25 August 2012

by wiku

360 Jadi Mesin Pencari Terbesar Kedua di Cina?

Baru saja diluncurkan selama beberapa hari, mesin pencari asal Cina 360 Search jadi mesin pencari kedua terbesar di Cina. Mesin pencari paling besar di Cina adalah Baidu, sedangkan pesaing lain adalah Sogou.

Seperti yang dikutip dari TechNode, pencapaian ini dikarenakan dua produk inti yang dimiliki 360, yaitu browser dan landing page. 360 Browser dikatakan memiliki 273 juta pengguna aktif, sedangkan landing page mereka hao.236.cn memiliki 77 juta pengunjung (IP) unik setiap hari. hao.360.cn juga menjadi halaman muka ketika pengguna membuka 360 Browser.

360 telah mengatur browser dan halaman muka mereka sebagai pengaturan dasar di situsnya, karena faktor inilah, 360 menempati posisi kedua untuk mesin pencari di Cina. Sebelum ini mereka menggunakan mesin pencari Google sebagai pengaturan dasar mesin pencari, pengguna bisa jadi tidak mengetahui perubahan ini ketika mereka melakukan pencarian.

Meski demikian, 360 mengatakan bahwa mereka tetap memberikan opsi pilihan pada pengguna mereka untuk mengatur mesin pencari pilihan sebagai mesin pencari dasar.

Pangsa pasar mesin pencari di Cina masih dikuasai oleh Baidu, sedangkan Google sendiri memang tidak berjaya di negeri tirai bambu ini.

Sumber: TechNode. Gambar.