30 January 2017

by Bambang Winarso

4 Aplikasi Anti Maling untuk Android yang Punya Kemampuan Melacak dan Memotret Pelakunya

Sedia payung sebelum hujan, dengan memasang aplikasi ini Anda sudah melakukan upaya pencegahan

Meskipun saat ini ponsel pintar berbasis Android bukan lagi dianggap barang yang mewah bagi sejumlah orang, tapi tetap saja ada alasan bagi pencuri untuk mengambil barang ini dari anda saat ada kesempatan. Bukan hanya rugi materi, kehilangan smartphone juga cukup merepotkan karena Anda akan kehilangan berbagai data yang ada di dalamnya.

Mengingat resiko dicurinya Android cukup besar, berbagai pengembang aplikasi telah mencoba memberikan solusi keamanan yang memungkinkan anda untuk melacak atau mengetahui foto wajah pelakunya. Berikut adalah beberapa aplikasi yang mempunyai kemampuan tersebut.

Third Eye

Third Eye merupakan aplikasi yang secara otomatis akan mengambil foto saat seseorang memasukkan sandi atau pola yang salah ke ponsel Anda. Selain itu, ada juga pilihan yang membuat anda mendapat notifikasi setelah seseorang melakukan kesalahan tersebut.

Application Information Will Show Up Here

 

CrookCatcher

Mirip dengan aplikasi Third Eye, aplikasi ini akan mengambil foto orang yang sudah memasukkan sandi atau pola dengan salah. Lebih hebatnya, terdapat fitur untuk mengirim foto tadi beserta dengan lokasi ponsel ke e-mail yang sebelumnya sudah terdaftar di aplikasi tersebut.

Application Information Will Show Up Here

 

Prey Anti Theft

Prey Anti Theft memungkinkan pemilik ponsel pintar untuk melacak keberadaan ponselnya. Tapi dengan syarat, aplikasi ini sudah terpasang sebelum perangkat hilang. Selain itu, pengguna juga dapat memerintahkan ponsel agar mengambil foto orang yang berusaha membuka ponsel secara paksa.

Application Information Will Show Up Here

 

Lockwatch

Lockwatch mirip dengan CrookCatcher, di mana aplikasi ini memungkinkan pemilik ponsel untuk melacak lokasi ponsel sekaligus mendapat foto si pencuri dengan mengirimkan data ke e-mail pemilik smartphone. Aksi tersebut dilakukan secara diam-diam sehingga pelaku tidak akan menyadari wajahnya sudah tertangkap kamera dan terkirim ke pemilik perangkat.

Application Information Will Show Up Here