14 February 2018

by Bambang Winarso

4 Aplikasi Android Ini Bantu Anda Wujudkan Mimpi Jadi Komikus

Menggambar kini tak harus di atas kanvas atau kertas, tapi cukup dengan smartphone atau tablet

Pilihan karir seseorang idealnya dilatar-belakangi oleh kegemaran, bakat dan passion, terutama bagi mereka yang terlibat di industri kreatif. Salah satu karir yang membutuhkan ketiga elemen tersebut adalah karir sebagai komikus atau pembuat komik. Kenapa? Karena tanpa bakat, kegemaran dan passion, sulit bagi seseorang untuk menghasilkan karya yang wow, apalagi harus produktif dan dituntut terus kreatif.

Untungnya, saat ini banyak sekali komponen pendukung yang membentuk iklim industri kreatif makin berkembang. Antara lain serapan pasar dan tentu saja piranti lunak baik berbasis desktop ataupun mobile.

Untuk platform mobile, Android tentu opsi yang paling membumi. Pilihan aplikasi pembuat komiknya pun beragam, 4 di antaranya kami hadirkan di sini.

SketchBook - draw and paint

Aplikasi pembuat komik yang pertama ini pernah kita coba di tutorial ini. Fiturnya sangat lengkap, mudah digunakan dan relatif ringan. Di aplikasi ini, Anda bisa mulai menggambar dari nol sampai memberi efek warna, frame, callout percakapan, dan lain sebagainya. Selain cocok untuk komikus, aplikasi ini juga pas dipakai para ilustrator.

Application Information Will Show Up Here

 

Rage Comic Maker

Pilihan kedua, Anda bisa mencoba aplikasi Rage Comic Maker yang juga menawarkan kanvas kosong beserta beberapa template untuk jadi inspirasi. Anda bisa berkreasi dengan warna dan beberapa elemen pelengkap guna membuat komik terasa lebih hidup. Aplikasi juga mendukung konsep, sehingga Anda bisa kapanpun kembali untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda.

Application Information Will Show Up Here

 

Comicize - the comics maker

Aplikasi ini menawarkan pendekatan berbeda dalam membuat komik. Alih-alih meminta pengguna menggambar dari awal, ia memanfaatkan foto yang tersimpan di perangkat, disusun lalu dipoles efek khusus dan juga teks. Rangkaian foto-foto tersebut kemudian dikompilasikan sehingga menjadi satu cerita utuh.

Application Information Will Show Up Here

 

Clarified Comic Creator - The free comic maker!

Selanjutnya, ada Clarified Comic Creator dari pengembang Clarified Studio Oy asal Helsinki. Aplikasi ini menawarkan pilihan karakter unik yang bisa Anda gunakan sebagai tokoh dalam komik. Atau, jika Anda punya sketsa sendiri, juga bisa dipakai. Selanjutnya, aplikasi akan membantu memoles komik dengan berbagai tambahan efek, teks, callout, dan background.

Application Information Will Show Up Here

 

Sumber gambar header Seppinrek.