21 February 2017

by Bambang Winarso

4 Cara Mempercepat Download Aplikasi di Smartphone

Dengan trik sederhana ini, mengunduh aplikasi dan game tak lagi menjadi aktivitas menjengkelkan

Selain kualitas jaringan, ada beberapa faktor yang memengaruhi kecepatan download di smartphone. Antara lain pilihan koneksi, hardware dan penggunaan jaringan oleh aplikasi lain. Nah, untuk mempercepat download aplikasi dan game di Play Store ataupun browser, Anda harus melakukan penyesuaian di faktor-faktor tersebut.

Pastikan Jaringan Terbaik untuk Kartu SIM Internet

Tahukah Anda bahwa tidak semua ponsel pintar Android mendukung fitur 3G atau 4G untuk kedua slot SIM-nya? Jadi, pastikan dulu bahwa SIM internet yang Anda gunakan mendukung jaringan data terbaik, boleh 3G ataupun 4G tergantung generasi jaringan yang tersedia di lokasi Anda.

Untuk memeriksa dukungan jaringan terbaik, buka menu Setting - Mobile Network, lalu cek dukungan 3G atau 4G telah diatur ke SIM internet.

Hentikan Penggunaan Data Aplikasi Lain

Salah satu faktor yang menyebabkan koneksi internet melambat adalah dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang menggunakan jaringan yang sama. Untuk itu, Anda perlu batasi penggunaan data oleh aplikasi lain saat sedang mengunduh aplikasi atau game. Untuk melakukannya, Anda bisa menempuh cara manual atau dengan bantuan aplikasi.

Untuk cara manual, buka menu Setting - Data Usage. Kemudian klik salah satu aplikasi yang dirasa paling banyak menggunakan data. Setelah terbuka, ubah menu Restricted app background data dari posisi off ke on. Lakukan langkah serupa untuk aplikasi lainnya, terutama aplikasi pesan instan dan jejaring sosial.

Cara kedua,ย Anda bisa menggunakan aplikasi Opera Max. Tips yang lebih lengkap bisa Anda baca di tautan ini.

Manfaatkan Fitur di Browser

Dikarenakan saat ini ada banyak sekali jenis browser, maka tips ketiga ini akan coba saya sesuaikan dengan pilihan masing-masing. Secara default, mayoritas browser menyediakan tool tambahan untuk mempercepat proses download di aplikasinya. Sebagai contoh di UC Browser ada fitur boosting download dan cloud booster.

Jadi, coba periksa kembali di browser pilihan Anda, apakah tersedia fitur sejenis atau tidak. Jika tersedia, manfaatkan untuk mempercepat proses download.

Gunakan Jaringan WiFi

Tips terakhir, gunakanlah jaringan WiFi yang bisa Anda jangkau. Tetapi jika Anda khawatir dengan privasi dan keamanan, Anda bisa mempertimbangkan jaringan WiFi.ID yang relatif lebih aman. Harganya juga relatif terjangkau untuk semua kalangan.

Sumber gambar header Digitaltrends.