Categories

Tips

Tiga Tips Mudahkan Startup Peroleh Pendanaan Seri A

Tips Ari Helgason bagi startup untuk mendapatkan pendanaan Seri A

Prayogo Ryza - 25 June 2015

Mendapat pendanaan merupakan salah satu target dari startup kebanyakan. Dua pendanaan awal yang paling sering didapat dan diincar oleh startup adalah seed funding dan Series A. Tak mudah untuk mendapat perhatian dari investor, pendapat seed funding tidak serta merta langsung memudahkan jalan startup untuk mendapatkan pendanaan lanjutan.

Mendapat pendanaan bisa dibilang awal persaingan startup. Menyiapkan produk dan tujuan ke depan sebaik mungkin bisa menjadi langkah awal untuk menyambut pendanaan awal. Seed funding adalah awal, tapi setelah itu startup harus berjuang untuk kembali mendapat pendanaan Series A. berikut beberapa tips dari Ari Helgason, salah satu Stage Tech Investor Dawn Capital untuk mempermudah startup mendapat pendanaan Series A.

1. Memiliki visi yang jelas dan target yang terukur

Memiliki visi yang jelas dibarengi dengan target yang terukur bisa menjadi salah satu bekal untuk startup meningkatkan pendanaan ke Series A. Banyak startup fokus pada rencana satu tahun mereka, ini bagus tapi investor tidak mengharapkan Anda untuk tahu persis di mana posisi Anda lima tahun ke depan. Salah satu yang dilirik investor adalah rencana Anda memposisikan dan mengolah seed founding Anda dalam 12 hingga 16 bulan ke depan.

Startup dalam tahap seed funding seperti halnya percobaan ilmiah. Anda harus memulai dengan hipotesis tentang bagaimana hal-hal akan bekerja. Kemudian dilanjutkan dengan mencari cara untuk menguji hipotesis tersebut. Hipotesis dapat diartikan sebagai produk, Anda dapat membuat sebuah produk. Penting untuk mengetahui sejauh mana permintaan untuk produk Anda, bagaimana produk itu bisa memungkinkan. Investor akan fokus pada aspek resiko Anda, jadi mulailah untuk fokus pada hal-hal yang sekiranya bisa mengurangi resiko pada tahap selanjutnya.

2. Periksa kewajaran tujuan Anda

Pastikan Anda tidak terkejut dengan apa yang investor harapkan untuk pendanaan Series A. Investor mencari sesuatu yang berbeda, tetapi pada umumnya tetap diprediksi, perbandingan untuk berbagai jenis usaha. Penelitian perbandingan dengan membandingkan bisnis yang sebanding yang telah mendapat pendanaan. Tidak ada aturan yang ketat dan cepat, tapi pastikan Anda memahami harapan investor. Pasalnya hal umum yang terjadi banyak startup membuang-buang waktu pada suatu tahap karena harapan yang berbeda dengan investor.

3. Memberikan jeda

Setelah Anda mulai menghabiskan uang dari pendanaan awal sulit untuk mengembalikan ke posisi semula. Biasanya hal-hal seperti tenggat waktu yang lewat serta banyak hal-hal tidak sesuai target banyak menghinggapi. Jika ini terjadi, pastikan Anda memberikan jeda. Semakin panjang jeda yang Anda miliki, semakin baik posisi negosiasi Anda. Jadi apapun yang Anda butuhkan memberikan tambahawan waktu 4 sampai 6 bulan bisa memberikan Anda ruang untuk bermanuver. Jika Anda melewatkan target Anda, pertimbangkan untuk menyusun jembatan untuk jalan perlahan daripada melompat langsung.

Hal ini membantu Anda menyiapkan diri untuk mendapatkan pendanaan Series A. Setelah Anda menghabiskan dana dari pendanaan awal, Anda harus menunggu setidaknya 6 bulan sebelum mencoba lagi.

Namun pada akhirnya membangun hubungan yang baik dengan investor awal adalah salah satu yang tidak bisa diabaikan. Cari tahu siapa mitra terbaik untuk bisnis Anda. Katakanlah apa yang akan Anda capai dan kemudian kembali ke mereka jika Anda sudah berhasil melakukannya. Menyampaikan rencana Anda adalah salah satu cara terbaik untuk memulai mendapatkan pendanaan.

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter