3 Notebook MSI Ini Janjikan 'Dimensi Baru' Dalam Ber-Gaming

3 Notebook Canggih MSI Ini Janjikan ‘Dimensi Baru’ Dalam Ber-Gaming

Ketiga produk tersebut merupakan penerus varian terdahulu, namun mereka bukanlah sekedar refresh.
MSI Computex 2017 21
MSI Computex 2017 21

Kurang lebih lima hari sebelum Computex 2017 dilangsungkan, MSI memamerkan sejumlah perangkat gaming VR ready primadona peraih penghargaan Best Choice. Namun tampaknya sang produsen hardware asal Taiwan itu tidak mau berlarut-larut merayakan kesuksesan mereka. Di ajang teknologi tahunan terbesar se-Asia ini, MSI menyingkap banyak kejutan menarik.

MSI Computex 2017 22

Micro-Star International mengumumkan tiga laptop gaming next-gen, diracik sebagai penerus varian terdahulu. Melihat dari penyajiannya, mereka ini bukanlah sekedar refresh. Masing-masing memperoleh rancangan baru serta tentu saja mendapatkan upgrade pada bagian internal. Menurut MSI, terobosan-terobosan di sana akan membawa gamer ke dimensi baru dalam ber-gaming sekaligus memberikan mereka keleluasaan buat mengungguli lawan.

MSI Computex 2017 20

Selain desain dan jeroan, upgrade diterapkan pada lima aspek: sistem pendingin, visual via layar berkualitas tinggi, kenyamanan dan penampilan papan ketik, hingga output suara. Di laptop-laptop baru itu, Anda bisa menemukan teknologi Cooler Boost 5, panel 120Hz dengan waktu respons hanya 3-milidetik, keyboard mekanik custom dengan pencahayaan RGB Per Key, disertai speaker anyar berperforma jempolan. Di sesi live demo, output speaker di notebook bertubuh ramping itu bisa terdengar hingga pojok ruang.

MSI Computex 2017 24

Jadi apa saja tiga laptop baru yang MSI pamerkan di Computex 2017? Ini dia:

 

GE73VR dan GE63VR Raider

Keluarga GE ialah varian notebook gaming MSI paling laris karena berada di titik paling seimbang antara fitur, performa serta harga. Tampaknya melihat animo konsumen terhadap GE, MSI memutuskan buat mengambil strategi berbeda. Di sisi luar GE73VR dan GE63VR, produsen mengimplementasikan desain yang lebih sporty, ramping, dipadu sentuhan unik. MSI tetap mengusung konsep mobil sport, tapi kali ini tema tersebut lebih menonjol.

MSI Computex 2017 6

MSI Computex 2017 3

Seperti biasa, perbedaan seri 73 dengan 63 terletak pada luas layar, masing-masing berukuran 17,3-inci dan 15,6-inci, mengusung codename baru: Raider. Seperti GS dan GT anyar, GE63/73VR kini dibekali logo baru MSI Gaming – tanpa tulisan Gaming G Series di perisai naga. Desainnya pun jadi lebih menarik berkat kehadiran sepasang striping merah menyiku mirip lampu mobil; lalu area tengah lid-nya dibuat menonjol, mengingatkan saya pada kap mobil.

MSI Computex 2017 7

MSI Computex 2017 4

Uniknya lagi, GE73VR dan GE63VR Raider semakin menyamai rampingnya seri GS. Kedua laptop tersebut memiliki ketebalan hanya 27,5- sampai 28,5-milimeter. Wujudnya terlihat tipis di model berlayar 17-inci.

MSI Computex 2017 5

MSI Computex 2017 10

Tapi bagian luar itu hanya sebagian dari kejutan di faktor desain. Angkat layarnya, dan tarian lampu backlight keyboard akan membuat Anda terpana. Di sana, MSI membubuhkan LED RGB mandiri di tiap-tiap tuts – tak lagi diaplikasikan per zona. Metode ini disebut RGB Per Key. Anda bisa mengustomisasinya dengan pola-pola berbeda serta pilihan 16,8 juta warna, dan cahayanya pun terlihat sangat terang dan jelas.

MSI Computex 2017 14

MSI Computex 2017 16

Di dalam, MSI meng-upgrade GE dengan kartu grafis high-end Nvidia GeForce GTX 1070, kemudian Anda juga dapat menemui pembaruan-pembaruan yang saya sebutkan sebelumnya.

MSI Computex 2017 12

MSI Computex 2017 23

 

GT75VR Titan

Melihat fitur yang ada pada GE73 dan GE63, MSI punya kecenderungan untuk menghadirkan fitur-fitur perangkat kelas high-end ke kategori di bawahnya. Langkah itu pun dilakukan pada tingkatan GT. Setelah memperkenalkan notebook gaming dengan keyboard mekanik pertama di 2015 dan terus meramu pewarisnya hingga era GT83VR, kini fitur unik tersebut dimunculkan pada kategori GT7x. MSI menamainya GT75VR Titan.

MSI Computex 2017 1

Dalam bincang-bincang singkat bersama product marketing manager Alex C.Y. Lin, GT75VR Titan merupakan jawaban MSI terhadap kurang nyamannya switch keyboard mekanik ‘slim‘ yang ada di produk-produk kompetitor, misalnya New Razer Blade Stealth ataupun Asus ROG GX800. Di varian GT8x, MSI mengandalkan rancangan switch mekanik ‘full-size‘, dan baru di GT75VR Titan sang produsen memanfaatkan tipe low-profile untuk pertama kalinya.

MSI Computex 2017 19

MSI Computex 2017 9

Saya belum bisa mendapatkan jawaban pasti siapa penyedia switch low-profile tersebut, tapi yang jelas, keyboard-nya sangat nyaman, kokoh dan responsif. Papan ketik ini menyuguhkan sensasi clicky ala Cherry MX Blue (namun belum ada konfirmasi dibuat oleh sang perusahaan Jerman), dan dari sejauh pengalaman saya menjajalnya, ia sangat fleksibel baik untuk gaming maupun mengetik. Sistem pencahayaannya sendiri dipersembahkan oleh SteelSeries.

MSI Computex 2017 2

Desain GT75VR masih mengacu pada mobil muscle, mengedepankan empat elemen: sporty, ergonomis, mengangkat elemen robotik dan mech. Tentu saja wujudnya lebih kecil dan lebih portable dibanding GT8x, walaupun rancangannya tetap bulky. Di tubuh hitamnya, MSI memberi bumbu merah pada lid (dua striping mengapit logo naga) serta pada bingkai heat sink.

MSI Computex 2017 11

MSI Computex 2017 15

Untuk jeroannya, MSI menjejalkan prosesor Intel Core i7-7820HK beserta GPU GTX 1070/1080 dengan konfigurasi SLI atau tunggal ke notebook gaming berlayar TB FHD 120Hz 17,3-inci tersebut. Tersedia pula opsi panel 4K dengan AdobeRGB 100 persen, cocok buat para desainer. Codename Titan di GT75VR diambil dari penggunaan solusi pendingin Cooler Booster Titan, seperti pada GT83.

MSI Computex 2017 13

MSI belum mengungkap berapa harga dari tiga notebook tersebut serta mengabarkan kapan mereka tersedia. Tapi dari info yang saya dengar, ada kemungkinan GE73VR/GE63VR Raider dan G75VR Titan akan meluncur perdana di akhir bulan Juni 2017.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…