Mempunyai peran yang sangat vital, ketiadaan kamera di sebuah ponsel pintar adalah kehilangan yang sangat terasa dampaknya. Jika bukan karena masalah hardware, dua pesan error yang kerap melanda kamera adalah “Camera failed ErrorCallbakOnError” dan “Error Message Handler.handlerMessage”.

Jika pesan error tersebut Anda dapati ketika menjalankan kamera, solusinya mungkin salah satu dari 4 tips berikut ini.

Hentikan Paksa

Klasik, tapi langkah ini memang trik paling mudah dan cepat untuk mengobati “penyakit” tertentu di perangkat Android. Termasuk soal pesan error di kamera. Buka menu Settings – App – Camera kemudian tap Force Stop.

Screenshot_2017-01-03-15-12-21

Clear Data

Jika masih belum berhasil, cobalah cara yang lebih ekstrim dengan cara menghapus seluruh data yang tersimpan di dalam aplikasi kamera. Sama, buka menu Settings – App – Camera kemudian tapClear data.

Pasang Aplikasi Kamera Alternatif

Cara ketiga, coba pasang aplikasi kamera alternatif lain dari pengembang pihak ketiga. Pilihannya sangat banyak. Beberapa di antaranya bisa Anda jumpai di sini dan sini.

Update Firmware

Ide bagus jika Anda berniat untuk melakukan upgrade firmware resmi dari pabrikan ponsel yang Anda punyai. Jika tidak tersedia, alternatifnya Anda bisa memasang firmware tak resmi namun proses pemasangannya bisa sangat rumit dan beresiko.

Screenshot_2017-01-03-15-13-27

Apabila keempat cara tersebut belum mampu mengatasi permasalahan kamera perangkat Android Anda. Kemungkinan besar masalahnya terletak pada perangkat keras dan saya khawatir Anda harus membawanya ke bagian layanan untuk mendapatkan penggantian komponen.

Sumber gambar header ilustrasi kamera smartphone: Pixabay.