Semua orang tahu bahwa strategi bisnis akan berhasil jika menemui target pangsa pasar. Namu, pada kenyataannya pebisnis banyak sekali yang memiliki ide-ide terbaru yang terus mengalir. Sehingga banyak entrepreneur hebat dapat bersaing dengan kompetitor melalui bisnis mereka.

Biasanya kehadiran kompetitor menjadi ujian pebisnis meraih pangsa pasar yang tepat. Bila ini terjadi, dipastikan saingan akan meningkat, dan menambah gagasan baru yang kreatif sebagai peluang bisnis kedepannya.

Akan tetapi, banyaknya bisnis baru yang bermunculan membuat banyak pula membangun startup bisnis yang gagal, sampai memicu perdebatan di Silicon Valley. Karena tidak ada kemampuannya memperoleh ide dalam mengeksekusi pasar. Dalam beberapa kasus yang ada, kegagalan startup bisnis dipastikan adanya kelemahan dalam riset untuk melihat pangsa pasar.

Sebagai bagian dari proses membangun startup bisnis dengan melihat permintaan pasar yang menjadi konsumen Anda nantinya, perlu memahami tentang strateginya, berikut ini ulasannya.

Memperkenalkan ide bisnis

Melihat situasi pasar bukan lagi hal yang baru dalam memulai startup. Kemungkinan gagal akan sangat pasti jika belum mendapat pangsa pasar yang sesuai bisnis Anda. Dengan ide awal Anda membangun startup bisnis yang menjadi bagian penentu gagasan itu sesuai pangsa pasar.

Karena hal ini membuat bisnis yang ingin Anda jalankan bisa sesuai pada pelanggan nantinya. Anda juga bisa memberikan edukasi tentang ide bisnis supaya pelanggan dapat menilai sesuatu yang Anda berikan sesuai yang akan mereka dapatkan.

Melakukan survei konsumen

Setelah ide muncul untuk membuat suatu perubahan besar di sektor bisnis Anda, lakukan survei konsumen untuk memahami pangsa pasar sesuai gagasan yang Anda berikan nantinya.

Melalui survei ini pula, Anda akan mendapat nilai demografi sesuai segmentasi konsumen. Sehingga keuntungan bagi Anda mengetahui kebutuhan pangsa pasar saat ini.

Bagian terpenting dari survei konsumen ini adalah Anda menjelaskan ide produk/jasa kepada pangsa pasar, sehingga mereka memahami dan tertarik untuk menggunakan ide Anda.

Manfaatkan layanan iklan

Dalam melakukan pemasaran dengan ide terbaru merubah mindset konsumen dengan cara lama. Hal ini perlu dikaji secara mendalam untuk segera dipahami. Melalui iklan membuat mereka mengetahui produk/jasa apa yang Anda berikan, sehingga dapat menarik perhatian pembeli.

Memulai iklan melalui jejaring sosial media sangat cepat dan terarah. Karena melalui iklan, Anda dapat  mempengaruhi konsumen yang melihat langsung produk/layanan yang Anda berikan.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.