkripsi kombinasi 2048-bit RSA dan 256-bit AES secara penuh ke seluruh data dan kata sandi pengguna. Tidak ada orang lain yang dapat mengakses akun Anda bahkan karyawan SpiderOak sekalipun.

 

 

Info Menarik: Microsoft Luncurkan Skype Qik, Aplikasi Pesan Video Berdurasi 42 Detik

 

 

SpiderOak juga mendukung platform Windows, Mac, Linux, Android dan iOS jika pengguna membutuhkan prosedur sinkronisasi ke perangkat lokal.

Paket Gratis: 2GBHarga: $100/year for 100GB

Google Drive

Layanan ini ditawarkan oleh Google, untuk pengguna pemula Google menawarkan ruang penyimpanan 15GB secara cuma-cuma. Namun perlu diingat bahwa kapasitas 15GB tersebut sudah termasuk jatah penyimpanan untuk gambar-gambar yang Anda unggah ke akun G+.

Menariknya, Google Drive terintegrasi dengan sederet aplikasi dokumen seperti Google Docs dan Google Sheets. Layanan ini juga mendukung platform Android, iOS, Windows dan Mac sehingga mengakomodasi kebutuhan pengguna di manapun berada.

Paket Gratis: 15GBHarga: $5/bulan untuk 100GB, $10/bulan untuk200GB, $20/bulan untuk 400GB, $50/bulan untuk 1TB, $100/bulan untuk 2TB, $200/bulan untuk 4TB, $400/bulan untuk 8TB, $800/bulan untuk 16TB

 

 

Info Menarik: Motorola Siap Hadirkan Kembali Perangkat Tablet?

 

 

Copy

Layanan cloud alternatif berikutnya ditawarkan oleh Copy. Layaknya layanan cloud lainnya, Copy menawarkan ruang penyimpanan online dengan tingkat keamanan paling ketat. Copy menerapkan prosedur engkripsi berlapis salah satunya dengan menggunakan standar level AES 256 yang sudah diakui.

Copy menawarkan paket penyimpanan gratis sebesar 15GB yang dapat diakses oleh 5 pengguna tanpa kehilangan satu pun fitur keamanan yang ditawarkan. Namun jika Anda membutuhkan ruang yang lebih lega, pilih paket 250GB dengan biaya $9.99 per bulan atau hanya $99 per tahunnya.

Paket Gratis: 15GB Harga: $9.99/bulan atau $99/tahun untuk 250GB

Ketiga layanan cloud alternatif di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, SpiderOak menawarkan fitur keamanan yang lebih baik, Google Drive lebih kepada ruang penyimpanan yang lebih lega walaupun tetap punya fitur keamanan yang baik, sementara Copy menawarkan keamanan dan penyimpanan yang lega.

Sumber gambar header: cloud via Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter