3 Situs Terbaik Untuk Membuat Custom Ringtone Secara Gratis

Saya yakin di luaran sana ada banyak layanan pembuatan custom ringtone gratisan, tapi kebanyakan tidak menawarkan sesuatu yang berguna, ada yang sulit digunakan dan ada pula yang terlalu sederhana sehingga hasilnya apa adanya. Untuk pembaca setia TRL, saya akan berikan 3 situs gratis terbaik di mana sobat bisa membuat custom ringtone yang oke punya.

Cellsea

Cellsea menawarkan layanan gratis pembuatan custom ringtone yang mudah, selain mengunggah dari komputer lokal Anda juga dapat menggunakan URL video YouTube. Di halaman depan Cellsea nantinya ada satu tombol Browse yang bisa Anda gunakan untuk mengunggah file dari komputer lokal dan sebuah form kosong tempat di mana Anda dapat menginput URL video YouTube. Setelah file diunggah Anda akan menemukan panel menu di mana Anda dapat meng-convert, memotong, dan menyimpan hasil modifikasi ke komputer Anda.

Kelebihan:

  • Anda dapat memilih 4 format audio ketika menyimpan ringtone yang sudah jadi
  • Cellsea mendukung 9 format untuk dimodifikasi menjadi ringtone
  • Dapat bekerja dengan baik dengan sumber berupa link atau file dari komputer lokal

Ringer

Ringer lebih simpel, berbagai tool dan menu seperti yang Anda lihat di gambar di atas ini sudah dapat ditemukan di halaman muka situs Ringer. Ringer juga mendukung sistem upload dengan dua cara yakni lokal komputer dan URL namun berbeda dengan Cellsea, situs ini tidak mendukung link URL dari Youtube.

Kelebihan:

  • Mudah digunakan dengan ketersediaan tombol dan menu dalam satu panel
  • Bisa mengirim ringtone hasil modifikasi ke email atau langsung ke ponsel
  • Mendukung input 7 format audio

Melofania

Situs yang terakhir bernama Melofania, dari kedua situs di atas Melofania adalah yang paling cepat cara kerjanya tapi sayang tidak memiliki fitur selengkap Ringer ataupun Cellsea. Melofania juga mendukung dua cara input file yakni Upload dari komputer lokal dan URL  Youtube. Sobat TRL akan melewati 3 langkah mudah: Upload - Modif dan Download. Terdapat dua format audio yang dapat Anda download, keduanya dikategorikan ke dalam dua platform, Android dan iPhone.

Kelebihan:

  • Mendukung input via komputer lokal dan Youtube

Nah sekarang Anda tinggal pilih mau coba yang mana, ketiganya punya kelebihan dan kekurangan. Tapi secara pribadi saya lebih suka Ringer karena lebih simpel dan tool-nya lengkap. Setuju?

Sumber gambar header AntonioGravante/Shutterstock.